Ulasan lengkap seputar dunia Smartphone

Panduan Cara Unlock Bootloader Xiaomi Semua Tipe

5/5(2)

Cara Unlock Bootloader Xiaomi – Xiaomi kini menjelma menjadi salah satu vendor smartphone yang perangkat produksinya banyak di cari masyarakat. Alasannya adalah karena Xiaomi menawarkan perangkat yang berspesifikasi mewah dengan harga yang relative murah. Selain itu, bagi para pengguna yang hobi memodifikasi dan mengoprek sistem, Xiaomi mempunyai forum yang banyak sekali di dukung oleh pengguna aktif dan merupakan salah satu forum terbesar di dunia (khususnya di bidang smartphone).

Untuk meningkatkan keamanan dan mengurangi peluang pembuatan perangkat Xiaomi palsu, pada pertengahan tahun 2016, semua Xiaomi menggunakan sistem lock bootloader untuk semua ROM Official yang dirilisnya ke publik.

Nah, dengan ROM yang terkunci bootloadernya tersebut, untuk melakukan modifikasi (tweaking) Anda harus melakukan izin unlock bootloader terlebih dahulu.

Beberapa tipe smartphone Xiaomi yang dikunci bootloadernya adalah :

  • Mi 5
  • Redmi 3 , 3 pro, 3s, 3x ,3s prime
  • Redmi 4, 4A, 4X, 4 Prime
  • Redmi Note 3, Note 3 Pro,Kenzo
  • Redmi Note 4, Note 4x
  • dll.

Lalu, apakah sebenarnya Bootloader itu?

Bootloader merupakan sebuah kode yang harus di eksekusi sebelum sistem operasi (OS) mulai berjalan, yang berfungsi untuk mengarahkan kernel OS melakukan booting secara normal.

Xiaomi sendiri akan memberikan tanggung jawab penuh untuk perangkat yang terkunci bootloader-nya (seperti memberikan update). Namun, jika perangkat Xiaomi sudah di Unlock Bootloadernya, maka layanan seperti update MIUI maupun jaminan keamanan akan di cabut.

Jika Anda merupakan pengguna Xiaomi yang hanya untuk penggunaan standar (telvon, social media, mesagging) dan fitur-fitur standart yang telah disediakan, maka Anda tidak perlu melakukan Unlock-Bootloader.

Namun, jika Anda gemar mengotak-atik dan memodifikasi sistem agar dapat memaksimalkan performa smartphone Xiaomi, silahkan unlock perangkat Anda. Nah, dengan perangkat yang sudah terbuka locked bootloader-nya, Anda dapat nge-root, menginstall Custom ROM, pasang Xposed dll.

Terlebih dahulu kita harus memeriksa status perangkat kita, apakah masih locked bootloader-nya, atau sudah unlock. Silahkan baca caranya pada artikel ini “Cara Cek Status Bootloader Xiaomi”.

Salah satu cara paling mudah unlock bootloader Xiaomi Anda adalah dengan melakukan registrasi di en.miui.com lalu menunggu persetujuan. Untuk itu, simak cara Unlock Bootloader Xiaomi selengkapnya di bawah ini.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi

Xiaomi telah menyediakan tools khusus untuk memudahkan pengguna dalam meng-unlock Bootloader smartphone-nya yaitu Mi Unlock Tools. Pada prosesnya, tools ini membutuhkan Mi Account supaya proses unlock tidak dilakukan pihak-pihak yang tidak berkepentingan.

Langkah-langkah Unlock Bootloader

Berikut ini tahapan yang harus di lakukan :

  1. Anda harus mempunyai Mi Account. Anda bisa registrasi melalui web atau pada perangkat Xiaomi Anda menggunakan nomor handphone atau email. Saya lebih menyarankan menggunakan Nomor Handphone. Caranya, masuk ke menu Setting-Mi Account, pilih Create an account kemudian isi form yang tersedia hingga proses pembuatan Mi Account selesai.
  2. Langkah selanjutnya adalah request unlock bootloader. Caranya, kunjungi link request unlock bootloader Xiaomi, silahkan pilih Unlock Now. (Sebaiknya proses ini menggunakan PC/laptop, walaupun sebenarnya bisa juga via smartphone).cara unlock bootloader xiaomi 2
  3. Begitu masuk halaman yang dituju, silahkan login menggunakan Mi Account yang sudah di buat tadi.cara unlock bootloader xiaomi 3
  4. Selanjutnya kembali ke halaman http://en.miui.com/unlock/, kemudian klik Unlock Now. Kemudian isikan Nama, No Handphone dan alasan kenapa Anda ingin unlock bootloader. Gunakan alasan lebay agar cepat mendapatkan persetujuan seperti device mengalami bootloop atau hardbrick.
  5. Jika form sudah diisi lengkap, centang I Confirm kemudian klik Apply Now. Tunggu hingga Anda menerima SMS verifikasi.
  6. Masukkan kode verifikasi yang Anda terima, kemudian klik Next. Permintaan Anda akan di review terlebih dahulu.
  7. Jika Anda sudah menerima SMS perberitahuan bahwa smartphone Xiaomi Anda sudah bisa di Unlock, silahkan login lagi menggunakan Mi Account yang sama ke halaman ini.
  8. Download Mi Unlock Tools di sini, Jangan lupa untuk mengaktifkan Developer Mode dan USB Debugging.cara unlock bootloader xiaomi 9
  9. Sekarang jalankan MiFlashUnlock.exe, kemudian login dengan Mi Account yang sama pada aplikasi Mi Unlock, klik sign ini.
  10. Matikan perangkat kemudian masuk ke fastboot mode dengan menekan tombol Power+Vol Down secara bersamaan hingga muncul logo Fastboot, kemudian lepaskan. Selanjutnya, sambungkan smartphone Anda ke komputer menggunakan USB.
  11. Tunggu hingga ada notifikasi Phone Connected pada aplikasi Mi Unlock Tools. Jika sudah terhubung, klik Unlock untuk membuka locked bootloader perangkat Anda.
  12. Jika proses selesai, maka akan muncul status Unlock Succesfully. Berikutnya klik Reboot Phone.
  13. Selesai!

Jika Anda ingin melakukan root pada smartphone Xiaomi Anda, baca caranya pada artikel berikut ini “Cara Root Smartphone Xiaomi”.

Demikianlah cara unlock bootloader Xiaomi yang bisa saya bagikan. Jika Ada pertanyaan silahkan tulis dikolom komentar. Selamat mencoba!

.......

Comments
Loading...