Cara Flash Oppo Neo 3 R831K Tanpa PC

12.594

Tutorial kali ini kami akan membahas tentang cara update manual Oppo Neo 3 R831K melalui Recovery Mode. Sebelumnya kami pernah memberikan tutorial flash Oppo Neo 3 R831K via SP Flashtool (silahkan baca  disini). Namun bagi Anda yang ingin cara yang lebih mudah dan tanpa memerlukan penggunaan perangkat komputer, silahkan baca tutorial flash Oppo Neo 3 R831K tanpa PC di artikel ini.

FLASH OPPO NEO 3 R831K TANPA PCBagi yang sudah terbiasa dengan aktifitas flashing, cara ini tergolong sangat praktis dan aman. Bagi pengguna awam, Anda bisa mengikuti tutorial di bawah ini yang kami sampaikan dengan penjelasan yang sederhana sehingga mudah untuk di mengerti. Cara ini bisa Anda lakukan untuk mengatasi berbagai masalah software, seperti bootloop (stuck di logo Android/vendor pada saat perangkat di hidupkan), lemot, sering tiba-tiba restart sendiri, hang (nge-lag), maupun jika terkena virus yang bisa menginstall aplikasi secara otomatis saat tersambung ke internet.

Ada beberapa kali kejadian smartphone Android yang setelah selesai hard reset, ponsel-nya malah stuck di logo alias bootloop, akhirnya saya lakukan update OS melalui recovery mode, dan berhasil normal kembali.
Nah, bagi Anda yang mengalami permasalahan yang sama, silahkan ikuti tutorial cara flash Oppo Neo 3 R831K tanpa PC dibawah ini.

Penting : Flash ulang smartphone merupakan hal yang serius, karena akan memformat seluruh isi penyimpanan internal. Pastikan untuk melakukan backup data-data penting Anda yang tersimpan di dalam perangkat.

Cara Flash Oppo Neo 3 R831K tanpa PC

Sebelum melakukan flash melalui SD Card, pastikan daya baterai telah terisi cukup (>30% lebih baik), untuk menghindari terjadinya kegagalan proses update manual atau saat instalasi di recovery mode yang diakibatkan perangkat kehabisan daya yang malah bisa menyebabkan kerusakan pada perangkat atau bahkan mengalami mati total.

Nah, berikut ini adalah tahapan-tahapan proses flash Oppo Neo 3 R831K tanpa PC :

  1. Download firmware Oppo Neo 3 R831K (553 MB) di penyimpanan Google Drive kami, disini.
  2. Pindahkan firmware (file .zip) yang telah di download tadi ke SD Card (tanpa folder)
  3. Matikan perangkat kemudian diamkan beberapa saat.
  4. Langkah selanjutnya yaitu masuk ke menu recovery, caranya dengan menekan tombol Volume Down (-) + tombol Power secara bersamaan, tahan sampai ponsel bergetar kemudian lepas jika sudah muncul tulisan Recovery Mode di pojok kiri bawah layar Oppo Neo 3.
  5. Setelah masuk ke menu recovery, pilih bahasa yang digunakan (dalam hal ini saya pilih bahasa Inggris).
  6. Terlebih dahulu lakukan wipe data and cache, tunggu sampai proses selesai.
  7. Langkah selanjutnya untuk melakukan pemasangan firmware Oppo Neo 3, pilih menu Install from SD
  8. Kemudian pilh file firmware yang sudah di copy ke SD Card, kemudian lakukan konfirmasi dengan memilih Yes untuk memulai proses instalasi. Tunggu hingga proses selesai.
  9. Jika proses sudah berhasil, akan muncul menu utama, silahkan pilih reboot.
  10. Selanjutnya smartphone akan loading ke menu utama, lalu atur perangkat Anda.
  11. Selamat, proses flashing telah selesai.

Jika semua tahapan diatas di lakukan dengan benar, maka kemungkinan keberhasilan proses instalasi cukup tinggi.

Demikian tutorial singkat mengenai cara flash Oppo Neo 3 R831K tanpa PC yang dapat Anda coba untuk mengatasi permasalahan software Oppo Neo 3, terutama untuk mengatasi Oppo Neo 3 R831K botloop. Jika Anda mempunyai kendala pada saat proses flashing, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang kami sediakan di bawah ini.

Selamat mencoba, semoga sukses 🙂

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More