Tutorial Cara Flash Xiaomi Redmi 4X (Santoni)

4.808

Ponselgue.com | Kali ini saya akan membagian tutorial Cara Flash Xiaomi Redmi 4X (Santoni). Tutorial ini saya buat karena Redmi 4X kebagian jatah upgrade MIUI 9 Global Stable.

Bagi Anda yang ingin melakukan flashing atau ingin melakukan upgrade, ada beberapa metode yang dapat digunakan tergantung dengan kondisi perangkat Anda saat ini.

Jika Redmi 4X Anda saat ini menggunakan ROM MIUI 6,7,8 Global/China Stable, Anda langsung bisa melakukan update via OTA maupun System Update.

Jika Anda menggunakan ROM ROM MIUI 6,7,8 Global/China Developer, silahkan lakukan Flashing menggunakan Mi Flash Tools.Tetapi syaratnya perangkat sudah di Unlock Bootloader-nya. Silahkan cek terlebih dahulu, baca caranya disini “Cara Cek status bootloader Xiaomi“.

Nah, jika ternyata Redmi 4X belum di UBL, silahkan unlock bootloadernya dengan mengikuti panduannya berikut ini Panduan Cara Unlock Bootloader Xiaomi Semua Tipe.

Bagi Anda yang saat ini menggunakan ROM Abal-Abal/ROM Distributor/Custom ROM dan masih belum unlock bootloader, Anda bisa coba melakukan update via aplikasi Updater (System Update & Recovery Update).cara flash xiaomi redmi 4x

Setelah Anda mengetahui kondisi perangkat Anda, Anda dapat memilih metode yang tepat untuk melakukan update dan flashing pada Santoni. Simak selengkapnya Tutorial update dan cara flash Xiaomi Redmi 4X aka Santoni di bawah ini.

Baca juga artikel flashing Xiaomi lainnya:

BACA, PAHAMI, MENGERTI, EKSEKUSI

CARA UPDATE XIAOMI REDMI 4X (SANTONI)

Jika diperlukan, silahkan Anda akukan backup data-data penting Anda terlebih dahulu, karena proses ini akan menghapus seluruh data di penyimpanan internal perangkat.

Cara Update Xiaomi Redmi 4X via System Update

  1. Silahkan download Recovery ROM Xiaomi Mi 6 MIUI 9 pada tombol link berikut :
    ROM Redmi 4X
  2. Jika Anda sudah selesai mendownload, letakkan file .zip pada folder yang mudah Anda ingat.
  3. Buka aplikasi Updater.update via recovery mode
  4. Selanjutnya ketuk ikon titik tiga pada pojok kanan atas layar, pilih Choose update package.
  5. Kemudian masuk ke folder dimana Anda menyimpan file Recovery.zip tadi kemudian pilih OK.
  6. Akan muncul peringatan Erase Data, lanjutkan saja dengan memilih Erase and Update.
  7. Selanjutnya proses update akan berjalan, tunggu hingga proses selesai.
  8. Jika proses update berhasil di jalankan, maka Santoni akan reboot dengan ROM MIUI 9. Biasanya proses booting pertama membutuhkan waktu sedikit lebih lama, hal ini normal karena perangkat menyesuaikan dengan ROM baru.
  9. Jika perangkat sudah masuk ke Home Screen, proses update dan flashing Xiaomi Redmi 4X sudah selesai.

Cara Flash Xiaomi Redmi 4X Dengan Mi Flash Tools (Unlock Bootloader)

Pastikan kondisi baterai dalam posisi full charging atau minimal terisi 50%. Hal ini sebagai antisipasti agar pada saat flashing perangkat tidak kehabisan daya dan malah mengakibatkan terjadinya sesuatu hal yang tidak di inginkan.

Persiapan

Persiapkan dan download terlebih dahulu tools dan ROM dibutuhkan di bawah ini :

  • PC/ Laptop dengan OS Windows. Usahakan menggunakan 64 Bit, karena Windows 32Bit seringkali terjadi Error “Not Enough Storage to Proccess this Command“ atau bahkan kadang malah menyebabkan bootloop.
  • Kabel Data / Kabel USB Type C (Bisa menggunakan kabel original / bawaan).
  • Dowload Xiaomi USB Driver kemudian install pada PC Anda.
  • FastBoot ROM Xiaomi Redmi 4X MIUI 9. Download disini. Ektrak file .tgz/tar kemudian letakkan hasil ektrak di Drive C.
  • MiFlash 2017. Download disini, ektrak kemudian install. Mi Flash versi ini sudah include driver. Apabila pada saat instalasi muncul peringatan Windows Security,” Windows can’t verify —-“ , lanjutkan dengan memilih “Install this driver software anyway”.install Driver

Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock. Caranya, kita harus mengaktifkan Developer Option terlebih dahulu. Caranya, masuk ke menu settings, pilih about phone, lalu tekan miui version sampai muncul warning bahwa Anda sudah dalam mode pengembang atau developers mode. Sekarang kita bisa mengaktifkan USB debugging, caranya masuk ke Settings, masuk ke menu Additional Setting, pilih Developers Options lalu aktifkan USB debugging dan OEM Unlock.

Setelah semuanya siap, Anda bisa melanjutkan ke tahapan flashing di bawah ini.

Tahapan Flashing Xiaomi Redmi 4X (EDL Mode)

  1. Pertama-tama, matikan Redmi 4X Anda. Setelah mati, silahkan tekan dan tahan Tombol Power dan Volume ke Atas secara bersamaan hingga muncul beberapa pilihan, silahkan pilih Download.
  2. Layar akan menjadi blank hitam, itu tandanya perangkat sudah masuk mode download. Jika Redmi 4X reboot kembali ke Homescreen, perangkat harus di unlock bootloader terlebih dahulu.
  3. Selanjutnya, sambungkan ke PC/ Laptop Anda menggunakan kabel USB.
  4. Silahkan cek driver di device manager. Jika belum, lakukan update driver lebih dulu. Jika perangkat sudah terdeteksi sebagai Qualcomm HS-USB QDLoader 9008 (COMxx), lanjutkan ke langkah berikutnya.
  5. Jalankan aplikasi MiFlash Tool.
  6. Klik refresh pada MiFlash. Jika perangkat sudah terdeteksi, pada device akan terdeteksi sebagai COMxx.driver qualcomm
  7. Langkah berikutnya, klik Select dan pilih folder tempat Anda menyimpan ROM yang sudah di ekstrak tadi, lalu klik OK.flashing xiaomi
  8. Selanjutnya, klik Flash untuk memulai flashing.
  9. Jika sudah muncul status : “Flash Done”, itu tandanya proses flashing sudah selesai dan berhasil di jalankan.
  10. Lepaskan perangkat dari kabel USB. Sekarang, nyalakan Mi 5 dengan menekan tombol power.
  11. Tunggu hingga muncul start up Android untuk mengatur bahasa dan wilayah, dan sampai ke Homescreen.
  12. Selesai!

Silahkan lihat video cara flash Xiaomi Redmi 4X Santoni di bawah ini :

(Credit Video: Arizal Solution)

Jika anda ingin membuka akses root pada Xiaomi Redmi 4X, baca artikel berikut ini “Cara Root Smartphone Xiaomi”.

Jika Anda ingin memasang TWRP di Redmi 4X (Santoni), baca caranya pada artikel : Cara Install TWRP Xiaomi. Atau Download TWRP Xiaomi Redmi 4X DISINI.

Nah, begitulah Tutorial Update dan cara flash Xiaomi Redmi 4X yang dapat saya bagikan. Sekarang perangkat Anda sudah menggunakan ROM MIUI 9 dengan berbagai fitur-fitur kerennya.

DANGER : Flashing merupakan tindakan yang serius. Segala resiko yang terjadi setelah Anda melakukan flashing, diluar tanggung jawab Ponselgue.com.

Baca juga :

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More