Cara Flash Samsung Galaxy S7 Dan S7 Edge

5/5 (1)

Ponselgue.com | Sebelumnya saya beberapa kali menulis panduan mengenai cara flash Samsung beberapa tipe. Kali ini saya akan membahas cara flash Samsung Galaxy S7 SM-G930FD dan S7 Edge SM-G935FD. Hal ini biasa dilakukan saat ingin melakukan update/downgrade ROM Android, dalam hal ini adalah Samsung.

Kerusakan pada smartphone sering dialami oleh banyak pengguna, entah itu karena memang cacat produksi atau karena usia penggunaan. Jika kerusakan pada hardware, selama bukan karena kesalahan penggunaan, Anda bisa bertanya ke pusat Layanan mengenai cara klaim garansi perangkat . Anda juga bisa membawanya ke tempat service untuk diganti dengan hardware baru.cara flash samsung galaxy s7Yang sering dialami kebanyakan pengguna adalah masalah software, beberapa diantaranya adalah bootloop, lupa pola/password, app system Error, terkena virus, app force close, sering self restart atau yang lainnya. Untuk masalah seperti ini Anda bisa mencoba memperbaikinya sendiri dengan beberapa metode umum, yaitu hard reset dan flashing.

Metode pertama yang bisa Anda coba adalah dengan melakukan hard reset, silahkan baca caranya di “Cara Factory/Hard Reset Samsung Galaxy “. Jika masalah masih belum teratasi, baru dilakukan flashing.

» Baca dan pelajari dahulu prosesnya, setelah mengerti silahkan lakukan flashing pada Samsung S7 dan S7 Edge Anda.

Baca juga :

Flashing Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge

Samsung Galaxy S7 & S7 Edge

Persiapan Tool dan File

Memang, tidak semua kasus bootloop itu di karenakan oleh software. Ada perangkat yang di flash dan berhasil, tetapi perangkat masih tetap saja gagal booting. Ada beberapa kemungkinan, bisa jadi karena firmware atau ROM yang digunakan tidak sesuai dengan perangkat, atau karena ada kerusakan pada hardware (IC EMMC).

Download file dan tools yang akan digunakan untuk flashing Galaxy S7 / S7 edge dibawah ini :

  • PC/Laptop dengan OS Windows;
  • Kabel data / Kabel USB (Anda bisa memakai kabel bawaan/original).
  • Download Odin versi terbaru di sini, lalu ekstrak;
  • Download Samsung USB Driver, ekstrak kemudian install pada komputer Anda;
  • Download firmware Samsung sesuai perangkat Anda

NOTE :

  • Pastikan ROM atau firmware yang digunakan sesuai dengan jenis dan tipe perangkat.
  • Pastikan daya baterai dalam kondisi full charging atau minimal 50%> saat melakukan flashing.
  • Melakukan flashing akan menghapus semua isi device Anda termasuk data di internal.

Baca juga :

Cara Flash Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge

Jika semuanya sudah siap, silahkan baca dan ikuti langkah-langkahnya seperti yang saya jelaskan di bawah ini :

  1. Matikan ponsel Anda, kemudian masuk ke Download Mode. Caranya, tekan dan tahan tombol volume bawah + home + power secara bersamaan. Setelah muncul Warning, tekan volume up untuk melanjutkan ke Download Mode;
  2. Buka aplikasi Odin, jalankan sebagai Administartor.
  3. Selanjutnya sambungkan ponsel ke komputer Anda menggunakan kabel USB. Jika perangkat sudah terdeteksi, muncul indikasi pada ODIN di kolom ID:COM berubah warna menjadi biru dan pada Log muncul ‘Added’;
  4. Selanjutnya pada aplikasi Odin, klik pada kolom AP untuk memasukkan file berekstensi MD5 pada folder firmware yang sudah di download tadi;
  5. Setelah firmware sudah selesai di muat, Anda bisa memulai flashing dengan klik start;
  6. Jangan lepas perangkat pada saat proses flashing berjalan, dan tunggu hingga selesai;
  7. Jika sudah muncul notifikasi “PASS!”, proses flashing telah selesai dan berhasil dilakukan. Selanjutnya smartphone akan reboot secara otomatis.
  8. Lepaskan perangkat dari kabel USB, tunggu hingga masuk ke start up standart untuk mengatur bahasa, jaringan, akun Google dll hingga masuk ke Homescreen.
  9. Selesai!

Silahkan lihat video berikut ini untuk memudahkan Anda pada saat melakukan flash Samsung Galaxy S7:

(credit video: GSM-ABC)

Demikianlah panduan mengenai cara flash Samsung Galaxy S7 SM-G930FD dan S7 Edge SM-G935FD. Jika Anda mengalami kendala atau kesulitan pada saat flashing, silahkan tulis pertanyaan Anda pada kolom komentar di bawah ini. Anda juga bisa menghubungi kami melalui halaman Contact.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

DANGER :
Segala resiko yang terjadi pada perangkat setelah mengikuti panduan diatas diluar tanggung jawab Ponselgue.com

Konten menarik lainnya :

.......

Comments
Loading...