3 Cara Mudah Menambahkan Bahasa Indonesia di Android

5/5 (1)

Ponselgue.com | Cara Menambahkan Bahasa Indonesia di Android – Kini melakukan pembelian di internet semakin mudah, karenanya tak jarang banyak orang membeli smartphone dari luar negeri secara online, terlebih jika smartphone tersebut bukan untuk dipasarkan di Indonesia.

Namun sayangnya beberapa vendor tidak menyediakan opsi bahasa Indonesia di perangkat miliknya. Tentunya hal ini cukup membingungkan bagi sebagian orang, apalagi yang kurang begitu mengerti dengan bahasa yang ada di smartphone.

Lantas, bagaimana cara menambahkan bahasa indonesia di Android yang tidak memiliki opsi tersebut?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuh bisa menggunakan layanan bahasa Indonesia di smartphone Android Anda. Yang paling mudah adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi. Sedangkan cara yang paling ampuh yaitu dengan mengganti atau melakukan flashing ROM yang digunakan di Android tersebut.

Nah, bagi Anda yang mempunyai perangkat Android yang tidak memiliki opsi bahasa Indonesia, silahkan simak ulasan selengkapnya di bawah ini.cara menambahkan bahasa indonesia di android

Baca juga :

Cara menambahkan Bahasa Indonesia di Android dengan aplikasi

Di Google Play Store, tersedia beberapa aplikasi yang mempunyai fungsi untuk mengubah dan menambah bahasa pada perangkat Android. Diantaranyaa adalah aplikasi Morelocale 2 dan Set Locale and Language.

Morelocale 2 (membutuhkan akses root)

Morelocale 2 tidak hanya menyediakan opsi Bahasa Indonesia saja, tetapi juga berbagai bahasa yang dapat diaktifkan dengan mudah. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, perangkat Android Anda harus sudah di root terlebih dahulu.

Jika masih belum di root, silahkan baca artikel “Cara Root Android Tanpa PC Dengan Satu Kali Klik“. Jika sudah, silahkan ikuti langkahnya berikut ini :

  • Pertama, download dan install aplikasi Morelocale 2 di perangkat Anda.
  • Jika sudah berhasil terpasang, jalankan aplikasi tersebut.
  • Selanjutnya pilih opsi bahasa Indonesia.
  • Nantinya, secara otomatis bahasa di perangkat Android Anda berganti menjadi bahasa Indonesia.cara menambahkan bahasa indonesia di android morelocale 2

Set Locale and Language

Aplikasi Set locale and language memungkinkan pengguna untuk mencari dan mengaktifkan bahasa dari berbagai negara secara manual. Sayangnya, pengaturan bahasa dari aplikasi ini sifatnya tidak permanen. Jika smartphone anda telah di reset, Anda harus download kembali aplikasi tersebut.

  • Pertama, download dan install Set Locale and Language yang bisa Anda download secara gratis di Google Play Store.
  • Jika sudah selesai, kemudian buka aplikasi tersebut.
  • Selanjutnya pilih opsi bahasa Indonesia.
  • Selesai.cara menambahkan bahasa indonesia di android set locale and language

Menambahkan Bahasa Indonesia di Android dengan flashing Stock ROM

Cara ini merupakan cara yang paling efektif untuk menambah bahasa Indonesia di Android adalah dengan melakukan flashing firmware Indonesia. Tentu saja langkah ini sedikit membutuhkan ketelitian, karena jika Anda salah Stock ROM, kemungkinan besar perangkat akan mengalami malfungsi atau bahkan bricked.

Sebelumnya, Anda bisa mendownload Stock ROM atau firmware di Ponselgue.com.  Silahkan kunjungi halaman ini.

Cara ini dapat dilakukan di berbagai vendor perangkat Android, seperti Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi maupun yang lainnya. Untuk tutorial cara flashingnya, kami sudah menyediakannya di halaman ini.

Itulah tadi beberapa cara untuk menambahkan Bahasa Indonesia di Android semua merk sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya dengan membawanya ke tempat servis. Anda bisa memilih cara yang menurut Anda paling mudah dan cepat. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar artikel ini, silahkan tinggalkan komentar di kolom yang tersedia. Semoga bermanfaat.

.......

Comments
Loading...