Cara Factory Reset / Hard Reset Samsung Galaxy S5

606

Ponselgue.com – Factory reset / hard reset Samsung Galaxy S5 ini bertujuan mengembalikan semua data dan pengaturan Samsung Galaxy S5 kembali ke pengaturan pabrik atau sama seperti saat kita baru pertama kali menggunakannya.

“Kenapa harus melakukan Factory reset atau hard reset di Samsung Galaxy S5?”

Ada beberapa keadaan yang menyebabkan Anda harus (terpaksa) melakukan factory reset atau hard reset Samsung Galaxy S5. Beberapa hal yang lumrah terjadi diantaranya adalah perangkat terkunci, lupa pola kunci, lupa pin / password, sering mengalami error atau bahkan Samsung Galaxy S5 mengalami bootloop. Atau jika Anda akan menjual perangkat, tentu sebaiknya Anda terlebih dahulu menghapus semua data yang tersimpan di dalam perangkat.hard reset samsung galaxy s5

Penting : Pastikan sebelum Anda melakukan factory reset atau hard reset Samsung Galaxy S5, sebaiknya backup semua data-data penting Anda, baik itu foto atau file-file jenis lain. Karena setelah proses reset Samsung Galaxy S5 selesai, semua data yang tersimpan di dalam perangkat akan terhapus.

Cara Reset Samsung Galaxy S5

Ada dua cara yang bisa Anda gunakan jika ingin melakukan reset Samsung Galaxy S5. Cara pertama yaitu factory reset, hal ini bisa Anda lakukan jika perangkat yang ingin di reset masih dapat di gunakan, dan bisa masuk ke home screen.

Sedangkan untuk cara kedua adalah hard reset, cara ini biasanya dilakukan jika Samsung Galaxy S5 sudah tidak bisa diakses. Entah karena terkunci, lupa pola PIN atau password, atau perangkat mengalami Bootlop sehingga tidak memungkinkan untuk masuk ke home screen Samsung Galaxy S5. Hard reset ini dilakukan dengan cara menekan tombol kombinasi yang tersedia pada perangkat.

Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkah factory reset atau hard reset Samsung Galaxy S5 di bawah ini.

Factory Reset Samsung Galaxy S5

Jika perangkat tidak terkunci atau masih dapat di akses, untuk melakukan factory reset silahkan ikuti tahapan berikut ini :

  1. Pertama-tama, nyalakan SAMSUNG Galaxy S5 dan pastikan daya baterai sudah terisi cukup untuk melakukan Factory reset (30%> lebih baik).
  2. Selanjutnya, silahkan masuk ke menu Setting, pilih menu Backup and reset, setelah itu pilih menu Factory Data Reset, kemudian tap Reset Device.factory reset galaxy s5 (credit:geek squad)
  3. Kemudian akan muncul konfirmasi, silahkan pilih hapus semua.
  4. Perangkat akan melakukan reset ke pengaturan default pabrik , tunggu selama beberapa menit. Jika data yang tersimpan banyak, biasanya waktu yang dibutuhkan sedikit lebih lama.
  5. Jika proses reset sudah selesai, maka Samsung Galaxy S5 akan kembali ke setelan awal atau sama seperti baru kembali menggunakannya.

Hard Reset Samsung Galaxy S5

Langkah ini dilakukan jika perangkat terkunci (lupa pola, PIN, Password), atau jika perangkat mengalami bootloop. Baca dan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukan hard reset Samsung Galaxy S5 :

  1. Matikan Samsung Galaxy S5, kemudian diamkan selama beberapa saat.
  2. Selanjutnya, masuk ke recovery mode. Caranya, tekan Tombol Volume Up + Home + Tombol Power secara bersamaan dan tahan selama beberapa detik atau hingga muncul logo SAMSUNG, kemudian lepaskan semua tombol secara bersamaan. Untuk menavigasi menu di recovery mode, Anda bisa menggunakan volume Up/ Down tombol gulir ke atas dan ke bawah dan untuk mengkonfirmasi pilihan Anda bisa menggunakan tombol power.
  3. Selanjutnya arahkan highlight ke menu wipe data/factory reset, selanjutnya tekan tombol power untuk melakukan konfirmasi.
  4. Setelah itu, akan muncul peringatan Confirm wipe all user data? Arahkan highlight kebawah sampai ke pilihan yes – delete all user data, dan untuk melakukan konfirmasi silahkan tekan tombol power. Tunggu proses reset selesai.
  5. Jika proses sudah selesai, Anda akan kembali ke menu utama recovery mode. Pilih reboot system now dan tunggu beberapa saat Samsung Galaxy S5 akan melakukan booting.recovery mode
  6. Setelah perangkat selesai booting, maka akan muncul panduan start up standar mengatur bahasa, wilayah, dan Wi-Fi.
  7. Proses reset telah selesai dan Anda berhasil mengembalikan Samsung Galxy S5 ke pengaturan pabrik.

Sekarang Samsung Galaxy S5 Anda sudah berada pada kondisi seperti baru pertama kali beli. Jika sebelumnya Samsung Galaxy S5 Anda terkunci ataupun mengalami bootloop, sekarang Anda bisa menggunakannya dengan normal. Tentu cara ini sangat mudah, bahkan bagi pengguna awam sekalipun. Dengan cara ini Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk di bawa ke tempat servis.

Jika ada kesulitan pada saat melakukan reset Samsung Galaxy S5, silahkan tinggalkan komentar pada kolom yang tersedia di bawah ini. Dengan senang hati kami akan menjawab pertanyaan  dan membantu Anda. Semoga bermanfaat.

Video credit : ITJungles

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More