Cara Factory Reset / Hard Reset Oppo A3s

Ponselgue.com | Cara Hard Reset OPPO A3S – Oppo merupakan salah satu pemain besar di industri smartphone Indonesia, lebih tepatnya nomor dua di belakang Samsung. Meskipun Oppo cukup sering merilis smartphone baru, bisa dibilang Oppo tidak begitu kesulitan untuk menjual produknya tersebut. Bahkan tak jarang Oppo sampai kehabisan stok saat produknya pertama kali dijual di e-commerce.

Salah satu rahasia Oppo dalam menguasai pasar adalah berkat iklan yang gencar dan teknik pemasaran yang jitu. Strategi iklan Oppo yang “brutal” dalam mempromosikan smartphone ‘selfie’ series bisa dibilang sangat berhasil dan tepat sasaran di Masyarakat Indonesia.

Baca juga :

Salah satu produk terbarunya adalah Oppo A3s. Smartphone dengan layar HD+ berukuran 6,2 inci dilengkapi dengan dual kamera belakang beresolusi masing-masing 13 MP dan 2 MP untuk menunjang foto bokeh, sementara kamera depannya menggunakan sensor 8 MP.

Yang menarik dari Oppo A3s ini adalah daya tahan baterainya karena memiliki baterai jumbo berkapasitas 4230mAh. Oppo A3s berjalan menggunakan sistem operasi Android Oreo 8.1 custom UI Color OS 5.1.

Cara Hard Reset OPPO A3s

Ada sejumlah keadaan yang memaksa pengguna untuk melakukan reset, misalnya saat ingin berganti perangkat. Anda bisa membackup data ponsel Anda kemudian melakukan reset agar data Anda tidak digunakan oleh orang lain.

Untuk melakukan reset pada ponsel Android ada 2 cara umum yang biasa dilakukan, yaitu melalui menu Kembalikan ke Pengaturan Pabrik dan wipe data melalui Recovery Mode. Untuk itu, simak cara factory reset / hard reset Oppo A3s di bawah ini.

NOTE : Pada beberapa kasus, pengguna akan tetap diminta untuk memasukkan pola/PIN saat ingin melakukan Wipe Data melalui ColorOs Recovery.

Baca juga :

Cara Reset Oppo A3s

Ada 2 metode untuk melakukan reset pada Oppo A3s. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Cara Factory Reset OPPO A3s via Setelan/Pengaturan

Factory reset ini biasanya dilakukan untuk mengembalikan pengaturan default pabrik. Biasanya dikarena pengguna melakukan kesalahan konfigurasi sehingga perangkat berjalan tidak semestinya. Factory Reset cukup aman dilakukan karena terdapat beberapa Opsi reset sehingga Anda tidak akan kehilangan data-data penting, termasuk file media seperti foto dan video. Untuk melakukan factory reset Oppo A3s, silahkan ikuti langkah–langkahnya berikut ini.

  1. Pertama, masuk ke menu “Setelan” OPPO A3s Anda.
  2. Selanjutnya, ketuk pada menu “Setelan Tambahan”, kemudian pilih menu “Buat Cadangan dan Reset”.
  3. Pada menu ini ada tiga opsi reset, yaitu :
    1. “Hapus Semua Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat Dibongkar”, pilih opsi ini untuk mereset pengaturan dan data aplikasi, tetapi untuk data seperti dokumen, foto, video dll tidak akan hilang.
    2. “Hapus Semua Konten dan Pengaturan”, untuk opsi ini semua pengaturan dan konten yang tersimpan didalam perangkat akan terhapus.
    3. “Hapus SMS dan MMS di Ponsel Ini”, ponsel ini akan menghapus semua SMS yang ada di perangkat, kecuali yang disimpan di dalam SIM.
  4. Pilih opsi yang sesuai keinginan Anda kemudian tunggu beberapa saat.
  5. Setelah proses selesai dilakukan, ponsel Oppo A3s akan booting siap digunakan kembali.
  6. Selesai.

Hard reset Oppo

Baca juga :

Cara Hard Reset Oppo A3s via ColorOS Recovery

Hard reset Oppo bisa dilakukan melalui recovery mode (ColorOS Recovery). Biasanya hard reset dilakukan saat terjadi masalah pada ponsel Oppo, misalnya system error, sering restart sendiri, lemot, dan juga bootloop. Tak hanya itu, ada beberapa kasus lupa pola / password bisa di atasi dengan cara ini (ada yang berhasil).

Untuk melakukan hard reset Oppo A3s, ikuti caranya dibawah ini :

  1. Matikan perangkat Oppo A3s.
  2. Selanjutnya tekan tombol Volume Down + Power secara bersamaan untuk masuk ke ColorOS recovery, tahan sampai ponsel bergetar dan muncul logo Oppo di layar.CARA HARD RESET OPPO A57
  3. Pilih bahasa yang digunakan di recovery mode, agar lebih mudah Anda bisa pilih English.ColorOS Recovery 1
  4. Pilih Wipe data untuk melakukan resetColorOS Recovery 2
  5. Jika proses wiping selesai, maka Anda akan kembali ke menu ColorOs Recovery, pilih Reboot.
  6. Selesai.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak video berikut:

(Credit : Andriod Tips)

Bagaimana? mudah bukan?

Nah, demikianlah cara melakukan factory reset / hard reset Oppo A3s. Anda bisa memilih menggunakan metode yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika ada pertanyaan, silahkan hubungi kami melalui halaman Contact, atau Anda bisa masuk ke halaman Forum untuk berdiskusi dengan member Ponselgue.com lainnya.

Semoga bermanfaat!!

Baca artikel menarik lainnya :

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More