Sayangnya Aplikasi telah berhenti

2.691

Jika saat ini Anda sedang mengalami error pada Smartphone Android Anda, seperti: “Sayangnya aplikasi telah berhenti” maka pada artikel kali ini kami akan membantu Anda untuk memperbaikinya dan memberikan tips agar Anda dapat menghindari error tersebut.

Sayangnya aplikasi telah berhenti
Gambar Sayangnya aplikasi telah berhenti

Penyebab utama Sayangnya aplikasi telah berhenti

• Memory atau RAM penuh.

Hal ini tentunya sering di alami oleh pengguna memory / RAM yang rendah, jika memory / RAM Anda termasuk rendah, berarti bisa di asumsikan bahwa penyebab error pada Smartphone Android Anda adalah karena hal ini.

(Catatan: Memory di bawah 4GB bisa di kategorikan rendah dan RAM di bawah 1GB juga di kategorikan rendah)


• Terdapat file yang corrupt / rusak pada aplikasi.

Perlu Anda ketahui bahwasannya sebuah aplikasi itu terbentuk dari file-file dan folder-folder yang dapat Anda lihat melalui aplikasi seperti File Manager pada Smartphone Android Anda. Jadi tidak menutup kemungkinan jika terdapat file atau folder yang rusak atau bahkan hilang karena terhapus atau sejenisnya.


• Aplikasi tidak compatible / tidak cocok dengan versi Android Anda.

Tidak semua aplikasi dapat di pasang dan berjalan lancar pada beberapa versi Android. Terkadang beberapa aplikasi membutuhkan minimal persyaratan OS yang dapat di pasangi aplikasi tersebut.

Contohnya: BBM Versi yang terbaru tidak dapat di pasang / di install pada OS Android Jelly Bean atau LINE versi terbaru tidak dapat di pasang / di install pada OS Ice Cream Sandwich dll.


Solusi Sayangnya aplikasi telah berhenti

• Restart / Matikan lalu hidupkan Smartphone Anda.

Solusi yang termudah adalah coba lakukan restart / matikan lalu hidupkan ulang Smartphone Android Anda, jika cara ini masih tidak dapat memecahkan permasalahan Anda, maka silahkan coba cara yang kedua.


• Bersihkan data pada aplikasi yang bermasalah.

Anda dapat membersihkan data aplikasi secara manual dan juga secara otomatis (untuk saat ini saya lebih menyarankan Anda menggunakan metode otomatis, yaitu menggunakan aplikasi SD Maid yang dapat Anda unduh secara langsung melalui Playstore.

Untuk cara manualnya, Anda dapat menghapus data aplikasi dengan cara:

Klik Pengaturan > Aplikasi yang bermasalah > Clear data. Contoh:

PERHATIAN! data pada aplikasi Anda akan hilang jika mempergunakan metode ini, jika Anda menginginkan data Anda tetap aman, silahkan melakukan backup terlebih dahulu atau melakukan pembersihan otomatis melalui aplikasi saja (SD Maid).


• Update aplikasi / Install ulang aplikasi.

Jika cara di atas masih tidak dapat menyelesaikan permasalahan Anda, maka coba Anda lakukan Install ulang pada aplikasi yang bermasalah.

Caranya cukup mudah, hapus aplikasi Anda lalu Download ulang di Playstore.

PERHATIAN! data pada aplikasi Anda akan hilang jika mempergunakan metode ini, jika Anda menginginkan data Anda tetap aman, silahkan melakukan backup terlebih dahulu atau melakukan pembersihan otomatis melalui aplikasi saja (SD Maid).


Tips Sayangnya aplikasi telah berhenti

• Downgrade aplikasi ke versi lebih rendah.

Jika permasalahan Sayangnya aplikasi telah berhenti terjadi karena Anda baru saja menginstall sebuah aplikasi, bisa jadi permasalahan yang Anda alami itu di karenakan aplikasi yang tidak compatible seperti yang sudah Saya jelaskan di atas.

Coba Anda downgrade aplikasi yang Anda install, Anda dapat mengunduh / download aplikasi apapun dengan semua versi rilisnya secara lengkap melalui situs Website uptodown.com.


• Bersihkan data Smartphone Anda secara teratur.

Tahukah Anda, bahwa semakin sering Anda mempergunakan sebuah aplikasi (terutama aplikasi sosial media seperti: bbm, facebook, line, whatsapp dll) akan semakin memperberat cache aplikasi tersebut yang menyebabkan semakin besarnya data aplikasi dan membuat memori internal Anda semakin berkurang.

Saran dari PonselGue.com adalah coba bersihkan data aplikasi Anda secara berkala, untuk melakukan ini saran Saya Anda harus menginstall aplikasi SD Maid yang sampai saat ini juga masih Saya pergunakan. Karena jika Anda melakukan pembersihan manual, maka data Anda akan hilang.


5 Pertanyaan Umum yang sering di ajukan:

Ask: Gan hampir semua aplikasi di Smartphone Saya mengalami masalah ini?

Solusi: Backup semua data Anda lalu lakukan Flashing ulang.

Ask: Apa bedanya Sayangnya aplikasi telah berhenti dengan Force Close?

Solusi: Sama saja, aplikasi sama-sama mengalami error dengan indikasi yang sama.

Ask: Smartphone Saya Asus Zenfone, hampir semuanya Force Close?

Solusi: Masalah ini umumnya terjadi setelah Smartphone Asus di upgrade. Jadi solusinya? Downgrade saja Smartphone Anda ke OS sebelumnya yang lebih stabil.

Ask: Aplikasi bawaan Google mengalami error seperti ini?

Solusi: Hapus data / Clear cache / Uninstall update pada aplikasi yang bermasalah.

Ask: Setelah Smartphone di update beberapa aplikasi mengalami error ini?

Solusi: Downgrade saja ke versi OS yang stabil atau upgrade ke versi yang lebih tinggi lagi.


Sumber Rujukan: https://www.google.com

? Catatan: Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat untuk Anda, silahkan bagikan agar dapat bermanfaat juga untuk teman dan kerabat Anda, dan dengan membagikan artikel ini Anda secara tidak langsung telah membantu situs website ini untuk dapat berkembang. Terima kasih.
You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More