Cara Soft dan Factory Reset iPod Touch Tanpa Kehilangan Data

2.304

Cara Reset iPod TouchPonselgue.com | Cara Reset iPod Touch Tanpa Kehilangan Data – Pada zaman sekarang, banyak orang yang lebih memilih menggunakan layanan streaming musik seperti Spotify dan iTunes untuk mendengarkan musik favorit.

Namun jika ternyata Anda masih setia menggunakan iPod Touch,  Anda bisa menyesuaikan fungsinya dengan mengaturnya sesuai kebutuhan dan perkembangan saat ini.

Bisa jadi ada kemungkinan jika data yang ada di dalam iPod Anda sudah ketinggalan sehingga Anda ingin mengubah pengaturan akun dan beberapa aplikasi ke keadaan semula.

Nah, salah satu langkah yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan reset pada iPod Touch. Berikut ini cara soft reset iPod touch tanpa kehilangan data-data di dalamnya.

Baca juga :

Cara Soft Reset iPod Touch

Soft reset biasanya dilakukan untuk mengembalikan data perangkat menjadi kondisi semula, berikut langkah-langkahnya :

  • Tekan tombol Power dan Home bersamaan hingga iPod melakukan proses reset
  • Tunggu proses reset berjalan, biasanya waktu yang dibutuhkan sekitar 10 detik atau lebih.
  • Setelah proses soft reset selesai, pada layar iPod akan muncul logo Apple sebagai penanda rebooting telah berhasil dilakukan.

Jika Anda selesai melakukan soft reset, Anda tidak perlu mengembalikan backup data dari iPod Touch ataupun melakukan sinkronisasi data lagu iTunes, audiobook, aplikasi, dll.

Reboot iOS tanpa menghapus data

Langkah ini bisa Anda lakukan jika iPod Anda sering mengalami masalah, yang kemungkinan terjadi kendala pada sistem operasinya. Maka tidak ada salahnya Anda mencoba untuk mengembalikan keadaan perangkat ke posisi semula.

Sebelum Anda menghapus dan mengubah ke factory mode, Anda bisa melakukan soft reset supaya tetap menyimpan semua histori pembelian iTunes Store. Proses ini hanya me-reboot sistem operasi pada perangkat, jadi data multimedia Anda aman dan tidak ikut terhapus.

Proses ini merupakan opsi non-destruktif yang memastikan Anda bisa menggunakan iPod touch  dengan lebih nyaman. Dan yang paling penting, Anda tidak akan mengalami risiko kehilangan data apa pun di dalam iPod Touch, baik lagu, audiobook, podcast, dll.

Baca juga :

Cara factory reset iPod touch

Jika perangkat iPod kamu tidak menyala, pastikan daya perangkat masih cukup. Anda bisa melakukan pengisian daya untuk bisa menggunakan iPod Touch kembali.

Namun, jika Anda masih belum melihat ikon indikator yang muncul setelah 5 menit, Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk melakukan restore perangkat iPod touch. Tetapi yang perlu Anda perhatikan, proses ini akan membuat perangkat kembali ke kondisi semula (factory mode).

Untuk itu, pastikan sebelumnya Anda sudah melakukan pencadangan (backup) data dari iTunes Library. Selain itu, Anda bisa mencadangkan data iPod pada penyimpanan eksternal sebagai langkah antisipasi kehilangan data yang tersimpan di dalam cloud.

Setelah mempertimbangkan kondisi iPod, Anda dapat mengidentifikasi langkah apa yang perlu dilakukan untuk memulihkan iPod touch kembali.

Anda bisa membaca versi lengkapnya disini.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More