Ulasan lengkap seputar dunia Smartphone

Cara Root Oppo A30 (Menggunakan PC dan Tanpa PC)

Jika Anda mencari metode untuk rooting perangkat Oppo Anda, ada baiknya Anda mencoba melalui KingoRoot baik versi PC (Windows) maupun versi APK. Anda bisa memilih menggunakan salah satu versi tool rooting ini, karena selain ukurannya ringan, aplikasi ini juga mudah dioperasikan. Nah, di postingan kali ini, saya akan membahas bagaimana cara root Oppo A30.

Bagi yang belum tahu apa itu rooting smartphone Android, silahkan baca terlebih dahulu artikel ini.

Spesifikasi perangkat : Smartphone Oppo A30 di rilis pada bulan Februari 2016. Ponsel ini hadir dengan layar touchscreen 5inci. Di dukung oleh prosesor Qualcomm Snapdragon quad-core MSM8974 2.3GHz dan dilengkapi dengan RAM 3GB serta penyimpanan internal 16GB.

Untuk melihat spesifikasi lengkap Oppo A30, kunjungi halaman ini.CARA ROOT OPPO A30

Persiapan

Sebelum kita memulai proses root Oppo A30, persiapkan hal berikut :

Persiapan perangkat :

  • Aktifkan perangkat Anda
  • Sedikitnya level baterai 50% (lebih banyak lebih baik)
  • Buatlah salinan lengkap data penting, untuk menghindari jika terjadi kehilangan data yang disebabkan oleh keadaan tak terduga.
  • Koneksi internet (Wi-Fi disarankan)
  • Kabel USB (usahakan memakai yang asli)

Sedikit pengetahuan :

  • Rooting memanfaatkan kerentanan sistem atau celah keamanan (bug) dan biasanya akan ditandai “berbahaya” oleh  antivirus. Hal ini mutlak keputusan Anda ingin melanjutkannya atau tidak.
  • Resiko rooting : Ada resiko data hilang selama proses rooting dan juga dapat membatalkan garansi smartphone.
  • Manfaat rooting : Setelah sukses membuka akses root, kita dapat menyesuaikan perangkat seperti kehendak kita, menghemat baterai, memblokir / menghapus iklan, meningkatkan performa, menghapus bloatwares, dll

Nah setelah semua telah siap, simak cara lengkapnya dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara Root Oppo A30 tanpa PC dengan KingoRoot

KingoRoot memiliki dua versi, versi PC dan versi APK. Saya sarankan untuk menggunakan aplikasi KingoRoot di smartphone terlebih dahulu karena menghindari kesulitan dalam menyambungkan perangkat ke komputer.

  1. Pertama-tama, silahkan masuk ke browser Anda. Kemudian masuk ke website official Kingo Root dan download APK disini. Jika pada saat proses download muncul peringatan “Jenis file ini dapat membahayakan perangkat Anda”, silahkan lanjutkan saja dengan memilih OK.
  2. Setelah mendownload APK KingoRoot selesai, instal file apk. Anda mungkin menerima pesan Instalasi di block. masuk ke menu PengaturanKeamanan → kemudian tick centang “Unknown Sources” untuk memungkinkan instalasi aplikasi pihak ketiga.
  3. Setelah instalasi selesai, buka aplikasi “Kingo ROOT” dan klik “One Click Root” untuk memulai rooting.
  4. Pastikan jaringan internet stabil pada saat Anda melakukan rooting dengan KingoRoot. Karena script rooting di simpan di server Kingo. Jika tidak, KingoRoot apk akan gagal untuk rooting Oppo A30.
  5. Tunggu beberapa saat hasilnya akan muncul di layar, Berhasil atau Gagal.

Jika proses rooting gagal, silahkan Anda coba beberapa kali lagi karena ada beberapa script yang terintegrasi dalam software root.Hal Ini dapat meningkatkan tingkat keberhasilan apabila kita mencoba script yang berbeda.

Jika masih gagal, silahkan coba rooting menggunakan PC yang memiliki tingkat keberhasilan lebih tinggi (karena alasan teknis).

Cara Root Oppo A30 dengan KingoRoot (Versi PC)

  1. Download KingoRoot Android (Versi PC) di komputer Anda kemudian install.
  2. Setelah instalasi selesai, silahkan buka aplikasi Kingo Android Root di komputer Anda.
  3. Saat aplikasi Kingo Android Root telah terbuka, Anda akan melihat antarmuka di bawah. Selanjutnya, sambungkan perangkat ke computer menggunakan kabel USB yang sudah di persiapkan tadi.
  4. Jika driver Oppo A30 Anda masih belum terpasang pada komputer Anda, Kingo akan menginstalnya secara otomatis. Namun sebelumnya, pastikan komputer Anda dapat mengkases internet sehingga driver bisa di download.
  5. Aktifkan mode debug perangkat Anda, hal ini untuk memudahkan komputer mengenali perangkat. Pada perangkat Anda akan muncul pemberitahuan, silahkan centang “Selalu izinkan dari komputer ini”. Jika tidak, komputer akan mendeteksi bahwa perangkat Anda offline.
  6. Klik “ROOT” untuk memulai rooting Oppo A30 Anda. Pada saat proses rooting berjalan, perangkat mungkin akan melakukan reboot beberapa kali. Jangan panik, itu sangat normal. Dan begitu proses di mulai, jangan lakukan aktivitas apapun pada perangkat, apalagi memindahkan aatau mencabut perangkat dari komputer.
  7. Tunggu beberapa menit sampai proses rooting selesai.
  8. Setelah proses rooting berhasil, perangkat akan reboot sendiri. Biasanya, akan ada aplikasi “SuperUser” yang terpasang pada perangkat Anda setelah berhasil di-root.

Nah, itulah cara root Oppo A30 menggunakan tools rooting ‘Kingroot’ dengan mudah tanpa harus repot-repot menggunakan PC . Jika Anda mengalami kebingungan atau pertanyaan mengenai cara root Oppo A30, silahkan tinggalkan komentar pada kolom yang kami sediakan di bawah ini sehingga kita berdiskusi dengan pengguna yang lain.

Terimakasih sudah berkunjung ke Ponselgue.com, semoga artikel ini dapat membantu.

.......

Comments
Loading...