Cara Flash Samsung Galaxy J1 SM-J100H

5.571

Cara Flash Samsung Galaxy J1 – Kerusakan pada smartphone Android bisa dikategorikan dalam 2 hal, yaitu kerusakan software dan hardware. Jika kerusakan hardware Anda bisa membawanya ke tempat servis untuk diganti dengan hardware baru. Tetapi jika terjadi kerusakan software atau sistem, Anda bisa coba untuk memperbaikinya sendiri.

Terkait kerusakan sistem Android, ada beberapa hal yang bisa menyebabkannya. Seperti kesalahan saat melakukan rooting, salah menginstall APK berbahaya, atau terkena virus. Hal ini dapat menyebabkan Android menjadi lemot dan otomatis susah di operasikan.

Jika indikasi mengarah ke kerusakan software, kita bisa melakukan flashing untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut ini cara flash Samsung Galaxy J1 SM-J100H menggunakan tool flashing ODIN.

Catatan : Flashing merupakan kegiatan yang beresiko. Segala konsekuensi yang terjadi setelah Anda melakukan flashing di luar tanggung jawab kami.

Cara Flash Samsung Galaxy J1 SM-J100H

Cara Flash Samsung Galaxy J1 SM-J100H

Sebelum melakukan flash Samsung Galaxy J1, pastikan semua data-data yang tersimpan di dalam perangkat sudah Anda backup. Karena semua data yang tersimpan akan terhapus setelah melakukan flashing.

Pastikan baterai telah terisi diatas 30%, hal ini bertujuan agar tidak terjadi kegagalan flashing akibat ponsel kehabisan daya.

Silahkan ikuti cara flash Samsung Galaxy J1 SM-J100H di bawah ini :

  1. Download Driver USB Samsung, ekstrak kemudian install.
  2. Download firmware Samsung Galaxy J1 SM-J100H di halaman ini, lalu ektrak.
  3. Download tool flashing Odin, lalu ekstrak.
  4. Matikan Galaxy J1 kemudian masuk ke Download Mode. Caranya, tekan dan tahan tombol Volume Bawah+Power+Home secara bersamaan, lepaskan jika sudah muncul Warning. Kemudian tekan tombol Volume Atas untuk melanjutkan masuk ke Download Mode.
  5. Buka folder Odin, klik kanan “Run as administrator” pada file Odin.exe untuk menjalankan aplikasi.
  6. Selanjutnya koneksikan Galaxy J1 ke komputer menggunakan kabel USB. Jika sudah terdeteksi, ID:COM akan berubah warna menjadi biru.
  7. Klik pada kolom AP untuk memasukkan paket firmware yang sudah diektrak tadi.
  8. Jika firmware sudah berhasil di load, klik start untuk memulai flashing.
  9. Setelah muncul notifikasi “PASS!”, itu menandakan bahwa proses flashing telah berhasil di jalankan.
  10. Lepaskan kabel dan tunggu perangkat melakukan booting.
  11. Setelah selesai booting, akan muncul startup standart untuk mengatur bahasa, wilayah dan jaringan.
  12. Selesai!

Untuk memudahkan Anda dalam melakukan flash Samsung Galaxy J1 SM-J100H, silahkan lihat video berikut ini (video credit : Anindya Mukherjee) :

Catatan: Jika terjadi kegagalan pada saat flashing, ada kemungkinan IC EMMC mengalami kerusakan.

Jika ada pertanyaan seputar cara flash Samsung Galaxy J1 SM-J100H, silahkan tulis di kolom komentar atau hubungi kami melalui halaman Contact.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More