Tutorial Cara Flash Oppo A39 / Neo 9S

3.986

Cara Flash Oppo A39 Ponselgue.com – Kerusakan yang terjadi pada saat penggunaan smartphone tentu saja tidak bisa kita prediksi kapan dan tipe kerusakaan apa yang terjadi. Secara garis besar ada 2 tipe kerusakan, yaitu kerusakan software dan hardware. Jika terjadi kerusakan hardware, tentu kita harus memperbaiki atau mengganti sparepart yang rusak, tentu saja harus dilakukan oleh yang sudah berpengalaman dan ahli di bidang tersebut. Namun, jika smartphone Anda mengalami kerusakan software, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan beberapa langkah-langkah perbaikan awal terlebih dahulu.

Kerusakan software pada smartphone Android, diantaranya adalah system crash, sering tiba-tiba self restart, sering hang, atau jika gagal booting dan mentok di logo awal atau sering di sebut Bootloop.

Pada artikel ini, saya akan memberikan tutorial bagaimana cara flash Oppo A39. Sebelumnya saya sudah menulis artikel tentang cara flash Oppo A39 tanpa PC. Nah, dalam beberapa kasus, untuk mengatasi masalah bootloop pada Oppo A39 harus di flash menggunakan PC.cara flash Oppo A39

Sebagai langkah awal perbaikan, coba lakukan hard reset Oppo A39 terlebih dahulu. Jika dilakukan hard reset namun perangkat masih mengalami masalah, baru lakukan flashing.

Untuk itu, simak cara flash Oppo A39 via SP Flashtool berikut ini.

NOTE!! : Ponselgue.com tidak bertanggung jawab jika terjadi sesuatu pada perangkat Anda setelah proses flashing selesai. So, do it with your own risk.

Cara flash Oppo A39 via SP Flashtool

Terlebih dahulu Persiapkan file dan tools yang dibutuhkan untuk flash Oppo A39 berikut ini :

  • Firmware : Firmware Oppo A39, Silahkan download disini kemudian ekstrak.
  • Tool : SP Flashtool, download versi terbaru disini, kemudian ekstrak.
  • Driver : USB Driver Mediatek. Download disini, ektrak kemudian install.
  • PC yang bisa digunakan dengan baik. Sebagai antisipasi jika tiba-tiba terjadi pemadaman listrik, gunakan UPS. Atau Anda bisa menggunakan Laptop.
  • kabel data/ USB (gunakan kabel original bawaan perangkat).

Tahapan flashing

Jika semuanya sudah siap, silahkan ikuti tahapan flashing di bawah ini :

  1. Langkah pertama, matikan perangkat Oppo A39.
  2. Selanjutnya, buka folder Flashtool, lalu cari file flash_tool.exe. Kemudian klik kanan pada file tersebut lalu pilih “Run as administrator’.
  3. Jika aplikasi SP Flashtool sudah terbuka, klik pada tab download. Kemudian pada Scatter-Loading File klik tombol Choose untuk memasukkan file scatter yang terdapat pada folder firmware Oppo A39 yang sudah di ekstrak tadi.
  4. Selanjutnya, jika file scatter sudah berhasil di muat, klik pada tombol download (gambar logo panah bawah warna hijau) untuk memulai flashing.
  5. Sekarang, sambungkan perangkat ke PC menggunakan kabel USB. Ponsel akan terdeteksi jika driver sudah terinstall dengan benar dengan ditandai dengan munculnya bar warna merah pada SP flashtool. Tunggu bar kuning (proses flashing) berjalan hingga penuh.
  6. JIka proses flashing sudah selesai dan berhasil di jalankan, biasanya di tandai dengan munculnya lingkaran hijau (Download OK).
  7. Sekarang lepaskan perangkat dari kabel USB kemudian coba nyalakan Oppo A39.
  8. Booting pertama biasanya lebih lama karena perangkat menyesuaikan dengan ROM baru.
  9. Silahkan isi start up standart untuk mengatur bahasa, wilayah dan jaringan.
  10. Selesai!

Jika Anda ingin membuka akses super user (root), baca caranya pada artikel “Cara Root Oppo A39”.

Demikianlah tutorial cara flash Oppo A39 via Sp Flashtool. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar flashing Oppo A39, silahkan tinggalkan komentar atau Anda bisa menghubungi kami di halaman Contact.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More