Panduan Cara Flash Samsung Galaxy J5 SM-J500G

4.664

Cara Flash Samsung Galaxy J5Ini dia cara flash Samsung Galaxy J5 SM-J500G menggunakan odin dengan mudah. Bagi yang terbiasa memodifikasi sistem Android, biasanya melakukan flashing ketika system di rasa sudah tidak stabil. Atau saat ponsel sering mengalami error, sering nge-hang, banyak aplikasi sistem yang rusak, atau aplikasi yang force clos. Bisa juga karena usaha untuk menambah RAM Android tidak memberikan efek yang signifikan pada performa ponsel. Pada kasus lain seperti memperbaiki ponsel yang gagal booting, jika upaya hard reset gagal, terpaksa kita harus mem-flash ulang ROM pada perangkat yang mengalami bootloop tersebut.

Nah, untuk mengatasi masalah bootloop atau masalah sistem Android yang lain, jika harus melakukan flashing, simak cara flash Samsung Galaxy J5 SM-J500G di bawah ini.

Penting : Pastikan beterai telah terisi 30% atau lebih, agar tidak terjadi kegagalan flashing akibat perangkat kehabisan daya.

Cara flash Samsung Galaxy J5 SM-J500G via Odin

Silahkan download tool dan file yang digunakan untuk proses flashing di bawah ini :

  • Firmware Samsung Galaxy J5 SM-J500G, (Download Disini). Jika file sudah di ekstrak, maka Anda akan menemukan file berekstensi “md5”.
  • Samsung USB Driver, download disini. Setelah di ekstrak kemudian install driver tersebut.
  • Tool flashing Odin. Gunakan versi terbaru untuk meningkatkan persentase keberhasilan.
  • Laptop/ PC yang masih bisa digunakan dengan baik.
  • Kabel Data (usahakan untuk menggunakan yang original)

Setelah semuanya siap, silahkan baca dan ikuti langkah-langkah flash Samsung Galaxy J5 SM-J500G di bawah ini.

  1. Buka folder Odin, klik kanan “Run as administrator” pada file exe untuk membuka aplikasi.
  2. Pertama matikan Samsung Galaxy J5, kemudian masuk ke Download Mode. Caranya, tekan dan tahan tombol volume down + tombol home + Power secara bersamaan, jika sudah muncul warning, tekan tombol volume Up untuk melanjutkan ke Download Mode.
  3. Selanjutnya sambungkan perangkat ke PC menggunakan kebel USB. Jika driver sudah terinstall, PC akan mendeteksi perangkat (ID:COM akan berganti warna menjadi biru ).
  4. Kemudian pada kolom “AP” memasukkan file AP.md5. Begitu juga pada kolom “BL”,”CP” dan “CSC”, tunggu hingga semua paket firmware selesai di muat.
  5. Tekan tombol start untuk memulai flashing. Tunggu hingga proses flashing selesai.
  6. Jika sudah muncul notifikasi “PASS!” pada Odin, ini menunjukan bahwa proses flashing telah berhasil.
  7. Ponsel akan reboot secara otomatis. Proses booting pertama biasanya memakan waktu lebih lama karena perangkat menyesuaikan dengan firmware yang baru.
  8. Selesai!

Silahkan lihat video berikut ini untuk mempermudah Anda pada saat melakukan flash Samsung Galaxy J5 SM-J500G (credit: GSM ABC) :

Untuk memasimalkan kinerja Samsung J5 Anda, buka akses super user / root pada perangkat. Silahkan ikuti caranya disini “Cara Root Samsung Galaxy J5 Semua Series

Jika ada pertanyaan seputar cara flash Samsung Galaxy J5 SM-J500G, silahkan tinggalkan komentar di bawah, atau silahkan mengubungi kami melalui halaman Contact.

Catatan : Segala resiko kerusakan akibat kesalahan saat melakukan flashing di luar tanggung jawab kami.
You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More