Cara Hard Reset OPPO A37

Ponselgue.com – Oppo A37 adalah salah satu smartphone kelas menengah keluaran pabrikan asal China yang cukup laris dipasaran. Namun ternyata, banyak pengguna yang belum tahu bagaimana  melakukan factory/ hard reset. Nah pada artikel kali ini, saya akan memberikan panduan tentang cara melakukan factory/ Hard Reset OPPO A37.

Ada beberapa keadaan yang menyebabkan kita harus melakukan hard reset. Diantaranya adalah jika ada pengguna yang lupa sandi/PIN sehingga perangkat terkunci atau perangkat mengalami bootloop. Atau jika pengguna ingin menjual ponsel Oppo A37, maka harus melakukan reset untuk menghapus  data-data yang tersimpan di dalam perangkat.

Nah, setelah dilakukan hard reset ini perangkat akan kembali ke pengaturan awal pabrik, sehingga performa ponsel terasa baru .

CARA HARD RESET OPPO A37

Warning!! Semua data yang tersimpan di dalam perangkat (aplikasi, foto, pesan,kontak dll) akan terhapus setelah selesai reset. Pastikan sebelum melakukan reset Anda telah membackup terlebih dahulu data-data Anda.

Cara reset Oppo A37

Terdapat 2 cara untuk melakukan reset Oppo A37. Yang pertama adalah lewat menu setting/ setelan. Cara ini bisa dipakai jika perangkat masih bisa digunakan dan dapat mengakses menu setelan.

Cara yang kedua adalah dengan masuk ke recovery mode Oppo atau ColorOS Recovery. Cara kedua ini di gunakan jika perangkat dalam keadaan terkunci atau bootloop. Untuk mengakses ColorOS recovery, kita harus menekan tombol kombinasi secara bersamaan.

Usahakan baterai telah terisi cukup (30%> lebih baik) untuk menghindari terjadinya kegagalan proses reset karena perangkat kehabisan daya.  Nah, untuk lebih jelasnya, silahkan baca caranya di bawah ini.

Factory reset Oppo A37

  1. Pertama, silahkan masuk ke menu “Setelan” OPPO A37 Anda.
  2. Selanjutnya, scrool ke bawah dan tap pada menu “Setelan Tambahan”. Setelah itu silahkan pilih menu “Buat Cadangan dan Reset”.
  3. Terdapat dua opsi untuk melakukan reset. Pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Pilihan pertama adalah“Hapus Semua Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat Dibongkar”, jika Anda memilih opsi ini hanya aplikasi dan pengaturan yang akan terhapus, sementara untuk dokumen, foto, music dll tidak akan hilang.
  4. Opsi kedua adalah “Hapus Semua Konten dan Pengaturan”, untuk opsi ini semua pengaturan dan konten yang tersimpan didalam perangkat akan terhapus.
  5. Tunggu hingga proses selesai dan berhasil, dan Oppo A37 siap digunakan.
  6. Selesai.

Hard reset Oppo

 

Hard Reset Oppo A37 via ColorOS Recovery

  1. Silahkan matikan perangkat Oppo A37.
  2. Selanjutnya masuk ke Recovery Mode (ColorOS Mode). Caranya, tekan tombol Volume Down + Power secara bersamaan, tahan sampai ponsel bergetar dan muncul logo Oppo di layar kemudian lepaskan.
  3. Silahkan pilih bahasa yang akan digunakan di recovery mode. Dalam hal ini silahkan pilih English.ColorOS Recovery 1
  4. Pilih Wipe data untuk melakukan reset, konfirmasi pilihan dengan menekan tombol power.ColorOS Recovery 2
  5. Jika proses wiping telah selesai, maka Anda akan kembali ke menu ColorOs Recovery, pilih Reboot.
  6. Jika perangkat selesai melakukan booting, akan muncul start up starndart untuk mengatur bahasa dan wilayah.
  7. Sekarang, Oppo A37 sudah bisa digunakan kembali.

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat video berikut ini (video credit: iNdroid Capture) :

Pada beberapa kasus Oppo A37 yang mengalami bootloop, setelah dilakukan hard reset namun perangkat masih tetap bootloop, maka Anda bisa mengatasinya dengan flashing. Silahkan baca artikel berikut ini “Cara Flashing Oppo A37 Bootloop”.

Nah, begitulah cara melakukan factory / hard reset Oppo A37. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar cara melakukan reset Oppo A37, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom yang kami sediakan di bawah ini.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Komentar

Memuat komentar...