5 Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Overheating

Ponselgue.com | 5 Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Overheating – Seiring dengan penggunaan smartphone, Anda mungkin pernah merasakan perangkat Android Anda terasa panas saat digunakan.

Sebenarnya ini merupakan hal yang wajar karena merupakan efek dari proses kerja perangkat. Apalagi jika Anda menggunakannya untuk aktfitas berat seperti bermain game HD dengan grafis yang tinggi.

Namun, pada beberapa kasus ada beberapa perangkat Android yang bahkan mengalami panas yang berlebihan (overheating).

Untuk mengatasi masalah overheating ini, yang harus Anda cari tahu pertama adalah penyebabnya. Setelah itu, Anda baru bisa mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasinya.

Untuk itu, Anda bisa melakukan 5 hal berikut untuk mencegah dan mengatasi smartphone Android yang overheating.

Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Overheating

1. Instal aplikasi Cooler Master

install aplikasi Cooler Master

Cooler Master merupakan aplikasi yang bisa membantu Anda untuk menurunkan suhu perangkat saat terasa sangat panas.

Pada halaman utama aplikasinya, Anda akan memperoleh informasi suhu smartphone Anda. Di bagian bawahnya terdapat ditampilkan persentase penggunaan ARM dan CPU.

Nah, di bagian paling bawah terdapat tombol “Detect Overheating Apps.” Dengan menekan tombol ini, aplikasi akan memindai smartphone kemudian memberikan informasi mengenai aplikasi apa saja yang menyebabkan perangkat Anda memanas.

Baca juga : 3 Aplikasi Perekam Layar Android Gratis Terbaik

2. Hindari menyimpan perangkat di tempat yang panas

Cara paling mudah untuk mencegah dan mengatasi overheating pada smartphone adalah dengan meletakkannya di tempat yang sejuk.

Meskipun Anda menginstall Cooler Master, hal tersebut tidak ada gunanya  jika Anda tetap menyimpan perangkat di dekat perangkat yang panas atau yang terkena sinar matahari langsung.

Saat membawanya naik motor di siang hari, hindari menyimpan smartphone di saku celana. Sebaiknya smartphone diletakkan di tempat yang lebih sejuk seperti tas maupun yang lainnya.

Baca juga : Tips Mengatasi Sinyal Android Lemah Dan Sering Hilang

3. Gunakan charger asli

charger

Smartphone Android rata-rata menggunakan charger terbilang universal dan dapat dengan mudah ditemukan di mana saja. Namun perlu diperhatikan juga apakah pengisi daya tersebut asli dan juga sesuai dengan voltase yang dibutuhkan.

Penggunaan charger yang tidak sesuai dengan kebutuhan bisa menyebabkan smartphone mengalami overheating saat proses pengisian daya.

Sebaiknya Anda menggunakan charger bawaan yang Anda terima saat membeli smartphone.

Baca juga : Cara Meningkatkan Kualitas Audio Musik di Ponsel Android

4. Update atau uninstall aplikasi

Salah satu penyebab smartphone memanas adalah terdapat aplikasi yang bermasalah. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu meng-update aplikasinya. Biasanya update mempunyai bug fixes untuk mengatasi masalah yang terdapat di aplikasi tersebut yang bisa membuat perangkat mengalami overheating.

Anda juga bisa menginstall aplikasi yang tidak dibutuhkan atau jarang digunakan di smartphone Anda. Selain membuat penyimpanan lebih lega, cara ini juga bisa mencegah smartphone mengalami overheating.

Baca juga : Cara Menghindari Jalan Tol Di Google Maps

5. Dinginkan di dekat kipas angin

Jika laptop bisa didinginkan dengan meletakkan kipas angin di bawahnya, cara yang sama juga bisa digunakan untuk mengatasi smartphone yang panas, yaitu dengan mendekatkannya dengan kipas angin.

Supaya hasilnya lebih cepat dan optimal, sebaiknya matikan smartphone saat menganginkannya.

Perlu diingat, jangan memasukkan perangkat yang overheating kedalam freezer.  Perubahan suhu yang ekstrem akan membuat partikel-partikel di dalam perangkat mengalami kerusakan.

Baca juga : Cara Menghapus Akun Google di Perangkat Lain Jarak Jauh

Nah, itulah tadi lima cara bisa Anda lakukan untuk mengatasi smartphone Android yang overheating. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More