Ulasan lengkap seputar dunia Smartphone

Tutorial Cara Install TWRP Xiaomi Semua Tipe

5/5(2)

Ponselgue.com | Cara Install TWRP Xiaomi Semua Tipe – Jika Anda sedang mencari keyword “TWRP” atau sekedar nyasar ke artikel ini, saya yakin Anda sudah lebih dari seorang Newbie. TWRP (Team Winn Recovery Project) ini adalah software custom Recovery. Fungsinya untuk recovery (jelas).

Sebenarnya, setiap Vendor smartphone sudah memiliki Recovery masing-masing, seperti MI Recovery (Xiaomi), ColorOS Revovery (Oppo), Asus Recovery, Vivo Recovery dll. Namun fungsinya hanya standart itu-itu saja.

Kalau custom recovery TWRP ini lebih lengkap serta mendukung untuk install Custom ROM, Kernel, Add-Ons dan mods-mods lainnya. TWRP juga bisa backup/restore dari system, boot, user data, cache, dalvik cache hingga penyimpanan internal maupun ekternal (Sd Card / OTG). Selain itu, TWRP juga dapat digunakan untuk mentansfer file melalui MTP, file manager, dan terminal emulator.

Nah, karena fungsinya yang kaya tersebut, maka kali ini saya akan membahas mengenai cara install TWRP Xiaomi semua tipe. Simak selengkapnya berikut ini.tutorial cara install twrp xiaomi

NOTE : Segala resiko yang terjadi diluar tanggung jawab Ponselgue.com

Cara Install TWRP Xiaomi Semua Tipe

Ada 2 cara yang bisa dilakukan, cara yang pertama dengan bantuan aplikasi sehingga lebih praktis. Sedangkan cara kedua dengan ADB Fastboot dan PC/Laptop. Oke, akan saya bahas satu persatu caranya.

Pasang TWRP Xiaomi Dengan Rashr

Untuk menggunakan aplikasi ini, perangkat harus sudah di root terlebih dahulu. Jika masih belum di root, baca caranya di “Cara Root Smartphone Xiaomi Semua Tipe”. Atau bisa disini “Cara Root Smartphone Android”.

Cara kerjanya, aplikasi ini akan mendeteksi perangkat yang Anda gunakan, kemudian mencocokan data dengan database TWRP.me, dan apabila terdapat TWRP (Official) untuk perangkat Anda, maka akan muncul notifikasi TWRP, di install atau abaikan.

  1. Untuk flash/install TWRP bisa menggunakan aplikasi  “Rashr”. Silahkan download dan install di Playstore atau “Download disini“.
  2. Buka aplikasi Rashr, jika ada permintaan akses root maupun permintaan update, tap OK.
  3. Back up Recovery bawaan terlebih dahulu. Ingat-ingat dimana Anda menaruh file backup 9img) disimpan.
  4. Anda bisa mengganti Recovery bawaan dengan TWRP/CWM/Philz, asalkan Anda sudah mempunyai file TWRP-nya (*.img). Silahkan Download file TWRP Xiaomi semua tipe disini.
  5. Jika Anda sudah mempunyai file TWRP-nya, pilih Recovery from Storage kemudian pilih file TWRP-nya.
  6. Jika Flash partition complete, akan muncul pertanyaan reboot to recovery now? pilih YES.

Pasang TWRP Melalui ADB Fastboot

Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock. Caranya, kita harus mengaktifkan Developer Option terlebih dahulu. Caranya, masuk ke menu settings, pilih about phone, lalu tekan miui version sampai muncul warning bahwa Anda sudah dalam mode pengembang atau developers mode. Sekarang kita bisa mengaktifkan USB debugging, caranya masuk ke Settings, masuk ke menu Additional Setting, pilih Developers Options lalu aktifkan USB debugging dan OEM Unlock.

Download ADB Installer kemudian install. Ini berguna sebagai fastboot command dan masuk fastboot mode secara otomatis. Tetapi Anda harus juga menginstall driver Xiaomi secara manual.

Untuk lebih mudah, gunakan MiFlash 2017 (Download disini), ektrak kemudian install. Mi Flash versi ini sudah include driver, jadi Anda tidak perlu mendownload driver. Apabila pada saat instalasi muncul peringatan Windows Security,” Windows can’t verify —-“ , lanjutkan dengan memilih “Install this driver software anyway”.install Driver

Dan yang paling penting adalah file image dari TWRP yang sesuai dengan tipe smartphone Xiaomi Anda. Cek dan download file-nya disini “TWRP Xiaomi Terbaru Semua Tipe”. Setelah mendownload, kemudian rename file menjadi twrp.img (untuk memudahkan). Kemudian pindahkan file ke directory c:/adb.

Langkah-langkah install TWRP Image

  1. Jika Anda menggunakan MiFlash, masuk ke sini C:\Program Files\Xiaomi\MiPhone\Google\Android. Namun jika Anda menggunakan adb-mininmal cari folder tersebut, kemudian pindahkan berkas TWRP yang telah kita download tadi.
  2. Matikan perangkat Xiaomi, setelah itu masuk ke mode fastboot dengan menekan tombol volume (-) dan power secara bersamaan.
  3. Jika device kita sudah masuk kedalam mode fastboot, sambungkan perangkat menggunakan kabel data yang sudah di persiapkan. Kemudian, di folder recovery.img tadi tahan tombol shift dan klik kanan, pilih open command window here.
  4. Setelah muncul cmd windows, lakukan cek perangkat kita dengan cara mengetikan perintah : fastboot devices.
  5. Selanjutnya, untuk menginstall TWRP ketik perintah: fastboot flash recovery twrp.img
  6. Jika proses finished, Anda bisa mencabut perangkat dari kabel data.
  7. Selesai!

Dengan ini, TWRP sudah resmi terpasang pada perangkat Anda. Lihat video berikut ini.

Anda bisa memilih menggunakan salah satu metode diatas untuk memasang TWRP Xiaomi. Yang paling penting adalah TWRP Image harus sesuai dengan perangkat yang Anda gunakan. Cara ini berlaku untuk perangkat yang sudah Unlock Bootloader. Jika ponsel Anda masih belum UBL, silahkan baca caranya disini “Panduan Cara Unlock Bootloader Xiaomi semua tipe”.

Untuk mengubah bahasa TWRP-nya berbahasa china, baca artikel ini untuk mengubah bahasa TWRP  menjadi bahasa Inggris “Cara Ganti Bahasa China ZCX TWRP By BY~XM Ke Bahasa Inggris”.

Nah, Demikian tutorial cara install TWRP Xiaomi semua tipe. Jika Anda mempunyai kendala maupun kesulitan, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang di bawah ini.

Semoga bermanfaat ..!

.......

Comments
Loading...