Cara Factory Reset / Hard Reset Oppo A71

37.460

Ponselgue.com | Cara Factory Reset / Hard Reset OPPO A71. OPPO A71 merupakan salah satu andalah terbaru Oppo di kelas menengah. Perangkat ini akan mengisi celah pasar antara Oppo A37 dan Oppo A57. Oppo A71 sendiri menawarkan performa yang lebih cepat dengan kombinasi 3 GB RAM, prosesor Octa Core dan sistem operasi Android 7.1 Nougat dengan antarmuka ColorOS 3.1 yang membawa banyak fitur baru. Salah satunya adalah OPPO share, yang mana digunakan pertukaran data antar perangkat tanpa membutuhkan koneksi data, di klaim 100 kali lebih cepat dibandingkan pertukaran melalui Bluetooth.

Pada artikel ini saya tidak ingin mereview spesifikasi OPPO A71, namun membagikan tutorial Cara Factory Reset / Hard Reset OPPO A71.

Baca juga :

Ada 2 metode umum untuk melakukan Reset Pada Semua Perangkat Android, yaitu bisa melalui menu Kembalikan ke Pengaturan Pabrik di Pengaturan Android, dan yang kedua adalah dengan wipe data melalui Mode Recovery.cara hard reset oppo a71

Ada beberapa keadaan yang membuat kita harus melakukan reset, seperti saat kita ingin menjual ponsel kita untuk di tukarkan dengan yang baru, untuk menghapus data kita yang tersimpan di dalam perangkat satu-persatu mungkin agak lama, maka kita bisa menghapusnya sekaligus dengan cara reset ke pengaturan awal. Begitu juga sebaliknya, saat kita membeli ponsel bekas, untuk menghapus data pengguna sebelumnya yaitu dengan cara wipe data atau hard reset.

Untuk itu, simak cara factory reset / hard reset Oppo A71 berikut ini.

NOTE : Ada beberapa kasus lupa password / pola Oppo, pada saat ingin melakukan Wipe Data melalui ColorOs Recovery akan tetap di minta memasukkan pola/PIN.

Baca juga :

Cara Reset Oppo A71

Ada 2 metode yang akan saya bahas satu per satu untuk melakukan reset pada Oppo A71. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Cara Factory Reset OPPO A71 via Setelan/Pengaturan

Factory Reset ini jauh lebih aman dan mudah dilakukan karena terdapat beberapa Opsi reset sehingga semua data penting seperti foto dan musik bisa anda amankan. Cara ini bisa lakukan jika Anda merasa perangkat ‘sedikit’ terasa lemot atau untuk sekedar mengembalikan pengaturan awal. Untuk melakukan factory reset, silahkan Anda ikuti langkah – langkahnya berikut ini.

  1. Pertama, silahkan masuk ke menu “Setelan” OPPO A71 Anda.
  2. Selanjutnya, scrool ke bawah dan tap pada menu “Setelan Tambahan”. Setelah itu silahkan pilih menu “Buat Cadangan dan Reset”.
  3. Terdapat dua opsi untuk melakukan reset. Pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Pilihan pertama adalah“Hapus Semua Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat Dibongkar”, jika Anda memilih opsi ini hanya aplikasi dan pengaturan yang akan terhapus, sementara untuk dokumen, foto, music dll tidak akan hilang.
  4. Opsi kedua adalah “Hapus Semua Konten dan Pengaturan”, untuk opsi ini semua pengaturan dan konten yang tersimpan didalam perangkat akan terhapus.
  5. Tunggu hingga proses selesai dan berhasil, dan Oppo A71 siap digunakan.
  6. Selesai.

Hard reset Oppo

Baca juga :

Cara Hard Reset Oppo A71 via ColorOS Recovery

Untuk hard reset, kita bisa melakukannya melalui recovery mode (ColorOS Recovery). Hal ini biasanya dilakukan jika terjadi masalah pada pada ponsel Oppo, misalnya muncul pesan error, sering self reboot, performa terasa berat, atau kadang beberapa kasus bootloop bisa di atasi dengan hard reset.

Menariknya, beberapa kasus lupa pola / password bisa di atasi dengan cara ini (pada beberapa kasus ini berhasil). Nah, untuk mengakses ColorOS recovery, kita harus menekan tombol kombinasi secara bersamaan. Selengkapnya, simak caranya dibawah ini :

  1. Silahkan matikan perangkat Oppo A71.
  2. Selanjutnya masuk ke Recovery Mode (ColorOS Mode). Caranya, tekan tombol Volume Down + Power secara bersamaan, tahan sampai ponsel bergetar dan muncul logo Oppo di layar kemudian lepaskan.CARA HARD RESET OPPO A57
  3. Silahkan pilih bahasa yang akan digunakan di recovery mode. Dalam hal ini silahkan pilih English.ColorOS Recovery 1
  4. Pilih Wipe data untuk melakukan reset, konfirmasi pilihan dengan menekan tombol power.ColorOS Recovery 2
  5. Jika proses wiping telah selesai, maka Anda akan kembali ke menu ColorOs Recovery, pilih Reboot.
  6. Jika perangkat selesai melakukan booting, akan muncul start up standart untuk mengatur bahasa dan wilayah.
  7. Sekarang, Oppo A71 sudah bisa digunakan kembali.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak video berikut (Credit : N Tech Academy):

Bagaimana? mudah bukan? Anda hanya tinggal memilih menggunakan metode yang mana sesuai dengan kondisi perangkat Anda.

Nah, demikianlah cara melakukan factory reset / hard reset Oppo A71 yang dapat Anda lakukan pada perangkat Anda. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar reset Oppo A71, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar di bawah ini. Anda juga bisa menghubungi melalui halaman Contact.

Semoga bermanfaat!!

Baca artikel menarik lainnya :

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More