Penyebab Android Sering Restart Sendiri Dan Cara Mengatasinya

5.767

Ada beberapa masalah klasik dan hal ini seringkali ditanyakan oleh teman-teman saya ataupun para pembaca Ponselgue.com. Salah satunya adalah “Kenapa hape Android sering restart sendiri?”

Nah masalah ini memang sebenarnya sangat mudah kita temui, bahkan saya sendiri pernah mengalaminya. Hal ini memang tidak tergantung dengan merk karena memang semua hape Android pasti berpotensi masalah seperti ini.

Berikut ini sedikit penjelasan tentang penyebab smartphone Android sering restart sendiri dan bagaimana cara untuk mengatasinya.

Penyebab Android Sering Restart SendiriApa penyebab Android sering restart sendiri?

Ada berbagai macam hal yang menjadi penyebab smartphone Android yang kita gunakan sering restart sendiri. Nah di bawah ini adalah beberapa faktor utama yang sering penyebabnya, yaitu :

  • Bug/error pada sistem (OS mengalami masalah)
  • Crash aplikasi (bisa terjadi pada aplikasi bawaan vendor maupun aplikasi pihak ketiga)
  • RAM dan CPU yang bekerja terlalu berat (RAM penuh karena multitasking)
  • Terjadi kerusakan pada hardware

Beberapa masalah diatas bisa kita atasi sendiri (akan saya jelaskan di nanti). Ada yang mudah, namun adapula yang membutuhkan tenaga ahli alias tukang servis. Kenapa harus ke tukang servis, kan masalahnya cuma seperti ini? Yah karena memang butuh penanganan khusus untuk penyebab yang berbeda-beda.

Jika Anda mengalami hal yang yang sama pada Android Anda, silahkan ikuti tips-tips di bawah ini untuk mengatasi masalah tersebut. Setidaknya dengan mecoba hal-hal berikut, Anda tidak perlu membawa-nya ke tukang servis, dan uangnya bisa kita gunakan untuk membeli pulsa atau paket data? Yah kan?

Cara mengatasi Android sering restart sendiri

Silahkan Anda lakukan beberapa hal berikut ini, semoga bisa mengatasi masalah yang terjadi pada Android Anda.

  1. Tutup Aplikasi dengan benar

Pastikan untuk menutup aplikasi yang selesai digunakan dengan benar, yaitu dengan memilih menu exit. Jika pada aplikasi yang tidak terdapat menu exit, klik tombol back secara berulang kali sampai aplikasi tertutup. Kemudian singkirkan aplikasi tersebut dari recent apps agar benar-benar tertutup. Cara ini cukup efektif untuk mengurangi baban pada Android agar tidak berjalan dengan berat.

Satu lagi, tombol home buka untuk keluar dari aplikasi. Hal ini bukan untuk menutup aplikasi dan hanya meminimize-nya.

  1. Uninstall aplikasi yang tidak dibutuhkan

Penggunaan RAM dan CPU yang terlalu berat menjadi salah satu penyebab Android sering restart sendiri. Sistem otomatis melakukan restart karena tidak dapat melanjutkan proses. Biasanya terjadi pada saat kita sedang menjalankan aktivitas berat, seperti multitasking, memainkan game HD, streaming video, maupun yang lain.

Hal lain yang dapat berpengaruh adalah banyaknya aplikasi yang berjalan di background. Maka dari itu, silahkan uninstall aplikasi yang tidak begitu diperlukan untuk mengurangi beban Android.

  1. Clear Cache

Penyimpanan internal yang hamper penuh juga dapat berpengaruh terhadap performa Android dan membuat perangkat terasa berat saat menjalankan suatu perintah atau proses. Untuk itu, coba untuk melakukan Clear cache semua aplikasi untuk mengurangi beban penyimpanan internal.

Untuk pengguna hape Xiaomi, bisa langsung ke app Berkas (atau bisa juga Keamanan) kemudian pilih pembersih, nah perangkat akan otomatis melakukan scanning terhadap file cache dan juga file-file sampah. Sedangkan untuk Android merk lainnya, bisa masuk ke menu pengaturan, lalu pilih penyimpanan, kemudian pilih Clear cache. Atau kita bisa menggunakan aplikasi cache cleaner pihak ketiga, banyak tersedia di Play store.

Namun, jika Android Anda melakukan restart sendiri saat pada mencoba menjalankan suatu aplikasi tertentu, itu berarti terjadi crash atau ketidakcocokan dengan perangkat Anda. Silahkan masuk ke menu pengaturan, lalu pilih menu aplikasi, kemudian pilih aplikasi tersebut dan lakukan hapus data (semua data dan akun yang tersimpan di aplikasi tersebut akan ikut terhapus).

  1. Lakukan Factory reset atau Hard reset

Apabila semua cara diatas sudah dilakukan namun hape Android Anda masih sering restart sendiri, maka cara terakhir yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan factory reset atau hard reset. Tetapi perlu diingat, sebelum melakukan langkah ini backup telebih dahulu data-data penting Anda, karena semua data yang Anda simpan di hape Android akan hilang.

Jika setelah di reset ulang namun hape Android masih sering restart, bagaimana? Maka kemungkinan terjadi masalah atau kerusakan pada hardware Android, sehingga Anda perlu membawanya ke service center atau ke tukang servis yang terpercaya.

Nah, itulah penyebab dan cara mengatasi smartphone Android sering restart sendiri. Jika ada pertanyaan seputar artikel ini, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang tersedia di bawah ini. Semoga bermanfaat.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More