Ulasan lengkap seputar dunia Smartphone

Panduan Cara Flash Oppo A37 Tanpa PC (Tested)

5/5 (2)

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan panduan cara flash Oppo A37 tanpa PC alias install via Storage Device. Tapi sebelumnya, akan saya jelaskan secara singkat kenapa kita harus melakukan flash Oppo A37 ini.

Related Posts

Pemasangan aplikasi yang kurang di butuhkan hanya akan membuat smartphone semakin berat saat di jalankan. Selain mengurangi kapasitas penyimpanan internal, hal ini juga semakin memberatkan kinerja CPU dan RAM. Beban CPU+RAM yang berlebihan tentunya akan membuat perangkat cepat mengalami kerusakan.

Hal lain yang “memaksa” kita harus melakukan flashing adalah karena ponsel Oppo mengalami bootloop. Untuk mengatasi masalah bootloop ini, yang paling ‘tepat’ adalah dengan melakukan flashing. Kita bisa melakukan flash (install ROM) menggunakan SD Card atau menggunakan PC. Menurut pendapat saya pribadi, flashing menggunakan PC lebih besar tingkat keberhasilannya. Tetapi, bagi Anda yang menginginkan cara yang mudah dan simpel tanpa penggunaan komputer, Anda bisa melakukan flash tanpa PC dengan mengikuti panduan yang saya sampaikan di bawah ini.Cara Flash Oppo A37 Tanpa PC

Nah, bagi Anda yang ingin tahu cara flash Oppo A37 tanpa PC, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

PENTING!!: BACA, PAHAMI, EKSEKUSI!

Cara Flash Oppo A37 Tanpa PC

Sebaiknya backup terlebih dahulu data-data penting yang tersimpan di dalam ponsel, karena setelah proses flashing selesai semua isi penyimpanan internal.

Jika Anda ingin menggunakan SD card, gunakan Micro SD class 10, karena kecepatan transfer data-nya sangat baik. Dan pastikan baterai masih (telah) terisi cukup (50%>), untuk menghindari kegagalan instalasi karena perangkat kehabisan daya.

Nah, jika Anda sudah siap, simak tahapan flashing Oppo A37 tanpa PC berikut ini :

  1. Download firmware / ROM Oppo A37 via Google Drive, disini.
  2. Pindahkan firmware Oppo A37 yang telah di download tadi ke SD Card (letakkan diluar folder).
  3. Selanjutnya matikan perangkat dan biarkan selama beberapa saat.
  4. Langkah berikutnya yaitu masuk ke menu recovery (ColorOS Recovery). Caranya, tekan tombol Volume Down (-) + tombol Power secara bersamaan, tahan sampai ponsel bergetar dan lepaskan jika sudah muncul logo Oppo di layar.
  5. Jika sudah muncul opsi bahasa, silahkan pilih bahasa Inggris.ColorOS recovery
  6. Lakukan wipe data and cache terlebih dahulu.
  7. Selanjutnya untuk melakukan flash Oppo A37, pilih menu Install from Storage Device.Opsi Bahasa
  8. Kemudian pilih file firmware / ROM yang berada di SD Card, lakukan konfirmasi pilih yes untuk memulai proses flashing. Tunggu hingga proses selesai.
  9. Jika proses sudah berhasil dilakukan, maka Anda akan kembali ke menu utama recovery mode, pilih reboot untuk me-restart perangkat.
  10. Selesai!

Jika semua tahapan diatas Anda ikuti dengan benar, maka besar kemungkinan proses flashing berhasil dilakukan.

Demikian panduan singkat mengenai cara flash Oppo A37 tanpa PC. Jika Anda merasa terbantu dengan artikel ini, jangan malu untuk memberikan rating (bintang 5) atau membagikannya melalui Akun media sosial Anda.

Terimakasih.

Komentar
Memuat komentar...