2 Cara Memperbaiki Oppo Bootloop Paling Cepat

Ponselgue.com | 2 Cara Memperbaiki Oppo Bootloop – Bootloop merupakan salah satu masalah yang sering muncul di smartphone Android, terutama pada perangkat tipe lama.

Bootloop adalah kondisi dimana perangkat tidak dapat masuk ke sistem utama (homescreen). Hal ini dikarenakan kesalahan pada smartphone Android sehingga mengakibatkan perangkat tidak dapat memuat sistem dengan semestinya. Biasanya ditujukan dengan ponsel yang hanya mampu sampai pada logo vendor secara berulang-ulang.Bootloop Android

Ada 2 golongan bootloop, yaitu bootloop ringan yang yang muncul kadang-kadang atau bersifat sementara, dan bootloop berat yang terjadi secara permanen.

Bootloop biasanya terjadi karena adanya kesalahan dari software maupun hardware, yang tentunya membutuhkan penanganan yang berbeda. Jika Anda merupakan pengguna smartphone Oppo, Anda bisa melakukan perbaikan dengan beberapa cara di bawah ini.

Baca juga :

Cara Memperbaiki OPPO Bootloop Ringan via Recovery

Untuk memperbaiki Oppo bootloop ringan, Anda bisa memanfaatkan mode recovery. Nantinya Anda bisa melakukan hard reset HP Oppo untuk mengembalikan semua preferensi sistem operasi ke kondisi awal.

  1. Pada kondisi perangkat mati,
  2. Pertama-tama, matikan terlebih dahulu perangkat Oppo Anda.
  3. Selanjutnya, masuk menu Oppo ColorOS Recovery. Caranya, tekan tombol “Power + Volume Down” secara bersamaan selama beberapa saat hingga muncul menu Recovery Mode OPPO.CARA HARD RESET OPPO A57
  4. Nantinya muncul pilihan bahasa pilih opsi English.ColorOS Recovery 1
  5. Selanjutnya pilih opsi Wipe Data and Cache untuk mereset ulang perangkat Anda, kemudian lakukan konfirmasi dengan memilih “YES”. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai.ColorOS Recovery 2
  6. Setelah selesa, nantinya pilih opsi Reboot to system untuk memulai ulang perangkat.
  7. Selesai!
NOTE : Metode ini akan menghapus seluruh data dan pengaturan yang tersimpan di dalam perangkat

Mode recovery sendiri merupakan mode khusus yang berisi konsol atau utilitas pemulihan perangkat Android yang tersedia melalui bootable tersendiri. Melalui mode ini, Anda bisa menggunakan utilitas yang ada untuk memperbaiki permasalahan sistem atau memperbarui sistem, termasuk untuk mengatasi masalah bootloop di perangkat Android.

Stock Recovery Android

Untuk pengguna HP Oppo tipe tertentu, untuk masuk ke Oppo Recovery bisa melalui kombinasi tombol volume bawah dan tombol power secara bersamaan saat akan menyalakan perangkat. Nantinya Anda bisa melakukan navigasi menggunakan tombol volume, dan memilih opsi dengan tombol power.

Selanjutnya untuk melakukan hard reset perangkat Oppo, Anda bisa memilih opsi Wipe Data and Cache. Apabila muncul konfirmasi, silahkan Anda pilih opsi Yes.

Setelah proses wiping selesai, Anda bisa memilih opsi Reboot untuk memuat ulang perangkat. Nantinya Anda tinggal menunggu proses reboot selesai.

Memperbaiki Oppo Bootloop Berat Dengan Flash Ulang

Jika ternyata perangkat Oppo masih mengalami bootloop meskipun selesai melakukan hard reset, metode perbaikan selanjutnya yang bisa dilakukan adalah flashing ulang smartphone. Selain untuk instal ulang sistem, cara ini juga biasanya dilakukan untuk downgrade atau upgrade perangkat.

Ponselgue.com sudah memberikan beberapa tutorial flashing HP Oppo, berikut diantaranya :

Anda juga bisa langsung mengunjungi halaman ini untuk mencari tutorial flashing masing-masing tipe smartphone.

Perlu Anda ingat, bahwa semua data akan hilang setelah melakukan flash ulang. Jika masih memungkinkan, silahkan cadangkan data Anda terlebih dahulu.

Kedua metode diatas hanya berlaku untuk bootloop akibat masalah pada software. Jika bootloop terjadi akibat kesalahan hardware, Anda bisa membawanya ke service center untuk perbaikan lebih lanjut.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More