Cara Flash Samsung Grand Prime SM-G530H

Ponselgue.com | Cara Flash Samsung Grand Prime SM-G530H – Seperti yang sudah pernah saya jelaskan sebelumnya, untuk masalah yang berkaitan dengan kerusakan system Android seringkali tidak bisa diselesaikan dengan cara hard reset, solusinya adalah dengan melakukan flashing.

Ada beberapa indikasi sistem Android mengalami kerusakan. Beberapa diantaranya adalah sistem aplikasi sering force closed, atau perangkat sering tiba-tiba restart sendiri. Pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah dengan hard reset, namun jika masih tetap mengalami indikasi yang sama, harus di flash.

Cara Flash Samsung Grand PrimeFlashing merupakan cara terakhir agar Anda bisa menggunakan smartphone seperti baru lagi. Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara flash Samsung Grand Prime SM-G531H via Odin.

 

Catatan :

  • Pastikan daya baterai dalam kondisi cukup (30%>) saat melakukan flashing.
  • Melakukan flashing akan menghapus semua isi device Anda termasuk data di internal.
  • Flashing merupakan tindakan yang cukup serius, segala resiko yang terjadi setelah flashing Anda yang tanggung.

 

Persiapan Tool dan File

  • Download Odin versi terbaru di sini, lalu ekstrak.
  • Download Samsung USB Driver, ekstrak kemudian install pada komputer Anda.
  • Download firmware Samsung Grand Prime SM-G530H (Download Disini), lalu ekstrak.
  • PC/Laptop dan kabel data (usahakan memakai yang original)

 

Cara flash Samsung Grand Prime SM-G530H via ODIN

Jika semuanya sudah siap, silahkan baca dan ikuti langkah-langkahnya seperti yang saya jelaskan di bawah ini :

  1. Matikan Grand Prime, kemudian masuk ke Download Mode. Caranya, tekan dan tahan tombol volume bawah + home + power secara bersamaan. Setelah muncul Warning, tekan volume up untuk melanjutkan ke Download Mode.
  2. Jalankan aplikasi Odin (usahakan menggunakan Run as administrator).
  3. Selanjutnya koneksikan Samsung Grand Prime ke komputer menggunakan kabel USB. Jika perangkat sudah terdeteksi, muncul indikasi pada ODIN di kolom ID:COM berubah warna menjadi biru.
  4. Selanjutnya pada aplikasi Odin, klik pada kolom AP untuk memasukkan firmware yang telah di download tadi (file berekstensi MD5).
  5. Setelah firmware sudah selesai di muat, klik start untuk memulai flashing.
  6. Jika sudah muncul notifikasi ā€œPASS!ā€, proses flashing telah selesai dan berhasil dijalankan. Kemudian ponsel akan reboot secara otomatis.
  7. Proses booting pertama biasanya memakan waktu selama beberapa menit.
  8. Selesai!

Silahkan lihat video berikut ini untuk memudahkan Anda pada saat melakukan flashing Samsung Grand Prime (credit: TechCube) :

Nah, jika Anda mengalami kesulitan pada saat flashing atau mempunyai pertanyaan seputar cara flash Samsung Grand Prime, silahkan tulis dikolom komentar. Anda juga bisa menghubungi kami melalui halaman Contact. Semoga bermanfaat.

Comments are closed.