Cara Instal TWRP Recovery Dan Root Xiaomi Redmi 4X Santoni

13.124

Ponselgue.com | Cara Instal TWRP Recovery Dan Root Xiaomi Redmi 4X (Santoni) – Sebagai pengguna smartphone, Anda tentu pernah mendengar istilah root Android. Apa sih root itu? Bagi Anda yang belum paham, silahkan baca pada artikel ini “Apa Itu Root Android? Inilah Keuntungan dan Resikonya.

Rooting ini merupakan proses modifikasi sistem operasi Android sehingga pengguna memiliki akses dan kontrol penuh terhadap sistem Android pada perangkat miliknya.

Nah, banyak pembaca Ponselgue yang menanyakan perihal garansi apakah masih berlaku jika perangkat sudah di root. Memang, garansi smartphone akan hangus jika perangkat di rooting, namun hal ini berlaku terhadap beberapa vendor seperti Samsung dan Sony. Sedangkan untuk perangkat Xiaomi, Rooting tidak menghanguskan garansi perangkat. Selama masa garansi masih berlaku, pihak Xiaomi akan menerima klaim garansi.cara root xiaomi redmi 4x santoni

Baca juga :

Jika smartphone Anda sudah di root, Anda akan mendapatakan akses “superuser” yang mana akun administrator tersebut membuat pengguna tersebut dapat melakukan hal yang tidak bisa dilakukan user biasa seperti menghapus bloatware, uninstall aplikasi sistem, memasang Xposed Framework, dan lain sebagainya.

Bagi yang mempunyai kemampuan tweaking terhadap sistem Android, bisa mengedit atau bahkan menambahkan banyak fitur lain. Maka dari itu banyak developer yang membuat custom ROM dan membuat tampilan smartphone menjadi lebih wah, atau kernel yang sudah di modifikasi sehingga membuat kinerja ponsel menjadi lebih maksimal.

Namun, tindakan rooting ini juga mengandung resiko. Jika Anda salah dalam penggunaan atau modifikasi sistem dengan akses root, hal ini tentunya dapat mengakibatkan masalah pada sistem. Dan yang pasti, tweaking yang berlebihan dapat menurunkan kinerja perangkat.

NOTE : Cara ini berlaku bagi perangkat yang  sudah unlock bootloader. Cek status bootloader Anda, atau Anda dapat unlock bootloader Anda dengan mengikuti panduan ini “Panduan Cara Unlock Bootloader Xiaomi Semua Tipe“.

Baca Juga :

Cara Instal TWRP Recovery Dan Root Xiaomi Redmi 4X (Santoni)

xiaomi redmi 4xSalah satu cara root Xiaomi Redmi 4X adalah dengan meng-update SuperSU. Bagaimana cara kerjanya?

Di dalam paket ZIP (Update-Supersu.zip) yang telah dikembangkan oleh Chainfire, terdapat semua file yang dibutuhkan untuk rooting device Xiaomi. Ada file binarisu, busybox, su maupun aplikasi untuk interface superuser yaitu Superuser.apk. Terdapat juga juga scripts seperti sh untuk dijalankan menggunakan recovery. Kemudian Anda tinggal mengcopy file ZIP tadi ke system dan xbin perangkat Xiaomi Anda.

Nah, File tersebut hanya dapat Anda install melalui custom recovery seperti TWRP. Jadi Anda wajib menginstall TWRP Recovery Redmi 4X terlebih dahulu.

tutorial cara install twrp xiaomi

Persiapan

Sebelum menginstal TWRP dan rooting Redmi 4X Anda, silahkan Download bahan yang di butuhkan di bawah ini :

  • PC/laptop yang menggunakan OS Windows.
  • Kabel data / Kabel USB Type C (Anda bisa menggunakan kabel bawaan perangkat).
  • Download ADB Installer kemudian install. Ini berguna sebagai fastboot command dan masuk fastboot mode secara otomatis.
  • Dowload Xiaomi USB Driver kemudian install pada PC Anda.
  • Download file “TWRP Xiaomi Redmi 4x”. Setelah mendownload, kemudian rename file img menjadi twrp.img (untuk memudahkan). Kemudian pindahkan file ke directory c:/adb.
  • Download SuperSU v2.82 by Chainfire. Kemudian pindahkan file ZIP tersebut ke SDcard Anda.

Pastikan perangkat Redmi 4x sudah Unlock Bootloader. Atau jika Anda mengalami stuck saat unlock bootloader Redmi 4X, silahkan baca artikel ini “2 Cara Mengatasi Unlock Bootloader Xiaomi Stuck 50%“.

Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock. Caranya, kita harus mengaktifkan Developer Option terlebih dahulu. Caranya, masuk ke menu settings, pilih about phone, lalu tekan miui version sampai muncul warning bahwa Anda sudah dalam mode pengembang atau developers mode. Sekarang kita bisa mengaktifkan USB debugging, caranya masuk ke Settings, masuk ke menu Additional Setting, pilih Developers Options lalu aktifkan USB debugging dan OEM Unlock.

Setelah itu, kita masuk ke cara install TWRP Xiaomi Redmi 4x di bawah ini.

Cara Memasang TWRP Redmi 4x

Usahakan daya baterai Redmi 4X dalam kondisi full atau terisi cukup (>50%).

  1. Matikan perangkat Xiaomi, setelah itu masuk ke mode fastboot dengan menekan tombol volume (-) dan power secara bersamaan.fastboot mode
  2. Jika device kita sudah masuk kedalam mode fastboot, sambungkan perangkat menggunakan kabel data yang sudah di persiapkan. Kemudian, di folder twrp.img tadi tahan tombol shift dan klik kanan, pilih open command window here.
  3. Setelah muncul cmd windows, lakukan cek perangkat kita dengan cara mengetikan perintah :
    fastboot devices

  4. Selanjutnya, untuk menginstall TWRP ketik perintah:
    fastboot flash recovery twrp.img

  5. Selesai!

Nah, sampai disini perangkat Anda sudah berhasil mengganti recovery default dengan TWRP Custom Recovery.

Baca juga :

Cara Root Xiaomi Redmi 4X Santoni

  1. Masuk ke TWRP Recovery dengan cara tekan dan tahan tombol Volume Up + Tombol Power sampai muncul logo Mi, kemudian lepaskan.
  2. Jika perangkat tidak masuk ke Custom Recovery, sambil di fastboot ketik perintah :
    adb reboot recovery
  3. Jika Anda sudah berhasil masuk ke TWRP Recovery, pilih menu Install;
  4. Kemudian pilih UPDATE-SuperSU.zip;
  5. Selanjutnya Swipe to confirm Flash, tunggu hingga proses selesai;
  6. Setelah selesai, pilih Reboot to System;
  7. Selesai

(credit : Mardika Tutorial)

Untuk lebih meyakinkan Anda, install aplikasi Root Checker di Playstore untuk melihat status root perangkat.

Nah, demikianlah cara install TWRP dan root Xiaomi Redmi 4x (Santoni). Jika Ada pertanyaan seputar artikel ini, silahkan tulis di kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat!

Baca juga :

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More