Ulasan lengkap seputar dunia Smartphone

Cara Factory/Hard Reset Samsung Galaxy A5

5/5(1)

Ponselgue.com – Saat kita menggunakan sebuah smartphone Android dalam waktu tertentu biasanya terjadi beberapa kesalahan ataupun masalah seperti perangkat yang sering tiba-tiba restart sendiri, lemot, terkunci (lupa pola/ PIN), maupun yang mengalami bootloop. Melakukan factory / hard reset pada perangkat Android dapat kita coba gunakan untuk mengatasinya. Nah, pada artikel kali ini saya ingin menjelaskan tentang cara factory / hard reset Samsung Galaxy A5.

Hard Reset Samsung Galaxy A5Pada umumnya para pengguna smartphone Android saat ingin melakukan Reset pada perangkat Android melalui menu “Setting/Setelan”. Tetapi dalam beberapa kasus tertentu hanya bisa reset melalui Recovery mode.

Perlu diketahui, jika Anda melakukan factory / hard reset Samsung galaxy A5, semua Data, Aplikasi, pesan, kontak, photo, Music, Video dll tersimpan di Memori Internal akan terhapus. Setelah selesai melakukan reset, pengaturan dan performa perangkat akan kembali seperti baru.

Cara reset Samsung Galaxy A5

Penting :  Jika ponsel masih bisa digunakan, silahkan back up data Anda terlebih dahulu sebelum melakukan reset.

Pastikan sebelum melakukan reset baterai telah terisi cukup (30%> lebih baik), hal ini untuk menghindari gagalnya proses reset karena perangkat kehabisan daya.

Factory Reset Samsung Galaxy A5

Jika perangkat tidak terkunci atau masih dapat di akses, untuk melakukan factory reset silahkan ikuti tahapan berikut ini :

  1. Pertama, silahkan masuk ke menu Setting, masuk ke General, pilih menu Backup and reset, setelah itu pilih menu Factory Data Reset, kemudian tap Reset Device.
  2. Kemudian akan muncul konfirmasi, silahkan pilih hapus semua.
  3. Perangkat akan melakukan reset ke pengaturan default pabrik , tunggu selama beberapa menit.
  4. Jika proses reset sudah selesai, maka Samsung Galaxy A5 akan kembali ke setelan awal atau sama seperti baru kembali menggunakannya.

 

Reset Samsung Galaxy AHard Reset Samsung Galaxy A5

Langkah ini dilakukan jika perangkat terkunci (lupa pola, PIN, Password), atau jika perangkat mengalami bootloop. Baca dan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukan hard reset Samsung Galaxy A5 :

  1. Matikan Samsung Galaxy A5, kemudian diamkan selama beberapa saat.
  2. Selanjutnya, masuk ke recovery mode. Caranya, tekan Tombol Volume Up + Home + Tombol Power secara bersamaan dan tahan selama beberapa detik atau hingga muncul logo SAMSUNG, kemudian lepaskan semua tombol secara bersamaan. Untuk menavigasi menu di recovery mode, Anda bisa menggunakan volume Up/ Down tombol gulir ke atas dan ke bawah dan untuk mengkonfirmasi pilihan Anda bisa menggunakan tombol power.Cara Hard Reset Samsung Galaxy A3
  3. Selanjutnya arahkan highlight ke menu wipe data/factory reset, selanjutnya tekan tombol power untuk melakukan konfirmasi.
  4. Setelah itu, akan muncul peringatan Confirm wipe all user data? Arahkan highlight kebawah sampai ke pilihan yes – delete all user data, dan untuk melakukan konfirmasi silahkan tekan tombol power. Tunggu proses reset selesai.
  5. Jika proses sudah selesai, Anda akan kembali ke menu utama recovery mode. Pilih reboot system now dan tunggu beberapa saat Samsung Galaxy A5 akan melakukan booting.recovery mode
  6. Setelah perangkat selesai booting, maka akan muncul panduan start up standar mengatur bahasa, wilayah, dan Wi-Fi.
  7. Proses reset telah selesai dan Anda berhasil mengembalikan Samsung Galxy A5 ke pengaturan pabrik.

Jika Anda sedikit merasa bingung dengan langkah-langkah diatas, silahkan lihat video berikut ini (credit: GSM ABC) :

DOWNLOAD FIRMWARE SAMSUNG INDONESIA OFFICIAL

SPESIFIKASI SMARTPHONE SAMSUNG LENGKAP

Jika ada kesulitan pada saat melakukan reset Samsung Galaxy A5, silahkan tinggalkan komentar pada kolom yang tersedia di bawah ini. Semoga bermanfaat.

.......

Comments
Loading...