Categories: Reset

Cara Factory Reset / Hard Reset Oppo A12

Ponselgue | Cara Factory Reset / Hard Reset Oppo A12Sebelum dijual atau diberikan kepada orang lain, salah satu hal yang sebaiknya dilakukan oleh pengguna smartphone adalah mengatur ulang ke kondisi pabrik agar data-datanya tetap aman.

Selain itu, dengan mereset smartphone pengguna juga dapat menyegarkan smartphone miliknya dari berbagai macam konten dan aplikasi yang terpasang. Dengan kata lain, nantinya sistem yang berjalan di smartphone tersebut akan terasa seperti baru lagi.

Untuk smartphone buatan Oppo, ada dua metode yang bisa digunakan oleh pengguna dalam hal ini. Keduanya pun sama-sama menawarkan langkah yang mudah sehingga Anda tidak perlu bingung untuk melakukannya.

Baca juga :

Cara Factory Reset OPPO A12 via Setelan/Pengaturan

Factory Reset cukup aman dilakukan karena Anda bisa mengamankan data-data penting seperti foto dan video. Berikut cara melakukan factory reset Oppo A12 :

  1. Pertama, Buka Setelan;
  2. Masuk ke menu Setelan Tambahan, kemudian ketuk menu Buat Cadangan dan Reset.
  3. Selanjutnya pilih menu Kembalikan ke Pengaturan Pabrik.
  4. Pada menu ini terdapat tiga opsi reset, yaitu :
    1. “Hapus Semua Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat Dibongkar”, opsi ini untuk mereset pengaturan dan data aplikasi, tetapi untuk data seperti dokumen, foto, video dll tidak akan hilang.
    2. “Hapus Semua Konten dan Pengaturan”, untuk opsi ini semua pengaturan dan konten yang tersimpan didalam perangkat akan terhapus.
    3. “Hapus SMS dan MMS di Ponsel Ini”, ponsel ini akan menghapus semua SMS yang ada di perangkat, kecuali yang disimpan di dalam SIM.
  5. Setelah selesai memilih opsi sesuai kebutuhan, tunggu beberapa saat.
  6. Jika sudah selesai, perangkat Oppo A12 akan booting dan siap digunakan kembali.
  7. Selesai.

Baca juga : Cara Melacak Lokasi Ponsel Oppo Yang Hilang

Cara Hard Reset Oppo A12 via ColorOS Recovery

Hard reset Oppo dilakukan melalui ColorOS Recovery. Metode ini seringkali menjadi pilihan ketika perangkat system error atau juga bootloop. Bahkan ada beberapa kasus lupa pola / password dapat di atasi dengan cara ini.

Untuk melakukan hard reset Oppo A12, ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

  1. Matikan Oppo A12
  2. Masuk ke ColorOS recovery dengan cara menekan tombol Volume Bawah + Power secara bersamaan, lalu tahan sampai ponsel bergetar dan muncul logo Oppo di layar.
  3. Pilih bahasa yang digunakan di recovery mode, agar lebih mudah Anda bisa pilih English.
  4. Selanjutnya pilih Wipe data untuk melakukan reset
  5. Jika sudah selesai, Anda akan kembali ke menu ColorOs Recovery, kemudian pilih Reboot.
  6. Selesai.

Pada beberapa kasus, pengguna akan tetap diminta untuk memasukkan pola/PIN saat ingin melakukan Wipe Data melalui ColorOs Recovery.

Nah, itulah cara melakukan factory reset / hard reset Oppo A12. Selamat mencoba, semoga bermanfaat!!