Cara Flash Asus Zenfone 4 Bootloop (Via AFT & Asus Recovery)

Ponselgue.com  | Cara Flash Asus Zenfone 4 – Pada beberapa kasus kerusakan pada Asus Zenfone 4, seringkali mengalami masalah pada software. Beberapa diantaranya yang sering terjadi adalah sering tiba-tiba self reboot, aplikasi Force Closed, muncul peringatan “sayangnya, aplikasi telah berhenti”, hang & error, atau bahkan bootloop.

Reparasi awal yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan factory reset / hard reset (baca : Cara Hard Reset Asus Zenfone 4 Bootloop atau Lupa Pola). Sayangnya, pada beberapa kasus walaupun sudah di reset, ponsel masih saja bootloop. Nah, metode lain yang bisa di coba adalah dengan melakukan flashing.

Nah, pada artikel ini akan saya bahas cara flash Asus Zenfone 4. Ada 2 cara yang saya bahas, yang pertama yaitu melalui Asus Recovery. Yang kedua dengan bantuan PC, kita flashing menggunakan Asus Flash Tool.

Simak selengkapnya di bawah ini.Cara Flash Asus Zenfone 4

Cara Flash Asus Zenfone 4 T00I

#1. Via Asus Recovery / Tanpa PC

Sebelum flashing, pastikan baterai dalam kondisi Full Charging atau minimal terisi 50%. Kemudian, lakukan langkah-langkahnya berikut ini :

  1. Pertama-tama, masuk ke halaman Firmware Asus, download firmware Asus Zenfone 4,
  2. Setelah selesai di download, silahkan pindahkan file firmware tersebut ke SD Card. Taruh di luar folder untuk memudahkan pencarian (file firmware ini berekstensi *.zip).
  3. Sekarang, matikan Zenfone 4 dan diamkan selama beberapa saat.
  4. Selanjutnya, masuk ke Asus Recovery. Caranya, tekan dan tahan tombol Power + volume bawah (-), kemudian lepaskan tombol jika sudah muncul logo Asus dan masuk ke Recovery mode.
  5. Untuk navigasi, gunakan tombol volume Atas/Bawah untuk naik turun menu, dan tombol power untuk konfirmasi.
  6. Selanjutnya, pilih menu Apply update from external storage.
  7. Silahkan pilih file firmware yang sudah di download tadi, kemudian pilih “OK” dengan menekan tombol power.flash asus tanpa pc
  8. Tunggu proses pemasangan paket firmware Asus Zenfone 4.
  9. Jika proses sudah selesai dan berhasil dijalankan, silahkan Reboot
  10. Isi startup standart untuk mengatur Akun Google, bahasa, wilayah dll hingga masuk ke Home Screen.
  11. Selesai!!

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat video berikut ini (credit video : Henry Mertadinata)

#2. Via Asus Flash Tool

Tool dan file yang di perlukan

Silahkan persiapkan dan unduh tool dan file yang di butuhkan untuk proses flashing Asus Zenfone C berikut :

  • PC/ Laptop yang menjalankan OS Windows (min pakai Windows 7).
  • Kabel data (gunakan kabel bawaan perangkat/ original).
  • Firmware Asus, Download di Ponselgue.com, kemudian ekstrak.
  • Asus Android USB Driver, download disini. Setelah selesai di download dan di ekstrak, silahkan install driver pada komputer Anda. Jika muncul peringatan Windows Security,” Windows can’t verify —“ , lanjutkan dengan memilih “Install this driver software anyway”.install Driver
  • Asus Flash tools. Download kemudian ekstrak dan install pada komputer Anda.
Tahapan Flashing Menggunakan AFT
  1. Pertama-tama, matikan perangkat Anda. Pastikan daya baterai telah terisi lebih dari 50% untuk melakukan flashing.
  2. Masuk ke Droidboot Mode. Caranya, tekan tombol power + Volume UP secara bersamaan, tahan sampai Anda masuk ke Droidboot Mode, kemudian lepaskan kedua tombol.
  3. Buka aplikasi Asus Flashtool, jalankan sebagai administrator.
  4. Selanjutnya, sambungkan ponsel Asus ke PC/ Laptop Anda menggunakan kabel USB. Jika sudah muncul ikon USB, tandanya perangkat sudah terdeteksi oleh komputer.
  5. Pada tab Model, silahkan pilih type perangkat, lalu pada Wipe Data pilih opsi Yes. Kemudian klik browse untuk memasukkan firmware Asus yang sudah di download tadi.
  6. Sekarang klik pada ikon USB (sambungan), kemudian klik tombol start untuk memulai proses flashing. Tunggu hingga proses flashing selesai.Cara Flash Asus Zenfone 4 2
  7. Jika state (lingkaran) sudah berganti warna menjadi hijau dan muncul notifikasi “Flash image successfully”, proses flashing telah selesai dan berhasil di jalankan.
  8. Tutup aplikasi Asus flash Tools dan cabut kabel USB dari komputer. Selanjutnya pilih menu reboot di Droidboot untuk merestart perangkat.
  9. Tunggu proses booting berjalan (biasanya booting pertama agak lama), kemudian akan muncul start up standart Android untuk mengatur Bahasa, Akun Google, jaringan dll.
  10. Selesai!

Nah, demikianlah ulasan mengenai cara flash Asus Zenfone 4 Bootloop. Jika Anda mempunyai kesulitan atau kendala pada saat melakukan flashing, tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar di bawah.

Semoga bermanfaat..!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More