Ulasan lengkap seputar dunia Smartphone

Hard Reset Oppo A39 via ColorOS Recovery

5/5(1)

Ponselgue.com – OPPO A39 merupakan salah satu ponsel Android kelas menengah dengan spesifikasi yang cukup mumpuni. Ponsel ini menggunakan RAM berkapasitas 2 GB dengan Processor Quad-Core 1.2 Ghz sehingga performa bisa diandalkan untuk multitasking. Nah, artikel ini saya tidak membahas tentang lebih jauh spesifikasi Oppo A39, namun akan memberikan panduan Cara melakukan Hard Reset OPPO A39.

Jika Anda adalah pengguna Android, pada saat ingin melakukan Reset pada perangkat Android Anda bisa melalui menu pengaturan Android. Tetapi dalam beberapa kasus hanya bisa melalui Recovery mode.

Ada beberapa keadaan yang menyebabkan kita harus melakukan hard reset. Diantaranya adalah jika ada pengguna yang lupa sandi/PIN sehingga perangkat terkunci atau perangkat mengalami bootloop. Atau jika pengguna ingin menjual ponsel Oppo A39, maka harus melakukan reset untuk menghapus  data-data yang tersimpan di dalam perangkat.

CARA HARD RESET OPPO A39Cara Reset Oppo A39

Pastikan baterai telah terisi cukup (30%> lebih baik) untuk menghindari terjadinya kegagalan proses reset karena perangkat kehabisan daya.  Nah, untuk lebih jelasnya, silahkan baca cara-cara reset Oppo A39 di bawah ini.

Factory Reset Oppo A39 via Setelan / Setting

Penting : Pastikan Anda sudah membackup data yang tersimpan di dalam perangkat. Karena setelah selesai melakukan factory reset semua data yang ada di ponsel Android Anda akan terhapus.

Untuk melakukan factory reset, silahkan Anda ikuti langkah – langkahnya berikut ini.

  1. Pertama, silahkan masuk ke menu “Setelan” OPPO A39 Anda.
  2. Selanjutnya, scrool ke bawah dan tap pada menu “Setelan Tambahan”. Setelah itu silahkan pilih menu “Buat Cadangan dan Reset”.
  3. Terdapat dua opsi untuk melakukan reset. Pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Pilihan pertama adalah“Hapus Semua Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat Dibongkar”, jika Anda memilih opsi ini hanya aplikasi dan pengaturan yang akan terhapus, sementara untuk dokumen, foto, music dll tidak akan hilang.
  4. Opsi kedua adalah “Hapus Semua Konten dan Pengaturan”, untuk opsi ini semua pengaturan dan konten yang tersimpan didalam perangkat akan terhapus.
  5. Tunggu hingga proses selesai dan berhasil, dan Oppo A39 siap digunakan.

Hard reset Oppo

Hard Reset Oppo A39 via ColorOS Recovery

Jika perangkat dalam keadaan terkunci (lupa pola/PIN) atau mengalami bootloop, kita bisa melakukan reset melalui recovery mode (ColorOS Recovery). Nah, untuk mengakses ColorOS recovery, kita harus menekan tombol kombinasi secara bersamaan. Selengkapnya, simak caranya berikut ini :

  1. Silahkan matikan perangkat Oppo A39.
  2. Selanjutnya masuk ke Recovery Mode (ColorOS Mode). Caranya, tekan tombol Volume Down + Power secara bersamaan, tahan sampai ponsel bergetar dan muncul logo Oppo di layar kemudian lepaskan.HARD RESET OPPO A39
  3. Silahkan pilih bahasa yang akan digunakan di recovery mode. Dalam hal ini silahkan pilih English.ColorOS Recovery 1
  4. Pilih Wipe data untuk melakukan reset, konfirmasi pilihan dengan menekan tombol power.ColorOS Recovery 2
  5. Jika proses wiping telah selesai, maka Anda akan kembali ke menu ColorOs Recovery, pilih Reboot.
  6. Jika perangkat selesai melakukan booting, akan muncul start up standart untuk mengatur bahasa dan wilayah.
  7. Sekarang, Oppo A39 sudah bisa digunakan kembali.

Silahkan lihat video berikut ini agar Anda lebih jelas (video credit: BacBa Channel ) :

Menurut Anda, manakah metode yang lebih baik? Jika ingin melakukan rooting pada Oppo A39 Anda, silahkan baca caranya pada artikel berikut “Cara Root Oppo A39”.

Nah, begitulah cara melakukan factory / hard reset Oppo A39. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar reset Oppo A39, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom yang kami sediakan di bawah ini.

Semoga bermanfaat.

 

.......

Comments
Loading...