Cara Root Samsung Galaxy J2 (SM-J200G) Tested

7.401

Ponselgue.com | Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tutorial mengenai Cara Root Samsung Galaxy J2 (SM-J200G). Pada Tutorial ini akan saya ulas dan jelaskan secara sederhana bagaimana untuk membuka akses super user pada smartphone ini. Sebelumnya, kita bahas dulu sedikit mengenai Samsung J2 J200G ini.

Samsung Galaxy J2 (SM-J200G) ini merupakan smartphone yang menyasar segmen mid-end dengan spesifikasi yang waaaaah, biasa saja hihi (untuk saat ini). Coba Anda bayangkan, ponsel dengan RAM 1Gb di jejali dengan APLIKASI ZAMAN NOW. Pasti lambat dan lemot dalam multitasking.

Dengan harga yang dipatok Samsung J2 ini (sekitar 1,2 jt), kita bisa mendapatkan ponsel Android dengan spesifikasi yang lebih tinggi, misalnya jika di bandingkan dengan harga dan spesifikasi Xiaomi 4A.https://ponselgue.com/wp-content/uploads/2017/11/Cara-Root-Samsung-Galaxy-J2-SM-J200G.jpg

Agar kinerja J2 terasa lebih baik, sebaiknya jangan install aplikasi terlalu banyak, atau opsi lain harus di root. Jika ponsel sudah di root, kita bisa menghapus aplikasi sistem (bloatware) yang jarang kita gunakan. Bloatware ini hanya bisa di hapus dengan akses super user.

Ehh, bagi yang belum tahu root itu apa, silahkan baca ‘Apa Itu Root Android? Inilah Keuntungan dan Resikonya’. Bagi yang sudah paham, kita lanjut ke cara root Samsung Galaxy J2 (SM-J200G) di bawah ini.

Baca juga :

NOTE!! :  Segala resiko yang terjadi setelah mengikuti tips ini diluar tanggung jawab Ponselgue.com.

Cara Root Samsung Galaxy J2 (SM-J200G)

Persiapan Root Samsung Galaxy J2 (SM-J200G)

  • Download Samsung USB Driver terbaru, ekstrak kemudian install.
  • Download Odin sebagai tool flash Samsung. Silahkan download Odin di halaman ini (saya sarankan untuk menggunakan versi terbaru).
  • File TWRP Samsung Galaxy J2 J200G, download disini.
  • File root SuperSU Samsung Galaxy J2 (download disini). Kemudian ekstrak lalu pindahkan file SuperSU ke memori internal smartphone, taruh di luar folder.
  • Aktifkan opsi OEM Unlock di ponsel di Developer Option (Mode Pengembang). Jika Devepoler Option belum muncul, buka menu Setting (Pengaturan), pilih About Phone (Tentang Ponsel) kemudian ‘tap’ 7 kali secara cepat pada Build Number sampai muncul notifikasi bahwa mode pengembang sudah di buka. Lalu kembali ke Pengaturan, maka Developer Option sudah muncul.

Baca : Cara Flash Samsung Menggunakan Odin

Cara Install TWRP Samsung J2 (SM-J200G)

Kita install dulu TWRP pada Samsung J2, setelah custom recovery sudah terpasang, baru kita install SuperSU dari sana. Setelah semuanya sudah siap, silahkan baca dan ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

  1. Matikan Samsung J2 yang akan di install TWRP.
  2. Selanjutnya masuk ke “Download Mode”. Caranya, tekan dan tahan tombol Home, tombol Power dan tombol Volume Down secara bersama-sama sampai muncul tanda warning.
  3. Tekan tombol Volume Up untuk melanjutkan masuk ke Download Mode.
  4. Sekarang sambungkan perangkat ke komputer menggunakan kabel USB.
  5. Masuk ke folder Odin, klik kanan “Run as administrator” pada Odin.exe untuk membuka aplikasi.
  6. Jika driver terinstall dengan benar, Odin akan mengenali perangkat yang telah dihubungkan tadi. Indikasinya ID : COM tertulis nomor PORT dan berganti warna menjadi biru.
  7. Kemudian masukkan file TWRP yang sudah di download tadi. Caranya klik menu “PDA” jika Anda menggunakan Odin v3.09, atau klik menu “AP” jika menggunakan Odin versi terbaru.
  8. Jika file TWRP selesai dimuat, klik tombol “Start” untuk memulai proses pemasangan TWRP Samsung J2. Tunggu hingga proses selesai.
  9. Jika proses sudah selesai, muncul notifikasi “PASS!”atau “RESET” yang menandakan proses flash TWRP telah berhasil.
  10. Smartphone Samsung akan reboot secara otomatis.
  11. Proses instalasi TWRP Samsung J2 sudah selesai.

Rooting Samsung J2 (SM-J200G)

  1. Reboot ke Custom Recovery Mode dengan menekan Volume Up + Home + Power.
  2. Selanjutnya pilih Install.
  3. Cari file Zip yang tadi sudah dipindah ke memori internal dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  4. Reboot perangkat. Jika sudah di Home Screen, akan muncul ikon SuperSU.
  5. Selesai, Samsung J2 SM-J200G sudah berhasil di Root.

Untuk lebih mudahnya, silahkan lihat video berikut (credit video : Tutorial Si Danz) :

Untuk memastikan perangkat berhasil di root atau tidak, download aplikasi Root Checker.

Baca juga :

Demikianlah cara Root Samsung Galaxy J2 (SM-J200G). Jika Anda mempunyai kendala pada saat proses root, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar di bawah ini.

Semoga bermanfaat..!!

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More