Cara Flash Samsung Galaxy J3 SM-J320G

12.349

Ponselgue.com | Cara Flash Samsung Galaxy J3 SM-J320G – Semua tipe smartphone Android di buat dengan spesifikasi tertentu, dan itu menandakan bahwa setiap smartphone mempunyai kemampuan yang terbatas sesuai dengan kapasitasnya.

Contohnya jika sebuah ponsel Android dengan spesifikasi rendah dan kapasitas kecil, tetapi di jejali dengan banyaknya data dan aplikasi (termasuk game-game berat), bukan tidak mungkin akan terjadi kerusakan hardware ataupun softwarenya. Kalau diibaratkan dengan kejadian sehari-hari, balon pun akan meletus jika berisi (memuat) udara yang berlebihan (over capacity).

Kalau smartphone Android rusak, bootloop misalnya, tidak semuanya dikarenakan kerusakan software. Bootloop juga bisa di sebabkan oleh kerusakan hardware, yaitu IC EMMC atau kasarannya memori internalnya.Cara Flash Samsung Galaxy J3 SM-J320G

 

Nah, kalau kerusakan software kita bisa mengatasinya dengan metode hard reset atau dengan flashing. Namun kalau yang rusak EMMC-nya, (pengalaman saya) yang sering terjadi adalah selalu gagal saat kita melakukan flashing. Dan kalau sedang tidak beruntung, bisa mengakibatkan smartphone Android mati suri (matot).

Berbicara tentang flashing Android bootloop, ponsel saudara saya Samsung Galaxy J3 SM-J320G mengalami bootloop. Untuk mengatasinya, saya menggunakan metode hard reset terlebih dahulu, namun sayangnya ponsel masih tetap bootloop. Dalam beberapa kasus bootloop, cara untuk memperbaikinya harus dengan flashing. Akhirnya saya memutuskan mengatasinya dengan cara flash Samsung Galaxy J3 SM-J320G tersebut.

Nah, jika Anda ingin mengetahui cara flash Samsung Galaxy J3 SM-J320G bootloop, silahkan simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Informasi : Ponselgue.com menyediakan berbagai macam firmware smartphone Android, dan Anda dapat mendownloadnya di penyimpanan Google Drive kami. Semua file firmware yang kami sediakan tidak di proteksi dengan password.

 

Persiapan File dan Tool

Sebelum Anda melakukan flash Samsung Galaxy J3, download terlebih dahulu file dan tools yang akan dibutuhkan berikut ini.

 

Cara Flash Samsung Galaxy J3 SM-J320G via Odin V.3.12

Pastikan baterai telah terisi cukup (30%> lebih baik) sebelum Anda mengikuti panduan cara flash Samsung Galaxy J3 SM-J320G di bawah ini. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan jika pada saat flashing perangkat kehabisan daya.

Setelah semuanya sudah siap, silahkan lanjutkan dengan mengikuti panduan berikut ini :

  1. Matikan Samsung Galaxy J3, lalu lepaskan baterainya beberapa saat kemudian pasang kembali.
  2. Silahkan ambil ponsel Samsung Galaxy J3, selanjutnya masuk ke Download Mode. Caranya, tekan tombol Home + Power + Volume Bawah secara bersamaan, tahan sampai ponsel bergetar kemudian lepaskan. Setelah muncul warning, tekan Volume Atas untuk masuk ke download mode.
  3. Masuk folder Odin, klik kanan “Run as administrator” pada Odin.exe.
  4. Sekarang sambungkan Samsung Galaxy J3 ke komputer menggunakan kabel USB. Jika perangkat sudah terdeteksi, pada ID:COM akan berganti warna menjadi biru.
  5. Klik tombol “AP” dan masukkan firmware Samsung Galaxy J3 yang sudah di download tadi. Tunggu hingga firmware berhasil di muat.
  6. Selanjutnya untuk memulai flashing, silahkan Anda tekan tombol “Start”. Tunggu hingga proses selesai.
  7. Jika proses telah selesai, biasanya muncul notifikasi “PASS!” yang menandakan proses flashing berhasil.
  8. Tutup aplikasi Odin dan lepaskan kabel USB dari komputer. Sekarang nyalakan Samsung Galaxy J3 SM-J320G.
  9. Selesai!

Silahkan lihat video berikut ini untuk memudahkan Anda mengenai cara flash Samsung Galaxy J3 SM-J320G (credit : GSM ABC):

Apabila Anda mengalami kendala/ kesulitan bagaimana cara flash Samsung Galaxy J3 SM-J320G yang benar, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar di bawah ini.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More