3 Cara Unroot Android Semua Tipe Dengan Mudah

Ponselgue.com | Cara Unroot Android Semua Tipe Dengan Mudah – Pengguna Android tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah Root. Rooting Android merupakan proses modifikasi sistem operasi Android sehingga pengguna memiliki akses dan kontrol penuh terhadap sistem Android.

Jika perangkat Android sudah di root, pengguna bisa melakukan banyak hal yang tidak bisa dilakukan user biasa. Misalnya menghapus aplikasi sistem, memblokir iklan, melakukan tweak dan lain sebagainya.

Namun, ada kalanya pengguna ingin menghapus akses root atau yang disebut dengan unroot. Ada beberapa alasan kenapa pengguna Android ingin meng-unroot perangkatnya, berikut alasannya :

  • Ingin mengembalikan perangkat ke pengaturan pabrik.
  • Perangkat mengalami error karena root.
  • Ada aplikasi yang tidak dapat digunakan karena root.
  • Ingin melakukan update OS (update tidak dapat dilakukan jika perangkat dalam kondisi root).
  • Ingin menjual dan berganti perangkat.
  • Serta alasan lainnya

Sebenarnya ada beberapa cara unroot Android yang dapat Anda lakukan. Berikut ulasan dari Ponselgue.

cara unroot Android

Cara Unroot Android Semua Tipe

1. Unroot Perangkat Android Menggunakan Aplikasi SuperSU

Untuk unroot Android semua tipe menggunakan aplikasi SuperSU cukup mudah. Anda hanya perlu mendownload aplikasi SuperSU terlebih dahulu di Google Play Store yang tersedia gratis.

Setelah SuperSU selesai diinstall, buka aplikasinya kemudian masuk ke menu “Settings”. Selanjuntya gscrool layar ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Full Unroot”. Ketuk pada opsi tersebut.cara unroot android menggunakan supersu

Tunggu beberapa saat hingga aplikasi SuperSU selesai meng-unroot perangkat Android Anda. Anda bisa mengeceknya menggunakan aplikasi Root Checker untuk mengetahui apakah masih dalam kondisi root atau sudah berhasil di unroot.

Jika proses unroot berhasil, biasanya perangkat akan restart dengan sendirinya.

2. Unroot Android menggunakan aplikasi KingRoot

Pertama, pastikan Anda sudah menginstall aplikasi kingroot di hp Anda (baca disini).

Selanjuntnya masuk ke menu Setting → Uninstall KingRoot. Nantinya akan muncul cendela pop up  bertuliskan “Remove Root Permission”, ketuk pada tombol “Clear”.cara unroot smartphone android menggunakan kingroot

Tunggu sampai proses unroot selesai. Jangan panik jika perangkat Anda tiba-tiba restart sendiri, karena itu adalah salah satu proses root.

3. Unroot Smartphone Android Dengan Cara Install Ulang

Cara yang terakhir ini bisa Anda lakukan jika langkah-langkah diatas tidak bisa bisa meng unroot perangkat Android Anda. Dengan menginstall ulang OS, semua pengaturan dan data pengaturan awal pabrik.

Untuk install ulang sendiri sebenarnya caranya tidak susah-susah amat, namun tetap beresiko. Untuk tutorial flashing, Anda bisa mengunjungi halaman ini. Beberapa vendor usah menyediakn selalu menyediakan software khusus untuk melakukan hal tersebut.

Walaupun cukup ribet, tapi unroot menggunakan cara ini memiliki tingkat keberhasilan yang sangat tinggi. Karenanya wajib Anda coba juga jika ketiga cara diatas tidak berhasil.

INah, itulah tadi cara unroot Android semua merk mulai dari Xiaomi, Lenovo, Sonny, Oppo, Samsung, LG, Asus, dan merk lainnya.

Jika Anda mempunyai pertanyaan atau hal-hal yang kurang jelas, Anda bisa menyampaikannya di kolom komentaratau langsung ke forum Ponselgue.

Comments
Loading...