Ulasan lengkap seputar dunia Smartphone

Cara Flash Xiaomi Redmi Note 4 (NIKEL) + Solusi Flashing

5/5(2)

cara flash Xiaomi Redmi Note 4Sebelumnya saya sudah menulis panduan flashing Redmi Note 3, kali ini saya akan menjelaskan tentang cara flash Xiaomi Redmi Note 4. Tapi, dari beberapa informasi yang saya dapat dari berbagai sumber, cust.img pada ROM Redmi Note 4 ini harus diganti agar proses flashing sukses.

Anda juga dapat melakukan flashing Nikel via mode fastboot seperti umumnya apabila bootloader tidak terkunci. Metode ini juga bisa digunakan untuk memperbaiki perangkat Redmi Note 4 Bootloop maupun hardbrick.

Jika pada komputer Anda sudah terinstall driver USB Mediatek, Anda bisa skip bahan-bahan yang perlu di unduh (kecuali untuk ROM), dan silahkan lanjutkan ke langkah-langklah flashing Redmi Note 4 (Nikel). Tetapi, semua file dan tools  yang di gunakan (terutama untuk cust.img, Anda wajib mendownload-nya dari sini) akan tetap saya sediakan di bawah ini :

Ektrak semua file yang sudah di download di root drive komputer Anda (misalnya di direktori C:\). Kemudian baca panduan cara flash Xiaomi Redmi Note 4 di bawah ini.

PENTING! : Silahkan backup terlebih dahulu semua file yang Anda simpan pada perangkat.

Baca Juga :

Cara Flash Xiaomi Redmi Note 4 MTK

Silahkan baca dan pahami dulu setiap tahapan flashing berikut, setelah Anda mengerti baru lakukan flashing.

  1. Pertama-tama, matikan dulu perangkat. Namun, pastikan daya baterai masih (telah) terisi lebih dari 50%.
  2. Selanjutnya, copy (salin) file cust.img yang sudah di download tadi ke folder “images” ROM yang sudah di ektrak (timpa/ replace file cust.img yang ada disana).
  3. Buka aplikasi SP Flashtools, jalankan sebagai administrator (klik kanan “Run as administrator”).
  4. Jika aplikasi sudah terbuka, klik pada tab Download. Kemudian pada “Download-Agent” pilih file “MTK_AllInOne_DA.bin” (terdapat pada folder SP Flashtool).
  5. Selanjutnya, klik pada “Scatter-loading File” untuk memasukkan file scatter Redmi Note 4.
  6. Jika file scatter sudah berhasil di muat, pilih opsi “Download only”. Kemudian hilangkan centang pada “Preloader”. Jika Anda ingin data yang terdapat pada Nikel aman, Anda bisa menghilangkan centang pada “userdata”. Untuk memulai proses flashing, silahkan tekan tombol “Download”.
  7. Sekarang tekan dan tahan tombol volume down dan hubungkan perangkat ke komputer Anda menggunakan kabel USB. Jika sudah terdeteksi (muncul bar warna merah pada SP Flashtool), lepaskan tombol.
  8. Tunggu proses flashing berjalan. Jika sudah muncul notifikasi Download OK (lingkaran hijau), tandanya proses flashing telah selesai dan berhasil dijalankan.
  9. Lepaskan kabel USB, kemudian nyalakan ponsel.
  10. Selesai!.

Lihat video di bawah ini untuk memudahkan Anda dalam melakukan flashing Redmi Note 4 (credit video: Magelang Flasher) :

NOTE! : ROM versi China hanya support bahasa China dan Inggris saja, serta tidak tersedia aplikasi dan fitur Google. Untuk menginstall app Google pada Xiaomi, silahkan baca caranya DISINI.

Masalah yang sering terjadi pada saat flash Xiaomi Redmi Note 4

T = Tanya
J = Jawab

T: Status SEC IMG TOO LARGE error.
J: Silahkan ganti cust.img ROM

T: STATUS DOWNLOAD EXCEPTION error.
J: Pindahkan kabel data ke port USB lain dan ganti cust.img-nya.

T: Tidak melakukan flashing saat perangkat di hubungkan ke komputer (muncul indikator charging).
J: Pastikan driver telah terinstall dengan benar dan periksa juga kabel data yang digunakan (usahakan memakai kabel original).

T: Perangkat tidak merespon setelah selesai flashing.
J: Coba tahan kombinasi tombol (vol -, vol + & power) selama 20 detik.

T: Flashing sukses namun Redmi Note 4 tetap bootloop.
J: Silahkan putuskan arus baterai perangkat, biarkan selama kurang lebih 10-20 menit. Kemudian flash ulang perangkat.

Nah, begitulah cara flash Xiaomi Redmi 4 (Nikel) menggunakan SP flashtool. jika Anda mengalami kendala maupun kesulitan pada saat flashing, Silahkan hubungi kami pada kolom komentar atau melalui halaman Contact.

.......

Comments
Loading...