Cara Flash Samsung Galaxy J2 Prime Tested

879

Ponselgue.com | Cara Flash Samsung Galaxy J2 Prime Tested – Samsung Galaxy J2 Prime menggunakan layar 5 inch dengan resolusi 540 x 960 px, sedangkan untuk memproses kinerjanya, smartphone asal Korea selatan ini dilengkapi dengan prosesor Quad-core 1,4 GHz dari Mediatek dan RAM 1,5 GB. Dengan harga yang sama, spesifikasi yang di tawarkan tidak lebih baik jika di bandingkan dengan vendor lain misalnya Xiaomi.

Yang membuat Galaxy J2 Prime merupakan salah satu smartphone Samsung kelas menengah kebawah yang cukup laris di Indonesia adalah konsumsi baterai yang hemat karena penggunaan resolusi layar yang rendah, sehingga daya tahan ponsel ini dijamin kuat.Cara Flash Samsung Galaxy J2 Prime

Baca juga :

Seiring dengan penggunaan, tidak dapat di pungkiri bahwa perangkat smartphone pasti mengalami masalah. Entah itu akibat cacat produksi atau usia pemakaian. Jika terjadi kerusakan harware, Anda tentu harus membawanya ke service center untuk menggantinya dengan yang baru. Sedangkan, jika perangkat mengalami masalah pada software atau pada sistem Android-nya, Anda bisa mencoba memperbaikinya sendiri lebih dahulu.

Seperti yang sudah pernah saya jelaskan pada artikel sebelumnya, untuk masalah yang berkaitan dengan kerusakan system Android ada beberapa metode perbaikan yang dapat digunakan. Yang pertama Anda bisa melakukan har reset, namun seringkali beberapa masalah tidak bisa diselesaikan dengan metode tersebut. Solusinya selanjutnya adalah dengan melakukan flashing.

Ada beberapa hal yang dapat menjadi acuan atau indikasi sistem Android mengalami kerusakan. Di antaranya adalah aplikasi sistem sering force closed, atau perangkat sering tiba-tiba restart sendiri, yang paling parah adalah perangkat mengalami bootloop.

BACA, PAHAMI, MENGERTI, EKSEKUSI

Baca Juga :

Cara Flash Samsung Galaxy J2 Prime

Pada beberapa kasus bootloop, flashing berhasil dijalankan namun terkadang perangkat masih tetap saja gagal bootloop. Ada beberapa kemungkinan, bisa jadi karena firmware atau ROM yang digunakan tidak sesuai dengan perangkat, atau karena ada kerusakan pada hardware (IC EMMC). Namun, tidak ada salahnya di coba untuk flashing bukan?

Nah, pada artikel kali ini saya akan berbagi cara flash Samsung Galaxy J2 Prime via Odin.

Catatan :

  • Pastikan daya baterai dalam kondisi full charging atau minimal 30%> saat melakukan flashing.
  • Melakukan flashing akan menghapus semua isi device Anda termasuk data di internal.
  • Flashing merupakan tindakan yang cukup serius, segala resiko yang terjadi setelah flashing Anda yang tanggung.

Persiapan Tool dan File

  • Download Odin versi terbaru di sini, lalu ekstrak;
  • Download Samsung USB Driver, ekstrak kemudian install pada komputer Anda;
  • Download firmware Samsung Galaxy J2 Prime (Download Disini), kemudian ekstrak;
  • PC/Laptop dengan OS Windows;
  • Kabel data / Kabel USB (Anda bisa memakai kabel bawaan/original).

Baca juga :

Cara flash Samsung Galaxy J2 Prime via ODIN

Jika semuanya sudah siap, silahkan baca dan ikuti langkah-langkahnya seperti yang saya jelaskan di bawah ini :

  1. Matikan ponsel J2 Prime, kemudian masuk ke Download Mode. Caranya, tekan dan tahan tombol volume bawah + home + power secara bersamaan. Setelah muncul Warning, tekan volume up untuk melanjutkan ke Download Mode.
  2. Jalankan aplikasi Odin (usahakan menggunakan Run as administrator).
  3. Selanjutnya koneksikan Samsung Galaxy J2 Prime ke PC menggunakan kabel USB. Jika perangkat sudah terdeteksi, muncul indikasi pada ODIN di kolom ID:COM berubah warna menjadi biru dan pada Log muncul ‘Added’.
  4. Selanjutnya pada aplikasi Odin, klik pada kolom AP untuk memasukkan firmware J2 Prime yang sudah di download tadi (file berekstensi MD5).
  5. Setelah firmware sudah selesai di muat, Anda bisa memulai flashing dengan klik start.
  6. Jika sudah muncul notifikasi “PASS!”, proses flashing telah selesai dan berhasil dijalankan. Kemudian smartphone akan reboot secara otomatis.
  7. Proses booting pertama biasanya membutuhkan waktu lebih lama, hal ini dikarenakan perangkat masih menyesuaikan dengan ROM baru.
  8. Selesai!

Silahkan lihat video berikut ini untuk memudahkan Anda pada saat melakukan flashing Samsung Galaxy J2 Prime berikut :

(credit video: Mobile Tech)

Selesai di flash, Anda juga bisa membuka akses Root Samsung Galaxy J2 Prime Anda, baca langkah selengkapnya disini “Cara Root Samsung Galaxy J2 Prime Tested

Nah, jika Anda mengalami kesulitan pada saat flashing atau mempunyai pertanyaan seputar cara flash Samsung Galaxy J2 Prime, silahkan tulis pertanyaan dikolom komentar. Anda juga bisa menghubungi kami melalui halaman Contact. Semoga bermanfaat.

Konten menarik lainnya :

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More