Ulasan lengkap seputar dunia Smartphone

Panduan Flash Xiaomi Redmi Note 2 dengan SP Flashtool

5/5 (1)

cara flash Xiaomi Redmi Note 2Kali ini saya akan memberikan tutorial cara flash Xiaomi Redmi Note 2. Setelah beberapa waktu lalu saya menulis panduan cara flash Redmi 2 Bootloop. Karena Reno 2 menggunakan chipset Mediatek, ada 2 tools yang dapat digunakan untuk flashing, yaitu MiFlash dan SP Flashtool.

Related Posts

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan flashing terhadap ponsel Xiaomi Anda, silahkan cek terlebih dahulu apakah garansi pembelian masih berlaku. Jika masih, lebih baik Anda bawa ke service untuk melakukan klaim garansi perbaikan. Namun saya yakin Anda malas untuk membawanya ke Service center, karena di samping menghabiskan waktu “biasanya” prosesnya agak lama.

Nah, jika Anda ingin memperbaiki kerusakan software sendiri, Anda bisa membaca tutorial ini. Tetapi, tim Ponselgue.com tidak bertanggungjawab terhadap segala resiko yang terjadi setelah proses flashing selesai.

Baca dan pahami terlebih dahulu setiap tahapannya, baru setelah Anda mengerti silahkan lakukan flashing. Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara flash Xiaomi Redmi Note 2 menggunakan SP Flashtool.

Download bahan-bahan yang di butuhkan untuk flashing Redmi Note 2 di bawah ini :

  • Driver : MTK USB Driver. Download, ektrak kemudian install.
  • Tool : SP Flashtool. Download versi terbaru kemudian ektrak.
  • Firmware : ROM Xiaomi Redmi Note 2. Anda bisa memilih menggunakan tipe ROM China atau Global, versi Stable atau Developer. Kemudian ekstrak.
  • PC/Laptop dan kabel data (usahakan menggunakan kabel bawaan ponsel).

Setelah semua selesai di unduh, kita lanjut ke proses flashing.

Cara flash Xiaomi Redmi Note 2

  1. Matikan ponsel redmi Note 2, tetapi sebelumnya pastikan baterai telah terisi lebih dari 50% untuk melakukan flashing.
  2. Buka SP flashtool, kemudian klik pada scatter-loading untuk memasukkan file scatter yang ada pada folder fimrware Xiaomi Redmi Note 2 yang sudah Anda download tadi.
  3. Setelah file scatter sudah selesai di muat, hilangkan centang pada preloader. Jika kita menghilangkan centang pada preloader, opsi flashing hanya Download only. Jika Anda ingin memilih opsi Fimrware Upgrade atau Format All + Dwonload, pastikan anda mempunyai backup ROM asli.
  4. Selanjutnya, klik pada tombol download (ikon panah hijau) untuk memulai proses flashing.
  5. Sekarang, sambungkan perangkat ke komputer menggunakan kabel USB. Jika perangkat sudah terdeteksi, maka proses flashing akan berjalan secara otomatis. Tunggu hingga proses selesai.
  6. Proses flashing selesai jika sudah muncul notifikasi lingkaran hijau “Download OK”.
  7. Sekarang, lepaskan kabel USB dan coba nyalakan ponsel dengan menekan tombol power.
  8. Booting pertama biasanya agak lama, tunggu hingga muncul start up standart Android.
  9. Selesai!

Untuk memudahkan Anda dalam melakukan flashing Xiaomi Redmi Note 2, silahkan lihat video tutorial berikut ini (credit video: MiFans Jogja ) :

Demikian panduan cara flash Xiaomi Redmi Note 2 menggunakan SP Flashtool. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Komentar
Memuat komentar...