Tutorial Cara Flash Oppo N1 (Firmware Via Google Drive)

2.334

CARA FLASH OPPO N1Apa yang Anda rasakan saat smartphone Anda lemot atau tiba-tiba tidak bisa digunakan? Apalagi di dalamnya terdapat kontak, file ataupun data-data penting lainnya.

Bingung, khawatir, kesal pastinya.

Jika yang jadi masalah adalah kerusakan hardware, mau tidak mau kita harus menggantinya. Nah jika yang jadi penyebabnya adalah masalah software, kita harus memperbarui software-nya atau istilahnya di flashing.

Kerusakan software bisa terjadi karena smartphone terinfeksi virus.

Salah satunya adalah virus Sexy hot. Virus ini bekerja setiap kali ponsel terkoneksi ke jaringan internet. Virus ini mampu membuat perangkat mendownload dan menginstall aplikasi secara otomatis, dan seringkali memunculkan iklan pop up yang berisi konten dewasa (18+).

Cara mengatasinya tidak cukup hanya dengan factory reset, karena virus ini ada didalam sistem Android. Untuk membersihkannya kita harus mem-flash ulang ponsel.

Artikel  kali ini membahas tentang bagaimana cara flash Oppo N1 menggunakan SP Flashtool. Kami akan menjelaskannya secara sederhana sehingga mudah dipahami oleh pengguna awam sekalipun.

Penting : Pastikan sebelum memulai flashing daya baterai telah terisi cukup (>30%) untuk menghindari gagalnya flashing karena smartphone kehabisan daya.

Cara Flash OPPO N1

Sebelum masuk ke proses flash Oppo N1 , siapkan terlebih dahulu file dan tools di bawah ini :

  • Firmware Oppo N1, silahkan download via Google Drive (772 MB) disini.
  • SP Flashtool terbaru, disini.
  • USB Driver Mediatek disini.
  • PC dan kabel data yang bisa digunakan dengan baik.

Setelah semua selesai di download, ekstak file .rar tersebut kemudian taruh file di dalam satu folder. Selanjutnya silahkan ikuti setiap langkah yang kami sampaikan di bawah ini :

  1. Pertama-tama, install Android driver USB Mediatek pada perangkat PC Anda.
  2. Matikan ponsel kemudia lepaskan baterainya selama beberapa detik (jangan di nyalakan).
  3. Buka folder Flashtool, kemudian cari file flash_tool.exe. Selanjutnya klik kanan pada file tersebut lalu pilih “Run as administrator’.
  4. Pada saat aplikasi SP Flashtool sudah terbuka, pilih tab download. Kemudian klik pada Scatter-Loading File untuk memilih dan memasukkan file scatter yang terdapat pada folder firmware Oppo N1 yang telah Anda download tadi.
  5. Jika file scatter sudah berhasil di muat, klik pada tombol download untuk memulai flashing (gambar logo panah bawah warna hijau). Setelah itu sambungkan ponsel ke perangkat komputer menggunakan kabel USB sambil menekan tombol Volume Up, tahan hingga ponsel terdeteksi oleh komputer. Jika ponsel telah terbaca, maka SP Flashtool akan loading dengan warna merah, ungu, dan kuning secara bergantian.
  6. Tunggu hingga proses Flashing selesai. Biasanya akan di tandai dengan munculnya lingkaran hijau (Download OK) bahwa proses Flashing telah selesai dan berhasil di jalankan.
  7. Tutup aplikasi SP Flashtool dan Anda sekarang bisa melepaskan kabel data dari komputer Anda.
  8. Sekarang hidupkan ponsel Oppo N1 Anda dengan menekan tombol power, proses booting pertama biasanya membutuhkan waktu beberapa menit sampai masuk ke home screen.
  9. Selesai!

Jika Anda mendapatkan kesulitan / kendala dalam proses atau sedikit kebingungan bagaimana cara flash Oppo N1 yang benar, jangan segan untuk bertanya kepada kami. Karena kami akan senantiasa membantu Anda dan membalas setiap komentar yang Anda kirimkan.

Silahkan baca artikel Flashing lainnya : ·

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More