Ulasan lengkap seputar dunia Smartphone

Tutorial Cara Flash Xiaomi Redmi 4 Prime ke ROM Stable

5/5(1)

Ponselgue.com | Tutorial cara Flash Xiaomi Redmi 4 Prime ini dibuat untuk mengganti ROM distributor /  abal-abal ke ROM Stable. Selain itu, cara ini bisa digunakan untuk mengganti / mengupdate ROM Redmi 4 Prime terbaru.

Biasanya, smartphone Xiaomi garansi distributor ini datang dengan ROM abal-abal. Selain tidak ada update, ROM abal-abal ini penuh dengan iklan atau bahkan malware.cara flash xiaomi redmi 4 prime

NOTE!! : Apabila perangkat mengalami softbrick, bootloop atau kerusakan lainnya, semua itu di luar tanggung jawab Ponselgue.com.

Cara Flash Xiaomi Redmi 4 Prime

Persiapan

Donwload Tools dan file yang dibutuhkan berikut ini:

  • Tool Flashing : MiFlash 2017 (Download disini), ektrak kemudian install. Mi Flash versi ini sudah include driver, jadi Anda tidak perlu mendownload driver. Apabila pada saat instalasi muncul peringatan Windows Security,” Windows can’t verify —-“ , lanjutkan dengan memilih “Install this driver software anyway”.install Driver
  • Silahkan download Fastboot ROM Redmi 4 Prime terbaru di sini. Kemudian ektrak.
  • PC yang menggunakan OS Windows 32 atau 64 bit. Sebaiknya gunakan PC yang di lengkapi UPS, untuk antisipasi jika pada saat proses flashing berjalan terjadi pemadaman listrik. Atau Anda bisa juga menggunakan Laptop.
  • Kabel Data. Gunakan kabel original atau kabel bawaan perangkat.

Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock. Caranya, kita harus mengaktifkan Developer Option terlebih dahulu. Caranya, masuk ke menu settings, pilih about phone, lalu tekan miui version sampai muncul warning bahwa Anda sudah dalam mode pengembang atau developers mode. Sekarang kita bisa mengaktifkan USB debugging, caranya masuk ke Settings, masuk ke menu Additional Setting, pilih Developers Options lalu aktifkan USB debugging dan OEM Unlock. Jika semua sudah siap, silahkan baca dan ikuti langkah flashing Redmi 4 Prime berikut ini.

Baca juga :

Flashing Redmi 4 Prime

Pastikan baterai dalam kondisi full charging atau minimal terisi 50%.

  1. Pertama-tama, matikan perangkat terlebih dahulu. Kemudian masuk ke mode download, caranya dalam kondisi perangkat mati, tekan dan tahan tombol volume up+power.
  2. Akan tampil beberapa menu pada layar, silahkan pilih Download. Kemudian perangkat akan blank yang berarti sudah dalam mode download.
  3. Selanjutnya, sambungkan perangkat ke PC/Laptop menggunakan kabel data.
  4. Buka aplikasi MiFlash, klik pada tombol Refresh. Jika Redmi 4 Prime terdeteksi oleh PC, status muncul COMXX.
  5. Klik Browser untuk memasukkan folder image pada folder ROM yang sudah di ektrak tadi.
  6. Nah, untuk memulai flashing, tekan pada tombol Flash. Tunggu hingga proses selesai.
  7. Setelah selesai, cabut perangkat dari kabel usb kemudian nyalakan. Tekan tombol power kurang lebih 15 detik. Kalau belum masih nyala juga, lepas tombol power kemudian tekan lagi selama kurang lebih 10 detik.
  8. DONE!!

Lihat video berikut ini (credit video : GontaGantiHaPe ID):

Tanya Jawab Seputar Flash Xiaomi Redmi 4 Prime

T: Tanya
J : Jawab

T : Bisakah pindah ROM abal-abal melalui Updater?
J : Hal ini tergantung dari ROM distributornya, ada yang bisa dan ada yang tidak. Silahkan lakukan hal ini terlebih dahulu, jika versi tidak berubah baru di flash menggunakan Mi Flash Tool.

T : Muncul “Missed hello packet, try to recover”, bagaimana?
J : Coba flash menggunakan Windows 64 Bit, atau ganti versi MiFlash-nya.

T : Jika gagal flashing kemudian muncul keterangan “not enough storage“, solusinya?
J : Jika masih belum keluar dari download mode, coba flash dengan MiFlash versi lain.

T : Jika terlanjur keluar dari mode download, apa yang harus dilakukan?
J : Buat perangkat dalam mode fastboot, kemudian sambungkan perangkat ke PC/laptop. Buka Cmd / Minimal ADB fastboot, lalu ketik “adb reboot edl”, jika Redmi 4 Prime menjadi blank hitam yang artinya sudah masuk ke mode download. Sekarang coba ulangi proses flashing.

Selanjutnya, install app Google, baca caranya disini : Cara Install aplikasi Google di Xiaomi

Nah, demikianlah Tutorial Cara Flash Xiaomi Redmi 4 Prime. Jika Anda mempunyai kendala atau kesulitan pada saat proses flashing, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang kami sediakan di bawah ini.

Semoga bermanfaat ..!!

.......

Comments
Loading...