Ulasan lengkap seputar dunia Smartphone

Cara Flash Xiaomi Redmi Note 3 MTK

5/5(1)

Flashing bisa digunakan untuk install ROM MIUI versi terbaru atau untuk mengganti rom abal2 bawaan distributor. Bagi pengguna Xiaomi Redmi Note 3, untuk membedakan ROM distributor dengan ROM asli Xiaomi, Anda bisa melihat pada menu pengaturan “Tentang / about phone”. ROM asli Xiaomi hanya terdiri dari 4 digit, sedangkan ROM Distributor pasti lebih dari 4 digit. Nah, maka dari itu saya akan menulis panduan cara flash Xiaomi Redmi Note 3 MTK.

Selain itu, dengan flashing kita juga bisa untuk meng-unbrick perangkat Xiaomi yang menggunakan chipset Mediatek. Dan kabar baiknya, cara ini juga bisa digunakan walaupun ponsel Xiaomi Anda bootloader-nya masih terkunci.cara flash Xiaomi Redmi Note 3

Silahkan ikuti panduan di bawah ini untuk mengganti ROM Distributor Redmi Note 3 ke ROM Asli Xiaomi (China Stable/ Developer). Kenapa pake ROM China? Yah karena untuk Redmi Note 3 tidak (belum) tersedia versi Globalnya.

Untuk flashing, kita harus menggunakan PC yang memakai OS Windows (min Win 7), dan gunakan juga kabel data original (bawaan ponsel). Kemudian, unduh terlebih dahulu tools, driver dan Firmware yang di butuhkan untuk flash Xiaomi Redmi Note 3 yang saya sediakan link-nya di bawah ini :

Ektrak semua file yang sudah di download tadi, kemudian taruh hasil ektrak di desktop komputer Anda. Kemudian baca panduan cara flash Xiaomi Redmi Note 3 di bawah ini.

PENTING! : Silahkan backup terlebih dahulu semua file yang Anda simpan pada perangkat.

Cara Flash Xiaomi Redmi Note 3 menggunakan Sp Flashtool

Pastikan baterai perangkat telah terisi lebih dari 30%. Jika semuanya sudah siap, silahkan baca dan ikuti langkah-langkahnya seperti yang saya jelaskan berikut ini :

  1. Pertama-tama, install Driver USB Mediatek pada komputer Anda.
  2. Matikan perangkat Xiaomi Redmi Note 3.
  3. Selanjutnya buka folder SP Flashtool. Jalankan aplikasi ini dengan klik kanan “Run as administrator” pada flash_tool.exe.
  4. Setelah aplikasi SP Flashtool terbuka, klik tab “Download”. Selanjutnya arahkan kursor ke tombol Download Agent kemudian browse, kemudian klik file “DA_SWSEC.bin”.Download agent
  5. Buka folder ROM Redmi Note 3, pindahkan file scatter ke folder Signed_bin.
  6. Sekarang, pada SP Flashtool, pada tab Dowload klik pada scatter loading file untuk memasukkan file scatter yang telah di pindahkan ke folder Signed_bin tadi.
  7. Setelah file scatter sudah berhasil di muat, pilih opsi “Download Only” kemudian hilangkan centang pada Preloader. Selan jutnya, silahkan pilih tombol Download (ikon panah bawah) untuk memulai flashing.
  8. Sekarang sambungkan perangkat ke komputer Anda menggunakan kabel data sambil menekan dan tahan tombol volume down. Lepaskan jika pada SP Flashtool telah muncul bar warna merahyang berarti perangkat sudah terdeteksi oleh komputer. Tunggu hingga proses flashing selesai.
  9. Jika bar kuning sudah penuh dan progress menunjukan angka 100%, akan muncul notifikasi lingkaran hijau “Download OK” yang menunjukan bahwa proses flashing telah selesai dan berhasil dijalankan.
  10. Sekarang cabut kabel USB dari komputer Anda dan nyalakan ponsel Xiaomi Anda.
  11. Selesai!.
NOTE! : Pada ROM versi China hanya support bahasa China dan Inggris saja, serta tidak tersedia aplikasi dan fitur Google. Untuk menginstall app Google pada Xiaomi, silahkan baca caranya DISINI.

Silahkan lihat video berikut untuk memudahkan Anda dalam melakukan flashing Redmi Note 3 (credit video: MiFans Jogja) :

Sekian panduan cara flash Xiaomi Redmi Note 3 yang dapat saya bagikan. Jika Anda mengalami kesulitan pada saat flashing, silahkan tulis pertanyaan pada kolom komentar di bawah ini.

Baca Juga :

.......

Comments
Loading...