Begini Cara Flash Advan S4P

Beberapa kerusakan software seperti banyaknya aplikasi pada saat dibuka yang mengalami “sayangnya aplikasi telah berhenti”, maupun yang sering tiba-tiba restart sendiri, bisa diatasi dengan melakukan hard reset melalui recovery mode. Atau jika perangkat terkunci karena lupa pola kunci atau PIN (password), cukup dengan melakukan hard reset, performa dan pengaturan ponsel akan kembali seperti baru pertama kali dari pabrik.

Namun, bagaimana jika kita tidak bisa masuk ke recovery mode? Atau jika salah satu tombol kombinasi rusak sehingga kita tidak bisa melakukan factory reset? Jalan satu-satunya adalah dengan melakukan metode flashing. Nah, Pada artikel ini saya akan menjelaskan tentang cara flash Advan S4P. Simak caranya dibawah ini.

CARA FLASH ADVAN S4P

 

Persiapan Tool dan File

Sebelum lanjut ke proses flashing, silahkan download dahulu file dan tool yang diperlukan untuk flash Advan S4P di bawah ini :

  1. Anda bisa mendownload firmware Advan S4P (405 MB) disini, kemudian ekstrak. Anda akan menemukan file PAC Advan S4P.
  2. Karena Advan S4P menggunakan chipset Spreadtrum, gunakan tool flashing “Upgrade Download Tool”, silahkan download disini.
  3. Android Driver SPD, download disini. Ekstrak kemudian install. Jika driver tidak terinstall dengan benar, maka proses flashing tidak akan berjalan. Saat perangkat di hubungkan dengan PC/komputer hanya akan melakukan pengisian daya (nge-charge).
  4. PC/ Laptop dan kabel data yang masih bisa digunakan dengan baik.

 

Cara flash Advan S4P via Research Download

Pastikan baterai telah terisi cukup (30%> lebih baik) sebelum melakukan flashing. Jika dirasa semuanya siap, baca dan ikuti langkahnya seperti yang saya jelaskan di bawah ini :

  1. Pertama-tama, matikan Advan S4P kemudian lepaskan baterainya beberapa saat lalu pasang kembali.
  2. Buka folder SPD Upgrade Tool, klik pada file UpgradeDownload.Exe untuk menjalankan aplikasi.
  3. Jika aplikasi UpgradeDownload telah terbuka, klik open (gambar icon gear 1 pada pojok kiri atas). Kemudian masukkan file PAC Advan S4P yang telah di ekstrak tadi.
  4. Jika file PAC telah selesai di muat, kita bisa memulai proses flashing dengan cara klik tombol ‘Start Downloading’ (gambar icon Play).
  5. Selanjutnya sambungkan perangkat ke komputer menggunakan kabel USB sambil menekan tombol volume atas, tahan sampai ponsel terdeteksi komputer Anda.
  6. Tunggu hingga proses flashing selesai, biasanya di tandai dengan munculnya tulisan Passed.
  7. Lepaskan kabel USB dari komputer, kemudian coba nyalakan Advan S4P Anda.
  8. Selesai!

Untuk memudahkan Anda bagaimana cara flash Advan S4P yang benar, silahkan lihat video berikut ini (credit : young 88) :

JIka Anda mempunyai kendala dalam proses flash Advan S4P, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom di bawah ini.

Comments are closed.