Tutorial Cara Flash Lenovo S820

1.477

Ponselgue.com | Cara Flash Lenovo S820 – Sudah menjadi hal yang wajar jika smartphone mengalami masalah seiring dengan lamanya penggunaan. Yang sering di alami oleh pengguna Android adalah gagal booting dan hanya stuck di logo awal saja. Penyebabnya tentu saja bermacam-macam, bisa karena sering di oprek, virus, apps sistem error, dan sebagainya.

Nah, jika ponsel mengalami bootloop maka yang jelas ponsel Android tidak bisa di gunakan. Ada beberapa metode yang bisa di lakukan untuk mengatasi hal tersebut.

Hal pertama yang bisa di lakukan adalah dengan melalukan hard reset Lenovo S820, silahkan baca caranya disini “Cara Factory Reset / Hard Reset Smartphone Lenovo Semua Tipe”.

Biasanya pada beberapa kasus, ada beberapa ponsel yang masih tetap bootloop setelah di hard reset. JIka hal ini terjadi, Anda bisa melakukan metode selanjutnya, yaitu Flashing Lenovo S820.cara flash lenovo s820

Flashing adalah melakukan install ulang system operasi Android pada perangkat tersebut. Namun, cara flashing smartphone Android berbeda-beda, tergantung dari tipe dan merk HP-nya.

Nah, pada artikel ini saya akan membagikan tutorial mengenai cara flash Lenovo S820. Simak cara selengkapnya di bawah ini.

NOTE : BACA, PAHAMI, MENGERTI, EKSEKUSI.

Cara Flash Lenovo S820

Persiapan Tools dan File

Sebelum lanjut ke proses flashing, silahkan download dahulu file dan tool yang diperlukan untuk flash Lenovo S820 di bawah ini :

  • PC/laptop dengan OS Windows.
  • Kabel Data / Kebel USB Type C.
  • Download firmware Lenovo S820 (download disini), kemudian ekstrak.
  • Karena Lenovo S820 menggunakan chipset Mediatek, gunakan tool flashing “SP Flashtool”. Download SP Flashtool terbaru, disini.
  • USB Driver Mediatek disini. Ekstrak kemudian install. Pastikan driver terinstall dengan benar agar proses flashing bisa dilakukan. Jika tidak, pada saat perangkat di sambungkan dengan PC/laptop hanya akan melakukan pengisian daya (nge-charge).

Proses flashing akan menghapus semua data Anda simpan di dalam perangkat. Jika masih memungkinkan, lakukan back up data terlebih dahulu. Pastikan juga baterai dalam kondisi full charging atau minimal >50% sebelum melakukan flashing.

Baca artikel flashing Lenovo lainnya :

Tahapan Flash Lenovo S820

Silahkan baca kemudian ikuti langkah-langkahnya seperti yang saya jelaskan di bawah ini :

  1. Langkah pertama, buka folder Flashtool lalu cari file flash_tool.exe kemudian klik kanan pada file tersebut dan pilih “Run as administrator’.Cara Flashing Android menggunakan SP Flashtool
  2. Apabila SP Flashtool sudah terbuka, klik pada tab download. Kemudian klik pada button Scatter-Loading File dan pilih file scatter yang terdapat pada folder firmware yang sudah di download tadi.
  3. Setelah file scatter Lenovo S820 sudah selesai di muat, hilangkan centang pada Preloader. Selanjutnya klik tombol download untuk memulai proses install ulang / flashing.
  4. Sekarang, matikan ponsel Lenovo S820 kemudian sambungkan perangkat ke komputer menggunakan kabel USB. Perangkat akan terdeteksi komputer jika driver sudah terinstall dengan benar.
  5. Setelah perangkat terdeteksi muncul indikasi bar warna merah pada SP Flashtool, kemudian proses flashing akan berjalan otomatis dengan bar kuning dan juga persentase proses flashing.
  6. Tunggu proses flashing berjalan, jika sudah selesai akan muncul notifikasi lingkaran hijau “DOWNLOAD OK”.
  7. Lepaskan kabel USB dan nyalakan ponsel Lenovo S820. Booting pertama biasanya membutuhkan waktu lebih lama, hal ini dikarenakan perangkat menyesuaikan dengan ROM baru.
  8. Selamat, Anda sudah selesai melalukan flashing.

(Credit : Kabir 260)

Ada beberapa kasus terjadi, proses flashing berhasil namun signal tidak muncul (tidak mendeteksi jaringan). Untuk itu silahkan cek IMEI dengan memasukkan kode *#06#. Jika terjadi kasus IMEI Lenovo S820 tidak Valid (null), silahkan baca artikel “Mengatasi IMEI tidak valid Android“ untuk memperbaikinya.

Demikianlah tutorial mengenai cara flash Lenovo S820 menggunakan SP Flashtool yang dapat saya bagikan.Jika Anda mendapatkan kesulitan / kendala pada saat proses flashing, jangan segan untuk bertanya kepada kami. Karena kami akan senantiasa membantu Anda dan membalas setiap komentar yang Anda kirimkan.

Semoga bermanfaat..!!

NOTE!! : Flashing merupakan tindakan yang serius dan penuh resiko. Segala kerusakan yang terjadi setelah melakukan flashing diluar tangggung jawab Ponselgue.com.

Baca juga tutorial di bawah ini:

 

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More