2 Cara Masuk Download Mode Xiaomi Mi 6X (EDL 9008)

3.223

Ponselgue – Setiap kerusakan pada smartphone tentunya memiliki penanganan tersendiri untuk memperbaikinya, termasuk pada perangkat buatan Xiaomi.

Bicara mengenai servis perangkat Xiaomi, tentu tidak asing lagi dengan EDL 9008. Mode ini biasanya sering dijumpai saat perangkat mengalami masalah seperti mati total, terkunci MI Account, terkunci akun Google (FRP), atau masalah yang cukup serius lainnya.

Cara Masuk Download Mode Xiaomi Mi 6X (EDL 9008)

Sayangnya proses masuk mode edl tidak semudah dulu. Jika dulu bisa menggunakan kabel EDL sehingga tidak perlu repot-repot membongkar casing untuk melakukan testpoint, kini Xiaomi mengunci bootloader perangkat-perangkat terbarunya.

Kondisi perangkat yang masih locked bootloader akan akan mempersulit pengguna yang akan melakukan modifikasi sistem. Dalam hal ini, contohnya saat ingin melakukan proses flashing Xiaomi, pengguna harus masuk ke download mode atau EDL 9008.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara masuk download mode Xiaomi Mi 6X Wayne EDL 9008. Berikut selengkapnya.


Baca juga : Penyebab dan Cara Mengatasi HP Xiaomi di Charge Tidak Mengisi

Cara Masuk Download Mode Xiaomi Mi 6X

Sebelumnya cek status bootloader perangkat Anda, jika memang belum UBL, silahkan Unlock Booloader perangkat Xiaomi Anda terlebih dahulu.

Untuk masuk Download Mode Xiaomi Mi 6X ada dua cara. Yang pertama yaitu melalui fastboot, sedangkan cara kedua yaitu dengan test point.

Tool dan bahan

  1. PC / Laptop dengan OS Windows 7 ke atas.
  2. Kabel USB original / bawaan.
  3. Unduh Driver HS-USB QD Loader (EDL : Emergency Download Mode)(Windows 32 bit atau Windows 64 bit). Kemudian instal driver pada komputer Anda.
  4. Install Minimal ADB and Fastboot, berguna sebagai fastboot command.
  5. MiFlashTools versi 20170425. MiFlash ini sudah include dengan driver untuk Windows 32/64 bit, jadi Anda tidak perlu install driver lain lagi. Jika pada saat instalasi muncul peringatan Windows Security,” Windows can’t verify —-“ , lanjutkan dengan memilih “Install this driver software anyway”.
  6. Pinset dan mika untuk membongkar casing belakang Xaiomi Mi 6x dan untuk melakukan test point.

Jika sudah, ikuti langkah-langkah masuk EDL Mode 9008 Mi 6X di bawah ini.


Baca juga : Cara Cek HP Xiaomi Bekas Supaya Tidak Salah Beli

1. Masuk EDL 9008 via Fastboot (jika sudah UBL)

  1. Pertama, jalankan aplikasi MiFlash Tool.
  2. Selanjutnya masuk ke Fastboot Mode dengan cara tekan tombol Volume Bawah+Power secara bersamaan hingga muncul logo fastboot.
  3. Setelah itu sambungkan perangkat ke ke PC menggunakan kabel USB.
  4. Klik refresh pada MiFlash. Jika perangkat terdeteksi, nantinya akan muncul kode device dengan kombinasi angka “HEX” 0-9 dan huruf A-F pada device.
  5. Buka Jendela ADB. Jika Anda menggunakan MiFlash, masuk ke sini C:\Program Files (x86)\Xiaomi\MiPhone\Google\Android, atau Anda bisa juga membuka folder adb Installer. Tahan tombol shift dan klik kanan, kemudian pilih open command window here.
  6. Ketikkan perintah ‘fastboot devices’ untuk memastikan perangkat terkoneksi dalam mode fastboot.
  7. Kemudian ketik perintah ‘fastboot oem edl’ kemudian tekan enter, nantinya perangkat akan blank hitam dan masuk ke download mode 9008.

2. Melalui test point (belum UBL)

Nah, jika Mi 6X belum unlock bootloader, maka Anda harus membuka casing belakang untuk melakukan test point.

test point xiaomi mi 6x
sumber : https://en.miui.com/thread-3052407-1-1.html

Caranya, buka casing belakang dengan hati-hati, buka dari bagian bawah terlebih dahulu. Selanjutnya sambungkan dua titik yang untuk test point menggunakan pinset, peniti atau kabel tembaga untuk melakukan short contact sambil menyambungkan perangkat ke PC/laptop.


Baca juga : Cara Memperbaiki Touchscreen HP Xiaomi Yang Kurang Sensitif

Nah, demikianlah cara masuk download mode Xiaomi Mi 6X. Anda bisa memilih antara 2 metode diatas untuk masuk edl mode 9008 tergantung kondisi perangkat.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More