Cara Flash Xiaomi Redmi 2, Cuma 10 Menit!

120.211

Kali ini kita akan membahas tentang cara flash Xiaomi Redmi 2 menggunakan metode fastboot. Cara ini seringkali saya pakai ketika ada ponsel yang mengalami bootloop atau stuck di logo. Dan metode ini juga bisa dipakai untuk ganti tipe ROM, dari Developer ke global misalnya.cara flash xiaomi redmi 2Sebelum lanjut, sekedar informasi bahwa Xiaomi mengeluarkan beberapa jenis device Redmi 2 yang berbeda ekor. Khusus untuk Redmi 2 HM2014813 hanya di produksi untuk dipasarkan secara resmi di China saja, jadi hanya dibuat khusus untuk China Mobile (provider). Berikut ini adalah beberapa jenis Xiaomi Redmi 2 beserta jenis ROM yang bisa dipakai :

  1. Redmi 2 A / Enhance = HM2014812/13/16 (wt86047)
  2. Redmi 2 Pro = HM2014819
  3. Redmi 2 & Redmi 2 Prime = HM2014811/17/18/21 (wt88047)

Ada 2 macam tipe ROM Xiaomi, yaitu Rom China yang khusus diperuntukan untuk pengguna yang berada di China, ROM ini hanya tersedia bahasa China dan Inggris saja serta tidak menyertakan fitur Google. Sedangkan untuk pengguna yang beda di luar China, kita bisa menggunakan ROM Global. ROM Global ini sudah membawa fitur Google seperti smartphone Android pada umumnya, dan juga sudah tersedia banyak pilihan bahasa.

Kedua ROM diatas dikategorikan menjadi 2 versi, yaitu versi Stabil dan Developer. Versi Stabil biasanya mempunyai sedikit bug dan mendapatkan update umumnya setiap 2 bulan atau lebih lama, sedangkan untuk versi Developer memang ditujukan untuk para pengembang karena sangat rentan terhadap bug, update fitur baru biasanya tersedia setiap 1 minggu sekali (atau bahkan bisa lebih lama) .

Baca juga :

Cara flash Xiaomi Redmi 2 menggunakan metode Fastboot

Redmi 2 PrimeProses flash Redmi 2 tidak memerlukan waktu yang lama, namun kita harus hati-hati karena jika kita sedikit teledor akan mengakibatkan ponsel kita menjadi malfungsi atau bahkan mati suri. Sebelum lanjut melakukan flashing, alangkah lebih baiknya semua data yang internal atau yang dirasa penting kita backup terlebih dahulu, karena proses flashing selesai akan menghilangkan data-data yang kita simpan di memori internal.

Penting untuk di perhatikan : usahakan  ponsel Redmi 2 yang akan di flash memiliki daya baterai yang cukup atau berkisar 50%, untuk menghindari kemungkinan kegagalan proses flashing yang di sebabkan perangkat yang mati karena kehabisan daya. DIWYOR ( do it with your own risk).

Sebelum  memulai flashing, silahkan download ROM beserta aplikasi yang di butuhkan di bawah ini :

  1. Donwload aplikasi Mi Flash disini (46.6 MB).
  2. Download driver USB Xiaomi disini (8.3 MB).
  3. Silahkan download ROM (sesuai dengan ekor ponsel Anda) disini.
  4. PC/Laptop dengan OS Windows
  5. Kabel data/Kabel USB (usahakan memakai yang original)

Langkah-langkah flash Xiaomi Redmi 2

Setelah semuanya sudah sudah lengkap, mari kita lanjutkan ke proses flashing dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Pertama, ekstrak semua file yang telah di download tadi di drive PC Anda, jadikan dalam satu folder untuk memudahkan pencarian.
  2. Pertama, install driver Xiaomi yang sudah di download tadi di PC atau laptop Anda.
  3. Selanjutnya install aplikasi Mi Phone, lalu buka C:\Program Files (x86)\Xiaomi\MiPhone dan cari file MiFlash.exe kemudian klik kanan Run As Administrator untuk membukanya.flash xiaomi redmi 2
  4. Setelah aplikasi telah terbuka, klik tombol Browse kemudian pilih folder dimana kita menyimpan file tadi, dalam hal ini hasil ekstrak saya pindahkan ke direktori C:\MIUI.flash xiaomi redmi 2
  5. Matikan perangkat ponsel Anda kemudian masuk ke mode Fastboot dengan menekan tombol Volume min (-) dan tombol power secara bersamaan. Setelah itu hubungkan perangkat ponsel Anda menggunakan kabel data yang telah dipersiapkan dan Mi Flash Tools akan mendeteksi perangkat.
  6. Ada 3 opsi, pilih ‘Flash All’ untuk memformat semua data app, dan internal yang ada pada perangkat kita. ‘Flash all except storage’ akan memformat semua kecuali internal ponsel. Sedangkan ‘Flash all except data and storage’ akan flash semua kecuali data dan internal. Pilih opsi sesuai dengan kebutuhan, kemudian klik tombol “Flash”.flash xiaomi redmi 2
  7. Tunggu hingga proses selesai dan statusnya ‘Complete’. Selanjutnya perangkat akan reboot dan memulai sistem baru sesuai dengan ROM yang di install.
  8. Biasanya waktu yang dibutuhkan untuk booting menggunakan ROM yang baru berkisar antara 5-10 menit, hal ini dikarenakan perangkat masih menyesuaikan dengan ROM yang baru.
  9. Selesai!
NOTE : Jika setelah selesai flashing ternyata sinyal Xiaomi Redmi 2 hilang, silahkan baca artikel berikut untuk mengatasinya : “2 Cara Mengatasi Sinyal Hilang Redmi 2/Prime Setelah Update Atau Flashing ROM

Baca juga:

Jika Anda mengikuti seluruh langkah-langkah di atas, bisa di pastikan flashing perangkat  Xiaomi Redmi 2 Anda berhasil. Namun jika ada kendala atau pertanyaan seputar cara flash Redmi 2, silahkan tinggalkan pertanyaan dikolom komentar yang kami sediakan di bawah ini untuk berdiskusi dengan tim PonselGue.com dan juga pembaca yang lain. Semoga bermanfaat. 🙂

Pencarian terkait :

  • Cara Flash Xiaomi Redmi 2 Prime √
  • Cara Flash Xiaomi Redmi 2 Prime Berhasil √
  • Cara Flash Xiaomi Redmi 2 Prime Pro √
  • Flashing Redmi 2 via Fastboot √
You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More