Cara flash Xiaomi Mi 4c (Mode Download)

5/5(1)

Tutorial kali ini berisi panduan tentang cara flash Xiaomi Mi 4c. Flashing Mi 4c ini bertujuan untuk Unlock Bootloader dengan mengganti ROM Distributor (abal-abal) menjadi ROM Developer China. Tutorial ini juga bisa di jadikan referensi jika device Mi 4c bricked atau jika hanya booting sampai logo saja alias Bootloop.

Related Posts

Jika Anda membeli perangkat Xiaomi baru, biasanya menggunakan rom distributor (abal-abal). Dengan ROM distributor ini, pasti Anda tidak akan mendapatkan notifikasi pembaruan rom. Terutama Anda pengguna Xiaomi Mi 4c, karena sekarang sudah tersedia ROM resmi MIUI 8. Selain itu, kekurangan lain menggunakan rom distributor adalah banyak bugs dan kendala, seperti perangkat yang mudah panas dan banyaknya iklan yang muncul.Cara flash Xioami Mi 4c

Untuk itu, cara mengatasinya adalah dengan melakukan flashing. Simak cara flash Xiaomi Mi 4c selengkapnya di bawah ini.

NOTE!! : BACA, PAHAMI, MENGERTI, EKSEKUSI!! Semua resiko yang terjadi setelah flashing adalah di luar tanggung jawab kami.

Cara flash Xiaomi Mi 4c

Persiapan tools dan bahan

Silahkan unduh terlebih dahulu tools dan bahan yang digunakan untuk flashing Mi 4c berikut :

  • Driver : Qualcomm HS-USB QDLoader 9008 (Download disini).
  • ROM : Firmware Mi 4c terbaru Download disini, MIUI 8.0 disini, MIUI 7 disini, dan MIUI 6 disini.
  • Tools : MiPhone Flash Tool (Download disini).
  • Kabel Data Micro USB (usahakan untuk menggunakan kabel original atau bawaan perangkat).
  • PC/ Laptop yang menggunakan OS Windows.

Aktifkan USB Debugging. Caranya, kita harus mengaktifkan Developer Option terlebih dahulu. Caranya, masuk ke menu settings, pilih about phone, lalu tekan miui version sampai muncul warning bahwa Anda sudah dalam mode pengembang atau developers mode. Sekarang kita bisa mengaktifkan USB debugging, caranya masuk ke Settings, masuk ke menu Additional Setting, pilih Developers Options lalu aktifkan USB debugging.

Jika semua sudah siap, silahkan lanjutkan dengan mengikuti proses flashing berikut.

Tahapan flashing Mi 4c

  1. Pertama-tama, install driver pada pada komputer yg sudah disiapkan. Apabila pada saat instalasi muncul peringatan Windows Security,” Windows can’t verify —-“ , lanjutkan dengan memilih “Install this driver software anyway”.Windows Security
  2. Selanjutnya, install MiFlash pada perangkat komputer Anda.
  3. Extrak firmware/ROM berekstensi .TGZ yang sudah di download tad. Jika file yang di download berektensi .TAR, rename dan ubah terlebih dahulu ekstensi-nya menjadi TGZ.
  4. Sekarang sambungkan perangkat Mi 4c ke komputer menggunakan kabel data.
  5. Buka Command Prompt, ketik “cd C:\Program Files (x86)\Xiaomi\MiPhone\Google\Android” untuk mengganti directory.
  6. Kemudian ketik “adb devices” untuk mengetahui Mi 4c sudah terhubung ke PC atau belum. Jika perangkat sudah terdeteksi, izinkan USB debugging.
  7. Sekarang ketik “adb reboot edl” untuk memberikan perintah Mi 4c masuk ke dalam mode Download. Maka perangkat akan menjadi blank hitam yang artinya sudah masuk ke mode download.
  8. Buka aplikasi MiFlash, kemudian klik browse untuk memasukkan direktori ROM fastboot yang sudah di ekstrak tadi. Klik refresh, otomatis device terdeteksi COMXX. COM-mi4c
  9. Untuk memulai flashing, silahkan klik tombol flash. Tunggu hingga selesai.
  10. Jika sudah sukses, lepaskan kabel data dari perangkat. Kemudian nyalakan perangkat dengan menekan tombol power agak lama.
  11. Selesai!

Untuk mempermudah Anda dalam melakukan flashing Xiaomi Mi 4c, silahkan lihat video berikut :

(video credit : MiFans Jogja)

Jika Anda ingin melakukan root pada perangkat Anda, silahkan baca “Cara root semua smartphone Xiaomi”.

Nah, demikian tutorial cara flash Xiaomi Mi 4c. Jika Anda mengalami kendala atau kesulitan pada saat melakukan flashing, tinggalakan pertanyaan pada kolom komentar. Atau Anda bisa menghubungi kami melalui halaman Contact.

Komentar