Cara Factory Reset dan Hard Reset Realme 5 dan 5 Pro

Ponselgue | Cara Hard Reset Realme 5 dan 5 Pro – Realme kembali meluncurkan smartphonenya di Indonesia. Kali ini Realme 5 dan 5 Pro yang diluncurkan pada 19 September 2019. Keduanya menjadi pembuka dari era produk Realme dengan tagline “Leap to Quad Camera”.

Realme 5 series hadir dengan design yang sebenarnya tidak jaduh berbeda dengan kebanyakan ponsel Realme lainnya. Kedua smartphone ini tersedia dalam berbagai varian warna dengan desain seperti berlian holografis di bagian belakang. Selain itu, tersedia juga sensor sidik jari di bagian ini.

Kapasitas baterai dari Realme 5 lebih besar dari 5 Pro, yakni 5.000 mAh, namun tidak didukung VOOC 3.0 dan masih menggunakan port microUSB. Keduanya berjalan di sistem operasi Android 9.0 Pie dengan antarmuka ColorOS 6. realme 5 dan 5 pro

Namun, meskipun hadir dengan spesifikasi dan tekhnologi terbaru, tidak menutup kemungkinan terjadi masalah pada perangkat. Baik itu karena ada kecacatan produksi, atau karena faktor penggunaan.

Nah, untuk faktor penggunaan, biasanya yang sering menjangkiti Android adalah lemot atau melambatya performa perangkat. Maka dari itu, ada baiknya sesekali dilakukan reset jika dirasa sudah cukup parah.

Untuk itu, bagi pengguna yang belum mengetahui metodenya, simak tutorial cara hard reset Realme 5 Series di bawah ini

Baca juga : Cara Ganti Tema HP Realme

Cara Reset Realme 5 Series

Cara Hard Reset Realme 5 dan 5 Pro Secara umum, ada dua metode reset yang dapat dilakukan di perangkat Android, termasuk Realme. Yakni factory reset dari pengaturan dan hard reset melalui recovery mode. Untuk caranya, simak langkah-langkah selengkapnya :

Cara Factory Reset di HP Realme

  • Buka menu Setting di Realme 5
  • Masuk menu Backup & Reset
  • Selanjutnya pilih menu Factory Data Reset
  • Pilih menu Reset Device
  • Pilih opsi Erase Everything untuk mengembalikan semua data dan pengaturan perangkat, kemudian klik Yes.
  • Tunggu prosesnya beberapa saat dan secara otomatis perangkat akan melakukan restart
  • Selesai.

Sebagai catatan, cara ini hanya bisa dilakukan di perangkat yang masih bisa diakses atau bisa masuk ke homescreen. Namun jika perangkat Anda dalam posisi terkunci karena lupa pola/pin, atau keadaan bootloop, maka Anda bisa mencoba metode hard reset.

Baca juga : Cara Memutuskan Koneksi Wi-Fi Orang Lain Dari Android

Cara Hard Reset Realme 5 dan 5 Pro

  1. Matikan Realme 5 terlebih dahulu
  2. Selanjutnya masuk ke ColorOS Recovery dengan cara menekan tombol “Power + Volume Down” secara bersamaan dan tahan beberapa saat
  3. Pilih bahasa yang digunakan (English)
  4. Pilih menu Wipe Data untuk melakukan Reset, konfimasi dengan memilih OK.
  5. Setelah proses wiping selesai, pilih menu Reboot untuk merestart HP Realme 3
  6. Selesai.

Baca juga : Cara Menyambungkan HP Android ke TV

Nah, demikianlah Cara Factory Reset / Hard Reset Realme 5 dan 5 Pro. Cara ini juga bisa dilakukan di perangkat Realme lainnya. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

NOTE : Jika masih memungkinkan, sebaiknya backup data-data penting yang tersimpan di perangkat, atau pindahkan ke Micro SD.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More