Cara Instal TWRP Recovery Dan Root Redmi Note 7 (Levender)

Ponselgue | Cara Instal TWRP Dan Root Redmi Note 7 – Redmi Note 7 resmi diluncurkan di Indonesia pada Maret 2019 lalu. Kehadirannya membuat persaingan smartphone di kelas menengah semakin panas. Pemilik kamera 48 MP dibanderol dengan termurah di Indonesia.

Redmi Note 7 dibekali dengan spesifikasi yang tergolong handal seperti Chipset Snapdragon 660 buatan Qualcomm, dukungan RAM 3GB / 4GB serta GPU Adreno 512 untuk menghandle antarmuka MIUI 10 berbasis Android 9.0 (Pie). Smartphone ini memiliki layar berukuran 6.3 inci dengan resolusi 1080 x 2340 piksel.

Harga dan spesifikasi fenomenal ini sebagai debut sub-brand Redmi di pasar. Meskipun pada kenyataannya, Redmi Note 7 masih terlihat sangat Xiaomi. Hal ini terlihat dari boksnya masih ada embel-embel Xiaomi dan juga tampilan antarmukanya sangat mirip Xiaomi.

Cara Root Redmi Note 7

Nah, agar tidak terlalu kelihatan Xiaomi, Anda bisa menggunakan custom ROM keren untuk menggantikan MIUI. Beberapa custom ROM terkenal seperti LineageOS, cRdroid, Ressurection Remix bisa Anda instal untuk memberikan pengalaman berbeda.

Untuk bisa menginstall custom ROM di Redmi Note 7, sebelumnya Anda harus memasang custom recovery TWRP terlebih dahulu.

Keuntungan lain memasang TWRP adalah Anda bisa menginstal berbagai file flashable zip, seperti Magisk untuk akses root, module Xposed untuk tweak dan kustomisasi, serta memudahkan Anda untuk mengatasi masalah-masalah ringan.

Catatan : Cara ini berlaku pada perangkat Redmi 7 yang sudah unlock bootloader. Cek status bootloader terlebih dahulu, kemudian ikuti tutorial “Cara Unlock Bootloader Redmi 7“.

Cara Instal TWRP Redmi Note 7

Cara Pasang TWRP Redmi Note 7

Magisk (Magic Mask) adalah sebuah aplikasi open source yang dikembangkan oleh Topjohnwu. Fungsinya bisa dibilang hampir mirip seperti gabungan antara SuperSU oleh Chainfire dan XPosed Framework.

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui cara root Redmi Note 7 menggunakan Magisk, silahkan ikuti ikuti tutorial di bawah ini.

Persiapan

Download bahan yang diperlukan berikut terlebih dahulu :

  • PC/laptop yang menggunakan OS Windows.
  • Kabel data / Kabel USB bawaan perangkat.
  • Download ADB Installer lalu install. Ini berguna sebagai fastboot command dan masuk fastboot mode secara otomatis.
  • Dowload Xiaomi USB Driver kemudian install pada PC Anda.
  • Download file TWRP Redmi Note 7 di halaman ini. Setelah mendownload, kemudian rename file img menjadi twrp.img (untuk memudahkan). Kemudian pindahkan file ke directory c:/adb.
  • Download Magisk Manager lalu pindahkan file ZIP tersebut ke SDcard Anda.

magisk

Cara Pasang TWRP Redmi Note 7

Pastikan baterai Redmi Note 7 dalam kondisi full charging atau terisi lebih dari 50%.

  1. Matikan perangkat, kemudian masuk ke mode fastboot dengan menekan tombol volume bawah dan power secara bersamaan.fastboot mode
  2. Setelah perangkat sudah masuk kedalam mode fastboot, sambungkan perangkat menggunakan kabel data yang sudah di persiapkan. Kemudian, di folder twrp.img tadi tahan tombol shift dan klik kanan, pilih open command window here.
  3. Nantinya akan muncul cmd windows, kemudian cek perangkat dengan cara mengetikan perintah :
    fastboot devices

  4. Selanjutnya, install TWRP dengan mengetikkan perintah:
    fastboot flash recovery twrp.img

  5. Selesai!

Nah, sampai disini perangkat Anda sudah berhasil memasang TWRP Custom Recovery. Selanjutnya Anda bisa menginstall custom ROM yang bisa didapatkan di forum XDA Developer.

Namun jika Anda hanya ingin melakukan root saja, Anda bisa melanjutkan proses berikut ini mengenai cara root Redmi Note 7 via Magisk. Sebagai catatan, untuk membuka akses root disini Anda hanya bisa menggunakan Magisk karena untuk perangkat Android Oreo ke atas SuperSU sudah tidak bekerja dengan baik.

Berikut langkah-langkah selengkapnya.

Cara Root Redmi Note 7 Magisk

  1. Pertama, masuk ke TWRP Recovery dengan cara tekan dan tahan tombol Volume Up + Tombol Power sampai muncul logo MI, kemudian lepaskan.
  2. Jika perangkat tidak masuk ke Custom Recovery, sambil di fastboot ketik perintah :
    adb reboot recovery
  3. Setelah berhasil masuk ke TWRP Recovery, pilih menu Install.
  4. Kemudian cari dan pilih file Magisk.zip yang sudah Anda salin ke SD Card tadi.
  5. Selanjutnya Swipe to confirm Flash, lalu tunggu hingga proses selesai.
  6. Setelah selesai, pilih Reboot to System;
  7. Selesai.

Kini di perangkat Anda sudah terdapat aplikasi Magisk Manager dan menandakan bahwa proses root Redmi Note 7 berhasil. Untuk lebih meyakinkan lagi, Anda bisa mengunduh aplikasi Root Checker di Google Play Store.

Nah, demikianlah cara instal TWRP dan root Redmi Note 7. Semoga bermanfaat!

 

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More