Cara Factory Reset / Hard Reset Xiaomi Mi5 / Mi5c / Mi5s / Mi5s Plus

6.610

Ponselgue.com | Cara Factory / Hard Reset Xiaomi Mi5 / Mi5c / Mi5s / Mi5s Plus – Pasar smartphone di Indonesia saat ini banyak dijejali beragam seri dan model dari vendor Xiaomi. Hal ini dikarenakan mereka selalu memproduksi perangkat baru dengan cukup cepat. Dalam satu seri saja, smartphone Xiaomi mempunyai varian yang berbeda. Misalnya pada Xiaomi Mi5 series. Terdapat beberapa series yaitu Mi5, Mi5c, dan Mi5s. Walaupun sama-sama satu seri Mi5, perangkat ini memiliki sedikit perbedaan.

Perbedaan yang cukup mencolok dari Xiaomi Mi5, Mi5s dan Mi5s adalah pada sisi desain. Ketiganya mempunyai pakem tersendiri. Xiaomi Mi5 mempunyai desain yang terlihat cantik dengan dukungan frame metal yang  dipadukan dengan casing belakang yang dilindungi kaca antigores Corning Gorilla Glass 4 dan terdapat lengkungan pada sisi kanan dan kiri casing belakangnya, sehingga nyaman saat di genggam.

Baca juga :

Sedangkan Xiaomi Mi5s mempunyai design yang hampir sama dengan Mi5, yaitu pada sisi kanan kiri casing belakang menggunakan lengkungan. Namun, perbedaanya justru dari material yang digunakan.

Casing belakang Xiaomi Mi 5S menggunakan bahan metal unibody yang membuatnya terlihat lebih solid dan kuat dari Mi5. Selain itu, layar Xiaomi Mi5s sudah mengadopsi kontur 2.5D yang membuatnya semakin memikat ?

Nah, untuk Xiaomi Mi5c ini mengusung konsep desain yang paling berbeda jika dibandingkan dengan Mi5 dan Mi5s. Hal ini dikarenakan seri Xiaomi Mi5c memang didesain untuk kelas mid-end, bukan untuk flagship seperti Mi5 dan Mi5s. Smartphone Xiaomi Mi5c ini mengusung desain yang sekilas terlihat mirip iPhone dengan casing metal unibody dengan layar dengan kaca berkontur 2.5D pada sisi depan. Hard Reset Xiaomi Mi5, Mi5c, Mi5s, Mi5s PlusTetapi, seiring dengan pemakaian pasti sebuah perangkat Android akan mengalami masalah, baik itu hardware maupun software. Yang sering terjadi adalah muncul pesan error Sayangnya, aplikasi telah berhenti, aplikasi force closed, sering restart sendiri, hank atau bahkan bootloop (gagal booting).

Untuk mengatasi berbagai masalah diatas, pengguna bisa melakukan Factory Reset / Hard Reset melalui Mi-Recovery atau jika bandel bisa dengan flashing . Nah, kali ini saya akan berbagi cara factory reset/ hard reset Xiaomi Mi5 / Mi5c / Mi5s / Mi5s Plus. Simak selengkapnya di bawah ini.

Baca juga :

NOTE!! : Sebelum melakukan reset, usahakan data penting yang tersimpan di dalam perangkat di backup terlebih dahulu, karena setelah proses hard reset selesai, semua data akan terhapus dan hilang.

Cara Hard Reset Xiaomi Mi5 / Mi5c / Mi5s / Mi5s Plus

Cara ini bisa dilakukan jika ponsel masih bisa masuk ke homescreen dan mengakses menu Setelan. Factory reset untuk mengembalikan ponsel Xiaomi ke pengaturan pabrik, hanya beda caranya saja. Simak langkah-langkahnya di bawah ini :

  1. Pertama, buka menu Setelan pada ponsel Xiaomi Mi5 / Mi5c / Mi5s / Mi5s Plus.
  2. Pilih menu Setelan Tambahan.
  3. Selanjutnya pilih submenu Buat Cadangan & Setel Ulang.
  4. Kemudian pilih Kembalikan Ke Setelan Pabrik.
  5. Langkah berikutnya, pilih Setel Ulang Telepon kemudian konfirmasi dengan memilih Hapus.
  6. Tunggu sampai proses Factory Reset Xiaomi selesai 100%. Jika sudah, maka perangkat akan melakukan reboot secara otomatis.
  7. Selesai.

Baca juga :

Hard Reset Xiaomi Mi5, Mi5c, Mi5s, Mi5s Plus

Cara Hard Reset Xiaomi Mi5 / Mi5c / Mi5s / Mi5s Plus

Untuk melakukan hard reset Xiaomi Mi5 / Mi5c / Mi5s / Mi5s Plus, silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

  1. Sebelum melakukan reset, pastikan baterai smartphone dalam posisi full charging atau minimal terisi 50% agar proses Hard Reset bisa lancar
  2. Pertama, matikan terlebih dahulu perangkat Xiaomi Mi5 / Mi5c / Mi5s / Mi5s Plus.
  3. Selanjutnya, masuk ke menu recovery Xiaomi (Mi Recovery). Caranya, tekan dan tahan tombol Power + Volume Up secara bersamaan selama beberapa saat sampai muncul logo MI di layar. Setelah itu Anda akan masuk ke Mi Recovery.
  4. Kemudian akan muncul opsi bahasa, silahkan pilih “Bahasa Inggris”.
  5. Selanjutnya untuk melakukan Hard Reset (Wipe Data), Silahkan Anda pilih Wipe Data/ Factory Reset, Kemudian pilih Wipe All Data lalu konfirmasi pilihan dengan mengetuk YES.
  6. Tunggu proses Hard Reset (Wipe Data) Xiaomi Mi5 / Mi5c / Mi5s / Mi5s Plus. Jika proses sudah berhasil di jalankan, silahkan lakukan Reboot ponsel Xiaomi Anda.
  7. Selesai.

Mudah bukan!!

Dengan metode hard reset ini, masalah seperti Xiaomi Lupa pola, maupun masalah kecil lain dapat teratasi. Namun pada beberapa kasus ponsel Xiaomi yang mengalami Bootloop, hard reset tidak berhasil sehingga harus dilakukan flashing menggunakan ROM yang baru.

Sebelumnya, saya juga pernah menulis tutorial cara flash Xiaomi Mi 5. Berikut ini link-nya :

Cara reset diatas sebenarnya bisa diterapkan untuk perangkat Xiaomi tipe lainnya. Anda hanya tinggal menyesuaikan metodenya saja.

Nah, demikianlah cara factory reset / hard reset Xiaomi Mi5 / Mi5c / Mi5s / Mi5s Plus yang dapat saya bagikan. Jika Anda mempunyai kesulitan, silahkan tulis pertanyaan di kolom komentar yang tersedia dibawah ini.

Semoga bermanfaat..!!

Baca juga :

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More