Cara Flash Samsung Menggunakan Odin

1.832

Cara Flash Samsung Menggunakan OdinPonselgue.com – Jika Anda terbiasa dengan kegiatan flashing pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Odin. Yah, terutama bagi pengguna smartphone Samsung, salah satu cara flash Samsung adalah dengan menggunakan tools flashing “Odin”.

Odin merupakan aplikasi atau tools flashing terbaik yang digunakan untuk flashing smartphone Samsung. Software ini dikembangkan dan digunakan secara internal oleh Samsung.

Namun, Samsung tidak pernah merilis software ini secara resmi. Menurut beberapa sumber, Odin diyakini merupakan utilitas milik Samsung yang bocor dan dengan “sengaja” tersebar, kemudian dikembangkan oleh beberapa ahli pemrograman yang tergabung dalam forum XDA.

Para programmer ini memodifikasi Odin sehingga bisa digunakan untuk flash Samsung. Selain itu juga ditambahkan beberapa fungsi dan fitur-fitur lainnya.

Lalu, Apakah fungsi flashing smartphone Android?

Flashing bisa Anda gunakan untuk melakukan update firmware versi terbaru, atau untuk mendowngrade ke versi yang sebelumnya. Jika vendor smartphone masih belum menyediakan update OTA firmware pada perangkatnya,  maka untuk melakukan update Anda harus dengan flashing.

Selain itu, dengan melakukan flashing Anda dapat memperbaiki kerusakan sistem Android. Beberapa diantaranya adalah masalah muncul peringatan “sayangnya aplikasi telah berhenti”, bootloop, atau beberapa permasalahan software lainnya.

Nah, untuk itulah Odin dibuat dan dikembangkan.

Tetapi sayangnya, pengembang hanya merilis Odin untuk platform sistem operasi Windows saja. Sehingga bagi Anda yang menggunakan Linux atau platform selain Windows, dipastikan masih belum bisa menggunakan tools ini.

Cara Flash Samsung via Odin

Jika Anda mempunyai smartphone Android Samsung yang mengalami masalah bootloop, aplikasi sering force close, atau sering tiba-tiba restart sendiri, dapat Anda coba atasi sendiri tanpa harus membawanya ke tempat servis. Anda hanya perlu melakukan install ulang dan mengikuti panduan cara flash Samsung via Odin di bawah ini.

Cara flash Samsung via Odin ini cukup mudah dilakukan, simak langkah-langkahnya berikut ini :

Cara menggunakan Odin / Flash Samsung

  1. Download Firmware smartphone Samsung yang akan di flash, kemudian ektrak file tersebut. Anda dapat mendownload firmware Samsung Indonesia Official di Ponselgue.com.
  2. Download Samsung USB Driver terbaru, ekstrak kemudian install.
  3. Download Odin sebagai tool untuk flash Samsung. Silahkan download Odin di halaman ini (saya sarankan untuk menggunakan versi terbaru).
  4. Matikan ponsel Samsung yang akan di flash.
  5. Selanjutnya masuk ke “Download Mode”. Caranya, tekan dan tahan tombol Home, tombol Power dan tombol Volume Down secara bersama-sama sampai muncul tanda warning.
  6. Tekan tombol Volume Up untuk melanjutkan masuk ke Download Mode.
  7. Sekarang sambungkan perangkat ke komputer menggunakan kabel USB.
  8. Masuk ke folder Odin, klik kanan “Run as administrator” pada Odin.exe untuk membuka aplikasi.
  9. Jika driver terinstall dengan benar, Odin akan mengenali perangkat yang telah dihubungkan tadi. Indikasinya ID : COM tertulis nomor PORT dan berganti warna menjadi biru.
  10. Kemudian masukkan firmware Samsung yang telah di download tadi. Caranya klik menu “PDA” jika Anda menggunakan Odin v3.09, atau klik menu “AP” jika menggunakan Odin versi terbaru.
  11. Jika firmware selesai dimuat, klik tombol “Start” untuk memulai proses flashing Samsung. Tunggu hingga proses selesai.
  12. Jika proses sudah selesai, muncul notifikasi “PASS!” yang menandakan proses flashing telah berhasil.
  13. Smartphone Samsung akan reboot secara otomatis.
  14. Proses flashing Samsung selesai.

Itulah cara flash Samsung menggunakan tools flashing Android. Jika Ada pertanyaan, silahkan hubungi kami melalui kolom komentar atau kunjungi halaman Contact.

Ponselgue.com menyediakan firmware Samsung Indonesia Official. Silahkan kunjungi halaman Firmware Samsung dan Anda dapat mendownloadnya secara gratis.

(video credit : Anindya Mukherjee)

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More