Cara Factory/Hard Reset Samsung Galaxy A6 dan A6 Plus

Ponselgue.com | Hard Reset Samsung Galaxy A6 dan A6 Plus – Samsung telah resmi merilis Galaxy A6 (2018) dan Galaxy A6 Plus di Indonesia pada awal Mei 2018. Kedua smartphone ini merupakan andalan baru Samsung di segmen menengah.

Samsung menargetkan kaum millenial yang merupakan populasi konsumen terbesar di Indonesia. Kaum millenial yang suka berkreasi menggunakan smartphone, tentunya ingin terlihat keren dengan smartphone-nya sehingga tidak membeli perangkat yang asal-asalan.Samsung Galaxy A6

Untuk menunjang hal tersebut, Samsung membekali Galaxy A6 dan Galaxy A6 Plus dengan sejumlah fitur andalan. Misalnya, dukungan audio Dolby Atmos melalui earphone yang diklaim mampu memberikan tingkat “clarity” suara lebih maksimal.

Untuk kamera depan Galaxy A6 beresolusi 16 megapiksel (f/1.9), sedangkan Galaxy A6 Plus memiliki resolusi lebih besar dengan angka 24 megapiksel (f/1.9). Keduanya dibekali lampu LED untuk mempermudah pemotretan maupun perekaman video saat berada dalam kondisi minim cahaya.

Kamera utama Galaxy A6 dan A6 Plus memiliki resolusi 16 megapiksel dengan lensa berbukaan f/1.7 yang ditambah kamera kedua dengan resolusi 5 megapiksel yang ditujukan khusus untuk membuat efek background blur (bokeh).

Selain kamera, ukuran bodi Galaxy A6 dan Galaxy A6 Plus juga berbeda. Galaxy A6 memiliki layar 5,6 inci, sedangkan Galaxy A6 Plus 6 inci. Kapasitas baterai Galaxy A6 sebesar 3.000 mAh, sementara Galaxy A6 Plus 3.500 mAh.

Kedua perangkat ini sama-sama memiliki storage berkapasitas 32 GB, namun kapasitas RAM berbeda, yakni Galaxy A6 menggunakan RAM 3 GB, sedangkan untuk Galaxy A6 Plus 4GB. Penyimpanan tersebut bisa ditambah dengan dukungan micro SD (dedicated slot) hingga 256 GB untuk Galaxy A6, sementara untuk Galaxy A6 Plus mencapai 400 GB.

Hard Reset Samsung Galaxy A6

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara melakukan factory reset dan hard reset Samsung Galaxy A6 (2018) dan Galaxy A6 Plus.

Biasanya pengguna melakukan reset saat ingin berganti perangkat atau untuk memperbaiki masalah pada sistem operasi. Misalnya, tampilan yang tidak sempurna karena kekeliruan pada saat melakukan pengaturan, ada aplikasi yang tidak dapat di uninstall, kinerja perangkat terasa berat, maupun berbagai masalah lainnya.

Namun pengguna harus siap resikonya, yaitu semua semua data dan pengaturan pada perangkat akan terhapus dan kembali seperti saat  baru pertama kali menggunakannya.

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan jika ingin melakukan reset Samsung Galaxy A6. Cara pertama yaitu factory reset melalui menu pengaturan perangkat, sedangkan cara kedua adalah hard reset via Recovery Mode.

Untuk itu, Anda bisa menyimak langkah-langkah factory reset atau hard reset Samsung Galaxy A6 dan A6+ di bawah ini.

Penting : Jika masih memungkinkan, usahakan untuk membackup semua data-data penting yang Anda simpan di dalam perangkat. Karena setelah proses reset selesai, semua data yang tersimpan di dalam perangkat akan terhapus.
Baca juga :

Factory Reset Samsung Galaxy A6 dan A6+

Cara ini bisa dilakukan jika perangkat tidak dalam keadaan terkunci karena lupa pola/PIN. Untuk melakukan factory reset, berikut langkah-langkahnya :

  1. Pertama, masuk ke menu Setting → General → Backup and reset → Factory Data Reset → kemudian ketuk opsi Reset Device.
  2. Nantinya akan akan muncul konfirmasi, pilih hapus semua.
  3. Perangkat akan reset ke pengaturan default pabrik , tunggu prosesnya selama beberapa saat.
  4. Jika proses reset sudah selesai, maka Samsung Galaxy A6 akan kembali ke setelan awal atau sama seperti baru kembali menggunakannya.

Reset Samsung Galaxy A

Hard Reset Samsung Galaxy A6 dan A6 Plus

Metode ini bisa dilakukan saat perangkat dalam keadaan terkunci (lupa pola, PIN, Password), atau jika perangkat mengalami bootloop. Berikut langkah-langkah untuk melakukan hard reset Samsung Galaxy A6 :

  1. Pertama, matikan perangkat Samsung A6.
  2. Selanjutnya, masuk ke recovery mode. Caranya, tekan Tombol Volume Up + Tombol Power secara bersamaan dan tahan selama beberapa detik atau hingga muncul logo SAMSUNG, kemudian lepaskan semua tombol secara bersamaan.
  3. Jika nantinya tampil gambar robot Android dengan tulisan “No Command”, ketuk layar untuk masuk melanjutkan.
  4. Selanjutnya arahkan highlight ke menu wipe data/factory reset, selanjutnya tekan tombol power untuk melakukan konfirmasi.
  5. Setelah itu, akan muncul peringatan Confirm wipe all user data? pilih Yes dengan menekan tombol powes untuk konfirmasi. Tunggu proses reset beberapa menit.
  6. Jika proses sudah selesai, Anda akan kembali ke menu utama recovery mode. Pilih reboot system now dan tunggu beberapa saat Samsung Galaxy A6 akan melakukan booting.recovery mode
  7. Setelah perangkat selesai booting, maka akan muncul pengaturan standar untuk mengatur bahasa, wilayah, dan Wi-Fi.
  8. Proses reset telah selesai dan Anda berhasil mengembalikan Samsung Galaxy A6 ke pengaturan pabrik.

Silahkan lihat video hard reset Samsung Galaxy A6 di bawah ini :

Credit video: BacBa

Nah, demikianlah cara melakukan factory / hard reset Samsung Galaxy A6 dan A6 Plus. Jika Anda mengalami permasalahan pada saat proses reset , tinggalkan pertanyaan pada pada kolom komentar yang tersedia di bawah ini.

Semoga bermanfaat.

Baca artikel menarik lainnya :
Comments
Loading...