Cara Flash Samsung Galaxy A7 A700F, A710FD, A720F

Advertisement

5/5 (1)

Ponselgue.com | Cara Flash Samsung Galaxy A7 2015 SM-A700F / A7 2016 SM-A710FD / A7 2017 SM-A720F – Sebagai produsen smartphone besar, Samsung dikenal sebagai vendor yang seringkali merilis perangkat dengan desain yang beda-beda tipis. Seperti pada Galaxy A7 yang memiliki desain mewah dan elegan walaupun bukan ponsel flagship. Padahal, dari segi spesifikasi dan banderol, smartphone ini dibuat untuk segmen menengah.

Untuk mendukung performa yang di tawarkan, Galaxy A7 2016 dipersenjatai dengan chipset Exynos 7580 octa core dengan kecepatan 1,6 GHz, RAM 3 GB, dan penyimpanan internal 16 GB. Dilengkapi juga dengan kamera jempolan dan sensor sidik jari yang cukup responsif.  Bermain game yang berat dan multitasking dapat dilakukan dengan mulus.

Sayangnya, untuk smartphone kelas menengah, banderol harga yang ditawarkan bisa dibilang cukup tinggi.cara flash samsung galaxy a7Baca juga :

Banyak pengguna Samsung yang gemar berganti-ganti ROM untuk mendapatkan kinerja, tampilan, dan pengalaman yang berbeda saat menggunakan ponsel-nya. Nah, untuk memasang ROM atau Custom ROM ke smartphone, dibutuhkan proses flashing. Proses ini hampir sama dengan menginstall ulang OS baru pada komputer.

Selain untuk berganti ROM, biasanya pengguna melakukan flashing untuk mengatasi berbagai masalah pada perangkat. Masalah software yang sering dialami pengguna samsung beberapa di antaranya adalah aplikasi sistem error, self reboot, kinerja perangkat berat/lemot, lupa pola/pin/password, dan yang lainnya.

Ada beberapa masalah yang ‘seringkali’ bisa diatasi dengan melakukan Hard Reset. Baca caranya berikut ini “Cara Factory/Hard Reset Samsung Galaxy A7“. Namun pada beberapa masalah seperti terkena virus atau gagal booting (bootloop), jika hard reset tidak membuahkan hasil maka bisa mencoba flashing untuk memperbaikinya.

Nah, kali ini saya akan membagikan panduan mengenai cara flash Samsung A7 semua varian (A7 2015 SM-A700F / A7 2016 SM-A710FD / A7 2017 SM-A720F). Selengkapnya di bawah ini.

Baca dan pahami dulu prosesnya, setelah mengerti silahkan lakukan flashing pada Samsung A7 Anda.

Baca juga :

Flashing Samsung Galaxy A7 A700F, A710FD, A720F

samsung galaxy a7Pada beberapa kasus bootloop, flashing berhasil dijalankan namun terkadang perangkat masih tetap saja gagal bootloop. Ada beberapa kemungkinan, bisa jadi karena firmware atau ROM yang digunakan tidak sesuai dengan perangkat, atau karena ada kerusakan pada hardware (IC EMMC). Namun, tidak ada salahnya di coba untuk flashing bukan?

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui cara flash Samsung Galaxy A7 via Odin, simak selengkapnya di bawah ini.

Catatan :

  • Pastikan daya baterai dalam kondisi full charging atau minimal 50%> saat melakukan flashing.
  • Melakukan flashing akan menghapus semua isi device Anda termasuk data di internal.

Persiapan Tool dan File

  • Download Odin versi terbaru di sini, lalu ekstrak;
  • Download Samsung USB Driver, ekstrak kemudian install pada komputer Anda;
  • Download firmware Samsung Galaxy A7 :

    Selesai download, kemudian ekstrak file firmware;

  • PC/Laptop dengan OS Windows;
  • Kabel data / Kabel USB (Anda bisa memakai kabel bawaan/original).

Baca juga :

Cara flash Samsung Galaxy A7 via ODIN

Jika semuanya sudah siap, silahkan baca dan ikuti langkah-langkahnya seperti yang saya jelaskan di bawah ini :

  1. Matikan Samsung A7 Anda, kemudian masuk ke Download Mode. Caranya, tekan dan tahan tombol volume bawah + home + power secara bersamaan. Setelah muncul Warning, tekan volume up untuk melanjutkan ke Download Mode;
  2. Jalankan aplikasi Odin, Anda bisa menjalankan sebagai Administartor dengan klik kanan file exe lalu pilih Run as administrator;
  3. Selanjutnya koneksikan Samsung Galaxy A7 ke PC menggunakan kabel USB. Jika perangkat sudah terdeteksi, muncul indikasi pada ODIN di kolom ID:COM berubah warna menjadi biru dan pada Log muncul ‘Added’;
  4. Selanjutnya pada aplikasi Odin, klik pada kolom AP untuk memasukkan firmware Galaxy A7 yang sudah di download tadi (file berekstensi MD5);
  5. Setelah firmware sudah selesai di muat, Anda bisa memulai flashing dengan klik start. Tunggu hingga proses selesai.
  6. Jika sudah muncul notifikasi “PASS!”, proses flashing telah selesai dan berhasil dijalankan. Kemudian smartphone akan reboot secara otomatis.
  7. Proses booting pertama biasanya membutuhkan waktu lebih lama, hal ini dikarenakan perangkat masih menyesuaikan dengan ROM baru.
  8. Selesai!

Silahkan lihat video berikut ini untuk memudahkan Anda pada saat melakukan flashing Samsung Galaxy A7 :

(credit video: SamMobile)

Nah, jika Anda mengalami kesulitan pada saat flashing atau mempunyai pertanyaan seputar cara flash Samsung Galaxy A7 semua varian (A7 2015 SM-A700F / A7 2016 SM-A710FD / A7 2017 SM-A720F), silahkan tulis pertanyaan dikolom komentar. Anda juga bisa menghubungi kami melalui halaman Contact. Semoga bermanfaat.

DANGER :
Flashing merupakan tindakan yang cukup beresiko (bootloop, malfungsi, bricked), segala hal yang terjadi setelah flashing diluar tanggung jawab Ponselgue.

Konten menarik lainnya :

 

.......

Comments
Loading...