Ulasan lengkap seputar dunia Smartphone

Cara Factory Reset/ Hard Reset ASUS Semua Tipe

5/5(2)

Ponselgue.comCara Factory Reset/ Hard Reset ASUS Semua Tipe. Asus merupakan salah satu produsen smartphone yang cukup di segani di dunia. Sama seperti Lenovo, Asus terlebih dahulu fokus pada produksi dan penjualan PC dan Laptop. Asus akhirnya melebarkan sayap seiring dengan tingginya minat pasar terhadap smartphone. Di Indonesia sendiri, pengguna ponsel maupun tablet Asus cukup banyak, karena produk Asus di banderol cukup murah namun dengan spesifikasi yang mumpuni.

Hal yang tidak bisa di hindari adalah terjadinya masalah pada smartphone, baik itu pada hardware maupun software. Yang sering terjadi adalah pada sistem Android, seperti aplikasi force closed, ponsel self reboot, brick, hang, atau bahkan bootloop (stuck di logo awal).

Untuk mengatasi kerusakan hardware, tentu Anda harus memperbaiki atau bahkan menggantinya di service center atau tukang servis yang terpercaya. Tetapi, untuk masalah software yang saya sebutkan diatas, Anda bisa mencoba untuk memperbaiki sendiri sebagai penanganan awal. Salah satu caranya adalah dengan melakukan factory reset atau hard reset Asus.

Cara Hard Reset Asus Semua tipeJika ponsel masih bisa digunakan, silahkan lakukan pengaturan ulang melalui factory reset. Namun, jika perangkat tidak bisa masuk menu, entah itu karena lupa kunci pola atau jika mengalami bootloop, maka harus di lakukan hard reset melalui Recovery Mode.

Untuk itu, pada artikel ini saya akan memberikan panduan sederhana mengenai cara factory reset / hard reset Asus semua tipe. Simak cara selengkapnya di bawah ini.

NOTE!! : Backup data-data penting yang Anda simpan pada smartphone, atau pindahkan ke Micro SD. Karena segala pengaturan dan penyimpanan internal akan di format dan dikembalikan seperti saat pertama kali dari pabrik.

Cara Factory Reset Asus

Untuk melakukan factory reset, silahkan Anda ikuti langkah – langkahnya berikut ini.

  1. Pertama, masuk ke menu “Setelan” ponsel Asus Anda.
  2. Kemudian, scrool ke bawah lalu tap pada menu “Buat Cadangan dan Setel Ulang”.
  3. Selanjutnya pilih menu “Kembalikan ke Setelan Pabrik”.
  4. Hapus centang pada “Hapus Kartu SD” agar Micro SD tidak ikut terformat.
  5. Kemudian tap pada tombol “Setel Ulang Telepon”.
  6. Selanjutnya, masukkan 4 digit kode pada kotak yang di sediakan.Jika sudah, maka akan muncul tombol Hapus Semua, silahkan tekan untuk mereset perangkat.
  7. Tunggu hingga proses selesai dan berhasil, dan ponsel Asus Anda siap digunakan.
  8. Selesai!

Factory reset AsusUntuk me-reset tablet, ikuti langkah berikut:

  1. Masuk ke Menu Setting.
  2. Selanjutnya silahkan pilih menu “Backup & reset“.
  3. Pilih “Factory Data Reset”.
  4. Sentuh tombol “Reset tablet”.
  5. Tunggu hingga selesai.

Factory reset bisa di lakukan untuk ASUS Fonepad, ASUS Fonepad HD 7, ASUS MeMO Pad, ASUS MeMO Pad 10, ASUS MeMO Pad 8, ASUS MeMO Pad FHD 10, ASUS MeMO Pad FHD 10 LTE, ASUS MeMO Pad HD 7, ASUS MeMO Pad HD7 Dual SIM, ASUS MeMO Pad Smart 10, ASUS Transformer Pad Infinity TF700KL, ASUS Transformer Pad Infinity TF700T, ASUS Transformer Pad TF300T, ASUS Transformer Pad TF300TG, ASUS Transformer Pad TF300TL, Eee Pad MeMO 171, Eee Pad Slider SL101, Eee Pad Transformer Prime TF201, Eee Pad Transformer TF101, Eee Pad Transformer TF101G, Eee Pad Transformer TF101-WIMAX.

Cara Hard Reset Asus

Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu baterai terisi cukup sebelum melakukan hard reset, agar tidak terjadi kegagalan proses reset karena perangkat kehabisan daya. Silahkan baca dan ikuti cara melakukan hard reset Asus :

  1. Matikan perangkat Asus terlebih dahulu. Jika Anda menggunakan Asus dengan baterai removable, silahkan lepas baterai selama beberapa saat kemudian pasang kembali.
  2. Selanjutnya, masuk ke Mode Recovery Asus. Caranya, tekan dan tahan tombol “Power + Volume Up” secara bersamaan selama beberapa detik hingga Anda masuk ke menu recovery, kemudian lepaskan tombol.
  3. Untuk melakukan Hard Reset ASUS, pilih menu “Wipe Data/ Factory Reset”.Cara Hard reset Asus
  4. Lakukan konfirmasi dengan memilih “Yes – Delete All User Data”. (Gunakan tombol Power untuk konfirmasi pilihan dan tombol Volume untuk Navigasi naik turun).Cara Hard reset Asus
  5. Tunggu sampai proses Hard Reset/ Wipe Data selesai.Cara Hard reset Asus
  6. Terakhir, pilih “Reboot system now”perangkat dan isi start up untuk mengatur bahasa, wilayah dan pengaturan dasar lainnya hingga Anda masuk ke Home Screen.
  7. Selesai!

Nah, demikianlah panduan mengenai Cara Factory Reset / Hard Reset ASUS semua tipe. Silahkan kunjungi terus Ponselgue.com untuk artikel menarik lainnya.

Semoga bermanfaat.

.......

Comments
Loading...