Cara Instal TWRP Recovery Dan Root Xiaomi MI A1 (Tisson)

Cara Instal TWRP Recovery Dan Root Xiaomi MI A1Ponselgue.com | Cara Instal TWRP Recovery Dan Root Xiaomi MI A1 – Xiaomi Mi A1 merupakan smartphone Android One pertama dari Xiaomi hasil kerjasama dengan Google. Smartphone ini menggunakan sistem operasi Android murni yang bebas dari bloatware Xiaomi yang sudah “sepaket” dengan MIUI-nya.

Nah, bagi yang pengguna Xiaomi Mi A1 yang ingin melakukan kustomisasi lebih lanjut, hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah memasang TWRP Recovery. Selain untuk melakukan instalasi Custom ROM, kernel maupun mods-mods lainnya, TWRP juga memungkinkan Anda untuk melakukan backup/restore systembootuser datacachedalvik cache hingga penyimpanan internal.

Anda juga bisa menginstall Magisk melalui TWRP untuk melakukan rooting. Berikut beberapa kelebihan root menggunakan Magisk :

  • Anda masih akan mendapatkan mendapatkan update OTA tanpa kehilangan akses root setelah proses update selesai. Berbeda dengan SuperSU, Anda kemungkinan tidak akan menerima support update OTA lagi.
  • Magisk sendiri seperti perpaduan antara SuperSU dan XPosed Framework, jadi hanya dengan menggunakan Magisk, Anda seperti menggunakan dua tools sekaligus.
  • Anda bisa Menggunakan SnapchatAndroid Pay tanpa masalah.
  • Bypass SafetyNet.
  • Dan lain sebagainya

magisk

Namun perlu diingat, proses rooting berisiko merusak perangkat. Bagi yang masih kurang paham mengenai rooting, silahkan baca “Apa Itu Root Android? Inilah Keuntungan dan Resikonya.“. Jadi pastikan Anda sudah melakukan riset dan troubleshooting sebelum memulai.

Nah, jika Anda ingin menginstall TWRP dan memasang modul Magisk untuk Root Xiaomi MI A1 aka Tisson, ikuti tutorial dibawah ini.

Baca Juga :

Cara Instal TWRP Recovery Dan Root Xiaomi MI A1

Xiaomi Mi A1

Cara ini berlaku untuk perangkat MI A1 (Tisson) yang sudah unlock bootloader. Cek status bootloader Anda, jika belum UBL, silahkan baca “Panduan Cara Unlock Bootloader Xiaomi MI A1“.

Sekedar informasi, Unlock bootloader, root, pemasangan Custom ROM dapat menghilangkan (void) garansi smartphone Xiaomi Anda. Namun jika Anda kembali melakukan flashing ROM resmi MIUI, maka Anda masih dapat mengklaim garansi (selama masa garansi masih aktif).

Persiapan

Sebelum menginstal TWRP dan rooting Mi A1 (Tisson), silahkan unduh bahan yang diperlukan di bawah ini :

  • PC/laptop yang menggunakan OS Windows.
  • Kabel data / Kabel USB Type C (Anda bisa menggunakan kabel bawaan perangkat).
  • Download ADB Installer kemudian install. Ini berguna sebagai fastboot command dan masuk fastboot mode secara otomatis.
  • Dowload Xiaomi USB Driver kemudian install pada PC Anda.
  • Download file TWRP MI A1 di halaman ini. Setelah mendownload, kemudian rename file img menjadi twrp.img (untuk memudahkan). Kemudian pindahkan file ke directory c:/adb.
  • Download Magisk Manager kemudian pindahkan file ZIP tersebut ke penyimpanan internal.
  • Download no-verity-opt-encrypt-6.0 (untuk mencegah bootloop), salin  ke penyimpanan internal tanpa di ektrak.

Sekali lagi, pastikan MI A1 sudah Unlock Bootloader. Jika pada proses UBL mengalami stuck, lakukan hal berikut untuk mengatasinya “2 Cara Mengatasi Unlock Bootloader Xiaomi Stuck 50%“.

Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock. Caranya, aktifkan Developer Option terlebih dahulu. Caranya, masuk ke menu settings, pilih about phone, lalu tekan MIUI version sampai muncul warning bahwa Anda sudah dalam mode pengembang atau developers mode.

Sekarang Anda bisa mengaktifkan USB debugging dengan masuk ke Settings, pilih Additional Setting, pilih Developers Options lalu aktifkan USB debugging dan OEM Unlock.

Selanjutnya, Anda sudah siap untuk menginstall TWRP Xiaomi MI A1, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Memasang TWRP Xiaomi MI A1

  1. Matikan perangkat Xiaomi, setelah itu masuk ke mode fastboot dengan menekan tombol volume (-) dan power secara bersamaan.fastboot mode
  2. Jika device kita sudah masuk kedalam mode fastboot, sambungkan perangkat menggunakan kabel data yang sudah di persiapkan. Kemudian, di folder twrp.img tadi tahan tombol shift dan klik kanan, pilih open command window here.
  3. Setelah muncul cmd windows, lakukan cek perangkat kita dengan cara mengetikan perintah :
    fastboot devices

  4. Selanjutnya, untuk menginstall TWRP ketik perintah:
    fastboot flash recovery twrp.img

  5. Selesai!

Nah, sampai disini perangkat Anda sudah berhasil mengganti recovery default dengan TWRP Custom Recovery.

WAJIB DILAKUKAN!!

Setelah selesai menginstall TWRP, silahkan masuk ke TWRP recovery kemudian pilih install. Selanjutnya pilih file noverity.zip yang sudah disalin ke penyimpanan internal tadi.twrp noverityApa fungsinya menginstall no verity?

Pada perangkat tertentu, ROM MIUI mencegah masuk ke Homescreen dengan verifikasi boot jika ada modifikasi system. Fungsi noverity disini adalah untuk menghilangkan verifikasi supaya tidak bootloop.

Baca juga :

Cara Root Xiaomi MI A1 Tisson

  1. Masuk ke TWRP Recovery dengan cara tekan dan tahan tombol Volume Up + Tombol Power sampai muncul logo Mi, kemudian lepaskan.
  2. Jika perangkat tidak masuk ke Custom Recovery, sambil di fastboot ketik perintah :
    adb reboot recovery
  3. Jika Anda sudah masuk ke TWRP Recovery, pilih menu Install;
  4. Kemudian cari dan pilih file Magisk.zip yang tadi sudah disalin ke internal storage.
  5. Selanjutnya Swipe to confirm Flash, tunggu hingga proses selesai;
  6. Setelah selesai, pilih Reboot System;
  7. Selesai.

Untuk benar-benar meyakinkan Anda, silahkan install aplikasi Root Checker di Playstore untuk melihat status root di perangkat Anda.

Nah, demikianlah cara cara install TWRP dan root Xiaomi MI A1 Tisson. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar artikel ini, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

Baca juga :

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More