Cara Flash Samsung Galaxy J2 SM-J200G Tested

5/5 (2)

Ponselgue.com | Cara Flash Samsung Galaxy J2 SM-J200G Tested – Berbagai macam kerusakan biasanya terjadi seiring dengan lamanya pemakaian smartphone. Ada yang dikarenakan oleh cacat produksi, namun adapula karena kesalahan penggunaan. Kadang ada ponsel yang tidak sengaja terjatuh sehingga mengalami kerusakan hardware, jika begini kita harus mengganti komponen tersebut dengan yang baru.

Yang lumrah terjadi adalah masalah pada software atau sistem Android. Hal ini bisa dikarenakan perangkat terkena virus atau kinerjanya terlalu di paksa (terlalu banyak install game HD atau berbagai aplikasi), apalagi jika kapasitas penyimpanan tergolong kecil untuk ukuran aplikasi jaman sekarang. Misalnya pada Samsung Galaxy J2 Sm-J200G.Cara Flash Samsung Galaxy J2 SM-J200GBaca juga :

Jika terjadi masalah pada software, indikasinya banyak aplikasi sistem yang error, perangkat tiba-tiba self reboot, lemot, atau bahkan bootloop. Pada masalah ringan, cukup hanya dengan melakukan hard reset maka perangkat akan kembali normal. Namun pada beberapa kasus lain misalnya terkena virus atau bootloop, jika hard reset tidak mempan maka Anda bisa melakukan flashing.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan panduan mengenai cara flash Samsung J2 SM-J200G. Bagi Anda yang ingin melakukan flashing pada smartphone Galaxy J2 Anda, simak selengkapnya di bawah ini.

BACA » PAHAMI » MENGERTI » EKSEKUSI

Baca juga :

Cara Flash Samsung Galaxy J2 SM-J200G

Perlu Anda ingat, proses flashing akan menghapus seluruh isi perangkat dan membuatnya kembali seperti baru. Jika masih memungkinkan, silahkan backup data penting Anda sebelum melakukan flashing.

Pastikan juga baterai dalam kondisi full charging atau minimal terisi >50% sebagai antisipasi agar tidak terjadi kegagalan flashing akibat perangkat kehabisan daya.samsung Galaxy J2

Persiapan Tool dan File

Sebelum Anda flash Samsung Galaxy Galaxy J2 SM-J200G, download terlebih dahulu tool dan file yang digunakan berikut ini.

  • Download kemudian install Samsung USB driver;
  • Download Odin (disini), gunakan versi paling baru;
  • Download Firmware Samsung Galaxy J2 SM-J200G (Download disini)kemudian ekstrak;
  • PC/ Laptop dengan OS Windows;
  • Kabel data / kabel USB (Anda bisa menggunakan kabel bawan/original).

Baca juga :

Tahapan Flashing Samsung Galaxy J2 SM-J200G via Odin

Jika semua sudah siap, ikuti langkah-langkah flash Samsung Galaxy J2 SM-J200G berikut ini :

  1. Matikan Samsung Galaxy J2, cabut baterai-nya beberapa saat kemudian pasang kembali.
  2. Selanjutnya tekan dan tahan Volume Down + Home + Power secara bersama’an, setelah muncul warning lalu tekan Volume atas untuk masuk Download Mode.
  3. Masuk ke folder Odin, klik kanan “Run as administrator” pada Odin.exe untuk membuka aplikasi.
  4. Sambungkan Samsung Galaxy J2 ke komputer menggunakan kabel USB, jika driver telah terinstall dengan benar perangkat akan terdeteksi (ID:COM akan berganti warna menjadi biru dan pada Log muncul keterangan ‘Added’).
  5. Selanjutnya klik pada PDA / AP dan masukkan firmware Galaxy J2 yang sudah di download tadi (file berekstensi MD5).
  6. Setelah firmware sudah selesai di muat, klik start untuk memulai flashing. Tunggu beberapa saat hingga selesai.
  7. Jika proses flashing berhasil, akan muncul notifikasi “PASS!” yang menandakan flashing telah selesai, dan ponsel akan reboot secara otomatis.
  8. Proses booting pertama biasanya membutuhkan waktu lebih lama karena perangkat menyesuaikan dengan firmware baru.
  9. Selesai!

Silahkan lihat video berikut ini untuk memudahkan Anda pada saat melakukan flash Samsung Galaxy J2 SM-J200G :

(credit video : Online Repair) :

Selesai di flash, Anda juga bisa membuka akses Root Samsung Galaxy J2 SM-J200G Anda, baca langkah selengkapnya disini “Cara Root Samsung Galaxy J2 (SM-J200G) Tested

Nah, jika Anda mengalami kesulitan pada saat flashing atau mempunyai pertanyaan seputar cara flash Samsung Galaxy J2 Prime, silahkan tulis pertanyaan dikolom komentar. Anda juga bisa menghubungi kami melalui halaman Contact. Semoga bermanfaat.

Catatan : Flashing adalah sesuatu hal yang serius, segala kerusakan akibat kegagalan flashing di luar tanggung jawab kami.

.......

Comments
Loading...