Cara Flash Oppo Neo 5 R1201 Dalam 10 menit

71.071

Bagi Anda pengguna Oppo Neo 5 dan sedang mengalami bootloop (atau masalah software lainnya), nah pada kesempatan kali ini saya menulis artikel tentang cara flash Oppo Neo 5 R1201. Namun sebelum kita masuk ke cara flashing, ada baiknya kenapa saya jelasakan secara singkat kenapa Oppo Neo 5 harus di flash.

Perangkat mengalami bootloop. Nah bootloop  sendiri adalah terjadi kegagalan pada OS Android, kerusakan ini menyebabkan perangkat tidak bisa melakukan booting sehingga kita tidak bisa masuk ke dalam sistem. Bootloop mempunyai ciri-ciri yaitu saat dinyalakan, perangkat hanya menampilkan logo Vendor Android secara berulang-ulang.

cara flash oppo neo 5

Apakah melakukan factory reset (hard reset) dapat mengatasi masalah bootloop ini? Seringkali jawabannya adalah tidak, dan kadang kala malah stuck atau hang pada logo. Maka dari itu, cara paling ampuh adalah perangkat Android ini harus kita flashing.

Nah, pada artikel ini saya membahas tentang bagaimana cara flash Oppo Neo 5 menggunakan SP Flashtool. Kami akan menjelaskannya di bawah ini secara sederhana sehingga mudah dipahami oleh para pengguna yang masih awam.

Catatan : Pastikan sebelum memulai flashing daya baterai telah terisi cukup (>30%) untuk menghindari gagalnya flashing karena smartphone kehabisan daya yang malah dapat membahayakan hape.

Cara Flash Oppo Neo 5 R1201

Persiapkan dahulu file dan tools yang digunakan untuk proses flashing berikut ini  :

  • Firmware Oppo Neo 5, silahkan download via Google Drive (946 MB) disini.
  • SP Flashtool terbaru, disini.
  • USB Driver Mediatek disini.
  • PC dan kabel data yang masih bisa digunakan dengan baik.

Letakkan file dan tools yang telah di download tadi dalam satu folder, kemudian ekstrak file tersebut. Selanjutnya, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Install Driver USB Mediatek pada komputer Anda.
  2. Buka folder SP Flashtool dan cari file exe, kemudian klik kanan pada file tersebut lalu pilih ‘Run as administrator’.
  3. Pada saat aplikasi SP Flashtool telah terbuka, klik pada tab Download. Setelah itu klik pada Scatter-Loading File untuk memilih dan memasukkan file scatter yang terdapat pada folder firmware Oppo Neo 5 yang telah di download tadi.
  4. Apabila file scatter sudah berhasil di muat, langkah selanjutnya klik button ‘Download’ untuk memulai flashing (gambar logo panah bawah warna hijau).
  5. Matikan ponsel Oppo Neo 5 Anda. Setelah itu sambungkan ponsel ke perangkat computer dalam keadaan mati menggunakan kabel data yang telah di persiapkan tadi sambil menekan tombol Volume Up (untuk mempercepat ponsel terdeteksi oleh computer). Jika ponsel telah terbaca, maka SP Flashtool akan loading dengan warna merah, ungu, dan kuning secara bergantian.
  6. Tunggu hingga proses selesai. Biasanya di tandai dengan munculnya lingkaran hijau (Download OK) yang menunjukan bahwa proses Flashing telah selesai dan berhasil di jalankan.
  7. Tutup aplikasi SP Flashtool pada komputer, dan Anda sekarang sudah bisa melepaskan kabel data yang menghubungkan ponsel dengan komputer tadi.
  8. Sekarang nyalakan ponsel Oppo Neo 5 Anda dengan menekan tombol power, proses booting pertama biasanya membutuhkan waktu beberapa menit sampai masuk ke home screen.
  9. Selesai!

Jika Anda mendapatkan kesulitan / kendala dalam proses atau sedikit kebingungan bagaimana cara flash Oppo Neo 5 R1201, Anda bisa hubungi halaman Contact.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More